telset

Google Gratiskan Layanan Workspace untuk Semua Pengguna

Telset.id, Jakarta – Google mengumumkan layanan Google Workspace dan layanan pendukung di dalamnya, yang bisa diakses pengguna tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun, alias gratis.

Google Workspace adalah kumpulan alat komputasi awan dan perangkat lunak untuk menunjang produktivitas dan kolaborasi pengguna. Workspace sering digunakan  perusahaan untuk menunjang kinerja para karyawan.

Di Google Workspace, Anda bisa mengedit dokumen bersama-sama secara realtime, mengadakan rapat virtual hingga membuat jadwal kegiatan perusahaan dengan lebih rapi.

{Baca juga: Google Rilis Update Android 12 Beta, Begini Cara Mendapatkannya}

Google Workspace berisi berbagai layanan pendukung seperti Google Chat, Gmail, Google  Calendar, Google Meet, Google Chat, Google Drive, Google Document, Google Spreadsheet, Google Slide, Google Formulir dan Google Sites.

Selama ini Google Workspace merupakan layanan berbayar dan banyak digunakan oleh perusahaan. Namun, Google  mengumukan mulai Selasa 15 Juni 2021, Workspace telah menjadi layanan gratis yang semua fiturnya bisa diakses tanpa biaya.

“Kini kami menghadirkan inovasi yang sama kepada semua orang. Mulai hari ini, semua fitur Google Workspace tersedia untuk siapa saja yang memiliki Akun Google,” tulis Google.

Melalui keterangan resmi yang diterima pada Rabu (16/6/2021), dengan digratiskannya Workspace pengguna bisa lebih memaksimalkan semua fitur untuk kebutuhan, perusahaan, bisnis, keluarga atau pendidikan.

“Kami memudahkan orang-orang agar dapat tetap terhubung, terkelola, dan mencapai lebih banyak hal bersama, baik dalam memajukan suatu tujuan, merencanakan reuni keluarga atau pertemuan orang tua murid dan guru,” tambah Google.

{Baca juga: 4 Fitur Baru Hadir di Google Maps, Ada Live View AR!}

Mengenai keamanan, Google Workspace akan didukung oleh enkripsi sisi klien serta perlindungan phishing serta malware yang disempurnakan.

Fitur Space di Workspace

Dalam rilis tersebut, Google juga mengumumkan akan menghadirkan fitur Space yang merupakan peningkatan dari fitur Rooms di Google Chat. Space akan hadir dengan  antarmuka pengguna yang efisien, fleksibel serta penambahan berbagai fitur baru.

“Didukung oleh fitur baru seperti pengelompokan topik sejenis, indikator kehadiran, status khusus, reaksi ekspresif, dan tampilan yang dapat diciutkan, Space akan berintegrasi lancar dengan file dan tugas Anda,” sambung Google.

Google Workspace
Tampilan Space yang akan hadir di Google Workspace

Terakhir Google juga mengumumkan bahwa meluncurkan Google Workspace Individual. Layanan ini merupakan paket berlangganan Workspace untuk usaha perorangan. Harga paket Google Workspace Individual sekitar USD9,9 atau Rp 141 ribu.

{Baca juga: Game Mode, Fitur Android 12 yang “Disembunyikan” Google}

Sebagai permulaan, Workspace Individual akan segera diluncurkan di Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Australia, Brasil, dan Jepang. Langkah Google menggratiskan Workspace akan sangat membantu masyarakat yang sedang bekerja dan belajar dari rumah. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0