telset

15 Aplikasi PDF Gratis Terbaik 2022, Bisa untuk HP dan Tablet

Telset.id – Kehadiran smartphone memberikan perubahan perilaku pengguna ketika membaca dokumen. Tak heran jika kini di ponsel kita sudah biasa melihat orang download aplikasi PDF, Word, Excel, dll, untuk memudahkan pekerjaan mereka secara mobile.

Melalui ponsel, Anda bisa membaca dokumen digital ataupun membuka file dokumen dari beragam format dimana saja, dan kapan saja.

Namun, kerap terjadi ketika Anda merasa kesulitan membaca dokumen digital, saat smartphone atau tablet Anda tidak memiliki aplikasi PDF Reader.

Sebab, tanpa aplikasi pembaca PDF itu, Anda tidak akan bisa membuka dokumen sehingga tidak mengetahui dapat membaca informasi yang ada di dalamnya. Anda membutuhkan aplikasi pembuka PDF untuk dapat membuka file tersebut.

Baca juga: Cara Mengecilkan Ukuran File PDF dengan Cepat dan Mudah

Oleh sebab itu, kali ini Tim Telset akan memberikan rekomendasi aplikasi PDF 2022 yang bisa Anda download dan gunakan di smartphone maupun tablet.

Selain gratis, aplikasi PDF terbaik yang akan kami rangkum, merupakan aplikasi pembuka PDF yang ringan, minim popup iklan, dan cepat. Berikut daftar 15 aplikasi pembaca dokumen terbaik yang bisa Anda coba!

1. Adobe Acrobat Reader

aplikasi PDF

Aplikasi PDF untuk HP ini terbilang paling dikenal karena telah diunduh lebih dari 100 juta kali, baik di android ataupun di desktop. Adobe Acrobat Reader bisa Anda dapatkan dalam bersi gratis maupun berbayar. Tentunya fasilitas yang diberikan berbeda.

Pada versi gratis, Anda hanya akan mendapatkan fitur-fitur standar, sedangkan untuk versi berbayar, Adobe menawarkan fungsi tambahan. Seperti kemudahan untuk mengekspor dokumen ke banyak format lain dan dukungan layanan Dropbox dan Adobe Document Cloud. Anda bisa langsung membuka file dokumen via web atau Email.

Selain itu, Anda juga dapat secara langsung membagikan file dokumen dengan sangat mudah menggunakan fitur share. Setidaknya ada tiga cara yang bisa digunakan, yakni Continuous scroll, Single Page, serta Reading mode.

Baca juga: 16 Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu dengan Mudah

2. Foxit Mobile PDF

aplikasi PDF

Foxit Mobile merupakan salah satu aplikasi gratis terbaik yang punya banyak kemampuan. Salah satunya, memungkinkan Anda untuk lebih banyak mengeksplorasi dokumen yang ingin dibaca.

Kemampuan lainnya, Foxit memiliki fitur bookmark dan memiliki anotasi. Tujuannya, untuk memudahkan Anda saat ingin menyoroti atau menggarisbawahi teks dokumen. Sama seperti Adobe, aplikasi ini juga tersedia dalam versi gratis dan berbayar.

Aplikasi Foxit versi premium atau berbayar menawarkan fitur tambahan seperti kemampuan untuk mengedit teks dan gambar dalam dokumen PDF apa pun. Jika ingin menggunakannya, Anda bisa mengunduh Foxit PDF Reader ini.

3. Google Play Books

aplikasi PDF

Tak lengkap rasanya jika tidak memasukkan aplikasi Google Play Books dalam rekomendasi aplikasi PDF Android. Aplikasi ini membawa keunggulan khas dari Google, yakni terintegrasi dengan layanan Google lainnya, seperti Google Drive, Google Docs, Spreadsheet, hingga Google Slides.

Google PDF Viewer juga bisa Anda manfaatkan untuk mencari kata atau frasa dalam dokumen. Selain itu, Anda juga dapat copypaste teks dan mencetak dokumen melalui printer wireless yang mendukung.

Baca juga: 10 Aplikasi Kompres File PDF Online Gratis Terbaik, Bisa di Android

4. Xodo PDF Reader dan Editor

aplikasi PDF

Selanjutnya ada Xodo yang menawarkan fitur berbeda dibandingkan aplikasi sejenis lainnya. Anda tidak hanya dapat melihat ataupun mengedit dokumen, Anda juga dapat membuat dokumen baru dari sebuah gambar atau dokumen.

Aplikasi PDF untuk HP ini juga telah terhubung dengan layanan cloud, seperti Google Drive, Dropbox, dan OneDrive. Tujuannya, agar dapat menyimpan dokumen dan dapat mengaksesnya kembali di perangkat yang berbeda asalkan menggunakan akun cloud yang sama.

Xodo termasuk aplikasi yang memiliki fitur lengkap dan ringan untuk Anda unduh di ponsel. Selain itu, aplikasi ini juga bebas iklan yang menjengkelkan.

Baca juga: Cara Edit dan Ubah Format Dokumen PDF, Mudah dan Gratis

5. ezPDF Reader

aplikasi PDF terbaik

Kemudian ada ezPDF Reader yang dinilai sebagai kombinasi sempurna antara aplikasi untuk bisnis dan hiburan. Dari segi bisnis, Anda bisa menyunting dokumen yang diterima seperti mengisi formulir di PDF, membuat catatan, dan lainnya.

Sedangkan dari sisi hiburan, Anda bisa membaca koleksi e-book melalui aplikasi ini. Pasalnya, ezPDF Reader memberikan kesempatan Anda untuk melihat koleksi e-book dalam format EPUB.

Sebagai informasi, EPUB adalah salah satu format buku elektronik yang dapat dibuka pada perangkat elektronik, seperti komputer, tablet, smartphone dan bahkan featured phone sekalipun. Pembuatan buku digital dengan format EPUB biasanya menggunakan bahasa HTML dan xHTML yang bersifat open source.

6. WPS Office Suite

aplikasi pembaca PDF

Ingin memiliki tampilan mirip Microsoft Office? Coba saja aplikasi bernama WPS Office Suite. Dengan aplikasi ini, Anda dapat membuka berbagai jenis dokumen baik dari format Microsoft Word seperti doc dan docx, dokumen spreadsheet dari Microsoft Excel, dan dokumen presentasi dari Microsoft PowerPoint.

Selain itu aplikasi ini juga termasuk ringan dan mudah digunakan. Sebagai buktinya, WPS Office Suite telah di-download lebih dari 100 juta kali di Google Play Store.

Baca juga: Cara Menghilangkan Password Dokumen PDF, Mudah dan Cepat

7. MuPDF

aplikasi pembuka PDF

Selanjutnya adalah MuPDF yang kami nilai sebagai aplikasi PDF gratis untuk Android yang ringan dan mudah diakses. Aplikasi MuPDF telah mendukung format PDF 1.7, yang artinya aplikasi PDF Android ini mampu mereorganisasi teks dan render progresif untuk dokumen berukuran besar.

Sama seperti aplikasi lainnya, MuPDF menawarkan fitur seperti pencarian teks, hyperlink, anotasi dan mampu membuat Anda untuk mengisi formulir dan memberikan tanda tangan elektronik.

8. CamScanner

aplikasi PDF gratis

Aplikasi PDF gratis yang satu ini cukup unik. Selain bisa digunakan sebagai scanner, aplikasi ini juga dapat berfungsi sebagai aplikasi pembaca PDF. CamScanner memiliki kemampuan untuk membuka dan juga membaca file PDF.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengimpor dokumen yang berformat PDF. Dengan aplikasi CamScanner, Anda bisa membuat buku fisik kesayangan Anda menjadi buku digital yang berformat PDF.

Baca juga: Cara Praktis Mengubah JPG ke PDF di Android dan PC, Gratis!

9. OfficeSuite + PDF Editor

download aplikasi PDF

Mungkin Anda sudah pernah memakai atau melihat aplikasi OfficeSuite. Aplikasi ini sejatinya adalah aplikasi office. aplikasi PDF untuk HP ini punya fitur yang cukup lengkap untuk Anda gunakan membaca dan membuka file secara cepat.

OfficeSuite + PDF Editor juga praktis karena Anda bisa langsung menggunakannya untuk mengedit file PDF di ponsel Android. Selain itu, Anda juga bisa memberikan komentar atau catatan-catatan kecil di file yang dibuka.

10. Nitro Reader

download aplikasi PDF

Berikutnya adalah Nitro Reader, yang merupakan aplikasi pembaca PDF gratis terbaik lain yang bisa Anda coba. Aplikasi ini bisa dikatakan sekelas dengan Foxit Reader dan Adobe Acrobat Reader DC, karena memiliki banyak fitur yang memudahkan Anda menggunakannya.

Salah satu fitur yang menarik dan tidak ada di aplikasi untuk baca PDF lainnya adalah dukungan touchscreen untuk perangkat seperti tablet, sehingga membuatnya sangat cocok digunakan untuk membaca e-book.

11. Polaris Office 

Aplikasi PDF untuk HP

Aplikasi ini tergolong lengkap. Anda tidak hanya bisa membaca dokumen, tetapi juga bisa mengedit langsung di aplikasi sehingga kalau terjadi kesalahan bisa segera diperbaiki sebelum diberikan ke bos Anda.

Bukan cuma itu keunggulan dari aplikasi PDF untuk HP ini adalah, Anda bisa mempresentasikan materi langsung dari HP. Dengan begitu proses presentasi ide-ide Anda untuk perusahaan bisa lebih praktis dan mudah.

12. All Document Reader 

Aplikasi PDF Gratis

Kalau ingin mendapatkan paket lengkap di dalam satu aplikasi, maka All Document Reader adalah jawabannya. Tidak hanya PDF, Anda juga bisa mengakses dokumen dengan format lain seperti doc, xls, ppt, dan lain sebagainya.

Melalui aplikasi PDF untuk HP ini, Anda bisa memperkecil ukuran file sehingga bisa lebih mudah ketika melakukan pengiriman dokumen melalui email. Saat ini All Document Reader tersedia di Play Store, dan bisa diunduh secara gratis.

13. PDF Reader

Aplikasi PDF Android

Di aplikasi ini, Anda bisa mengakses, mengedit dan juga membubuhkan tanda tangan di dokumen PDF. Selain itu terdapat fitur yang memungkinkan Anda menemukan halaman-halaman penting di dokumen.

Baca juga: 4 Cara Mudah Mengubah Dokumen PDF ke Word

Lalu di Reader ini, Anda juga bisa melakukan scan dokumen di buku melalui kamera HP dan mengkonversinya menjadi dokumen PDF. Aplikasi Reader bisa diunduh gratis di Play Store.

14. All PDF

Aplikasi PDF Gratis

All PDF bisa digunakan untuk membaca dokumen, baik yang bisa diakses tanpa kata sandi atau dengan kata sandi. Lalu platform ini bisa dipakai untuk menggabungkan beberapa file menjadi satu file dan bisa diakses secara offline.

15. PDF Reader-Viewer

Aplikasi PDF

Terakhir adalah PDF Reader-Viewer yang menawarkan keunggulan, berupa mode gelap agar lebih nyaman saat membaca dokumen. Lalu di aplikasi PDF Reader-Viewer ini juga bisa bisa untuk membaca dokumen format doc, ppt dan xls.

Well, manakah aplikasi PDF terbaik yang ingin Anda gunakan di smartphone dan tablet? (NM/FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0