Google Rilis Update Android 12 Beta, Begini Cara Mendapatkannya

Telset.id, Jakarta – Google mulai menggulirkan update Android 12 beta ke pengguna seri Pixel 3 dan seri terbaru setelahnya. Pembaruan tersebut mencakup beberapa fitur privasi baru yang sebelumnya diumumkan pada acara Google I/O 2021.

Asal tahu saja, fitur privasi akan menginformasikan kepada pengguna aplikasi mana saja yang telah mengakses kamera, mikrofon, sampai data lokasi ponsel.

Mirip seperti iPhone, Android 12 akan menampilkan indikator pada bar notifikasi saat ada aplikasi yang menggunakan mikrofon ataupun kamera ponsel.

Pada update Android 12 beta, pengguna pun bisa melihat dasbor privasi pada ponsel Google Pixel mereka di SettingsPrivacy. Di sana, pengguna dapat melihat timeline atau waktu-waktu setiap kali aplikasi meminta akses penting seperti data lokasi.

Di pengaturan ini, pengguna pun mendapatkan informasi yang rinci mengapa aplikasi-aplikasi tertentu membutuhkan akses terhadap kamera, mikrofon, hingga data lokasi ponsel.

{Baca juga: Game Mode, Fitur Android 12 yang “Disembunyikan” Google}

Fitur keamanan privasi lainnya yang ditemukan pada update Android 12 beta untuk perangkat Google Pixel adalah pesan yang mengingatkan pengguna ketika ada aplikasi yang membaca clipboard.

Update Android 12 Beta

Clipboard sendiri menjadi tempat untuk menyimpan teks copypaste yang kerap dilakukan pengguna Android. Sayang, fitur ini kerap dimanfaatkan pengguna untuk menyalin password yang seharusnya berada di tempat lebih aman.

Fitur lainnya, Android 12 kini menampilkan panel internet baru yang menggantikan kontrol WiFi pada umumnya. Dengan satu ketukan cepat di bagian Internet, maka akan menampilkan daftar koneksi WiFi yang tersedia dan terdekat.

Dilansir Telset dari GSMArena, Kamis (10/6/2021), di menu ini juga pengguna bisa menemukan tombol untuk mengaktifkan koneksi data seluler. Google mungkin ingin memudahkan pengguna untuk mengatur koneksi internet mereka dalam satu menu yang terpadu.

Cara Update Android 12 Beta

Update Android 12 Beta
Android 12

Update Android 12 beta telah diluncurkan untuk Google Pixel 3, 3 XL, 3a, 3a XL, 4, 4 XL, 4a, 4a 5G, dan 5. Sementara untuk vendor di luar Google yang bisa mendapatkannya adalah, OnePlus, Asus, iQoo, Oppo, Realme, TCL, Tecno, Xiaomi, dan ZTE.

Untuk memperbarui sistem ke Android terbaru, buka situs Android Beta Program dan tap tombol View your eligible devices.

{Baca juga: 8 Fitur Baru Android 12, Mulai Personalisasi Hingga Privasi}

Ikuti langkah-langkah selanjutnya, dan Anda pun akan mendapatkan update Android 12 beta secara OTA. Saat mendapatkan notifikasi, masuk ke SettingsSystemAdvancedSystem Update.

Kami sarankan untuk menunggu versi final dari Android 12, jika Anda hanya memiliki satu ponsel saja. Lagi pula, pembaruan ini bersifat tidak stabil dan mungkin menyimpan banyak bug di dalamnya. (MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -