10 Aplikasi Terbaik untuk Mengisi Waktu Selama Ngabuburit

Telset.id – Ngabuburit merupakan salah satu kegiatan masyarakat Indonesia untuk menunggu waktu menjelang buka puasa. Berbagai macam kegiatan bisa dilakukan oleh masyarakat Indonesia, termasuk memanfaatkan ragam aplikasi yang ada di smartphone untuk mengisi waktu selama bulan puasa.

Ya, puasa Ramadan tahun ini masih sama dengan tahun lalu. Masyarakat tetap harus berada di rumah dan menjaga jarak satu sama lain guna memutus rantai penyebaran virus corona di Indonesia.

Hal ini pun “memaksa” kita untuk tidak melakukan berbagai kegiatan ngabuburit menjelang buka puasa yang biasa dilakukan di luar ruangan, seperti olahraga, berkumpul dengan teman, atau mencari takjil sambil berjalan-jalan.

Untungnya, di zaman serba digital seperti sekarang ini, banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu saat menunggu buka puasa. Salah satunya, dengan memanfaatkan berbagai aplikasi menarik yang ada di smartphone.

Nah, tim Telset telah merangkum 7 aplikasi yang dapat digunakan untuk Anda pakai ngabuburit. So, tanpa menunggu lama, silahkan simak apa saja aplikasinya berikut ini.

1. Aplikasi Penunjang Ibadah (Ngabuburit Positif)

Aplikasi terbaik bulan puasa

Bulan Ramadan merupakan bulan yang berkah dan baik. Memang bulan-bulan lainnya pun baik juga, tapi kita sebagai umat muslim disarankan untuk melakukan berbagai kebaikan dan kegiatan positif di bulan yang suci ini.

Supaya ibadah puasa semakin berkah dan Anda dapat menjalani ibadah secara maksimal, kami sarankan Anda untuk memanfaatkan aplikasi penunjang ibadah puasa yang tersedia di Google Play Store ataupun App Store.

Sebagai contoh, aplikasi Muslim Pro. Aplikasi ini dapat digunakan dengan baik sambil menunggu waktu buka puasa tiba.

{Baca juga: 10 Aplikasi Al Quran Terbaik 2021 untuk Tadarus Ramadan}

Anda dapat membaca ayat suci Al-Qur’an, membaca doa-doa, melihat quote inspiratif, membaca artikel pilihan, mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an, hadis, dan juga Asmaul Husna, dan kegiatan positif lainnya.

Aplikasi ini juga menampilkan jadwal puasa Ramadan kepada penggunanya. Melalui fitur Fasting time for today, Anda sebagai pengguna dapat melihat jadwal puasa Ramadan berdasarkan data dari Kementerian Agama (Kemenag).

2. Aplikasi Chatting

Aplikasi Chat saat bulan puasa

Selama bulan Ramadhan, silaturahmi merupakan salah satu hal yang baik untuk dilakukan. Selain itu, kita juga dapat berbagi informasi positif bahkan mendapat hiburan saat berkomunikasi dengan teman atau keluarga.

Pilihan aplikasi chatting untuk menemani Anda selama ngabuburit di bulan puasa sudah banyak terdapat di Play Store maupun App Store. Misalnya saja WhatsApp, Messenger, Line, Telegram, dan lainnya dapat digunakan untuk melakukan komunikasi dan silaturahmi.

Namun jangan lupa, selama bulan Ramadhan ini coba untuk tahan melakukan gosip atau kegiatan negatif lainnya. Sayang bukan jika pahala puasa Anda berkurang ketika melakukan bergibah atau membicarakan keburukan orang lain?

3. Aplikasi Media Sosial

aplikasi media sosial perlu untuk di install

Selain melalui aplikasi chatting, aplikasi yang cocok untuk digunakan ngabuburit untuk menunggu waktu buka puasa adalah aplikasi media sosial. Hal ini dikarenakan di dalam media sosial kita bisa mendapatkan banyak infomasi dan berita yang unik dan menarik untuk dibaca.

Untuk pilihannya sendiri, Anda bisa mengunduh aplikasi seperti Facebook, Instagram, Snapchat, Twitter, dan lain sebagainya. Selain mencari infomasi, Anda juga dapat bercakap dengan teman melalui media sosial.

Biasanya juga, platform media sosial saat ini kerap menampilkan fitur khusus Ramadan. Misalnya filter berbasis AR, stiker, hingga kampanye khusus, untuk menyambut bulan suci Ramadan.

Anda pun dapat berbagi ilmu kepada orang lain melalui platform podcast ataupun aplikasi obrolan suara, seperti Spotify dan Clubhouse.

Sebagai pengingat saja, Anda juga harus berhati-hati menggunakan aplikasi media sosial yang kami sebutkan tadi. Jangan sampai foto makanan atau gambar senonoh mengurangi pahala puasa Anda.

4. Aplikasi Game Mabar (Ngabuburit Asyik)

ngabuburit dengan main game pubg

Meski Anda disarankan untuk tidak keluar rumah kalau tidak penting-penting banget, tapi Anda tetap dapat bisa bermain dengan teman-teman sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Caranya, dengan bermain game online multiplayer yang memungkinkan Anda untuk mabar alias main bareng bersama teman-teman.

Ada banyak permainan online yang menyuguhkan grafis dan gameplay seru dan berkualitas, dan tentunya bisa diunduh secara gratis di Google Play Store dan App Store.

{Baca juga: 5 Game Bus Simulator Android, Jelajah Antar Kota Antar Provinsi}

Selain seru, game online juga memungkinkan Anda untuk dapat main bareng bersama teman-teman ketika waktu senggang ataupun sambil menunggu waktu buka puasa tiba.

Beberapa game dapat Anda mainkan, seperti Call of Duty Mobile, PUBG Mobile, Mobile Legends, dan lain sebagainya.

Tapi ingat, main game boleh-boleh saja, tapi jangan sampai lupa waktu apalagi meninggalwak waktu salat ya!

5. Aplikasi Streaming

Aplikasi streaming youtube

Jika Anda sedang tidak ingin bersosialisasi, maka pilihan ngabuburit yang mungkin cocok bagi Anda adalah dengan menonton film atau streaming video. Ada banyak tontonan menarik seputar hobi yang Anda miliki atau sekedar menonton film bisa ditemukan dengan mudah.

Mulai dari yang gratisan seperti YouTube hingga yang berbayar seperti iFlix, Netflix, Disney+ Hotstar, dan lainnya dapat digunakan. Selain itu, melakukan streaming musik pun dapat dilakukan oleh Anda.

{Baca juga: 10 Aplikasi Live Streaming Game di Android dan PC 2021}

Untuk aplikasi streaming musik yang bisa digunakan adalah mulai dari yang gratisan seperti TuneIn hingga yang berbayar seperti Spotify, Joox, dan lainnya dapat menjadi teman untuk ngabuburit.

Awas, jangan sampai buka film atau konten dewasa yang bisa saja membuat puasa Anda batal, sob!

6. Aplikasi Baca Buku Online

Aplikasi baca buku nunggu buka puasa

Bagi Anda penggemar membaca buku, maka aplikasi buku di ponsel pintar dapat digunakan untuk ngabuburit selama bulan puasa. Mulai dari komik hingga novel atau buku gratis hingga berbayar bisa Anda baca di ujung jari Anda.

Untuk aplikasi komik online sendiri, ada beberapa pilihan seperti Line Webtoon, Bulu Manga, ZingBox, dan lainnya bisa Anda unduh. Di sisi lain, untuk membaca novel atau buku secara online, Anda bisa mengunduh aplikasi seperti Novel Nusantara, Wattpad, NovelPlus, dan lainnya.

7. Aplikasi Belanja Online

Aplikasi belanja online

Tak dapat dipungkiri bahwa selama bulan Ramadhan ini salah satu kegiatan yang banyak dilakukan adalah melihat barang-barang kebutuhan selama bulan puasa dan barang-barang selama lebaran.

Oleh karena itu, mencari barang perlengkapan tersebut secara online bisa menjadi kegiatan yang tepat untuk ngabuburit. Beberapa aplikasi populer seperti Blibli, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Shopee, dan lainnya bisa Anda kunjungi.

Apalagi, ada banyak promo spesial Ramadan yang dapat Anda manfaatkan selama berbelanja online. Promo tersebut menyediakan ragam diskon, cashback, dan lain sebagainya yang tak boleh dilewatkan begitu saja.

8. Aplikasi Baca Al-Qur’an (Ngabuburit Perbanyak Pahala)

Aplikasi baca al quran

Selain menghibur diri, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menambah pahala puasa. Salah satu caranya adalah dengan membaca Al-Quran atau menyaksikan video ceramah yang dapat menyejukkan hati.

Beberapa contoh aplikasi yang bisa diunduh adalah Al-Quran Indonesia, Ceramah Islam, dan beberapa aplikasi lainnya. Dijamin, dengan menggunakan aplikasi ini, maka pahala puasa Anda akan bertambah dan menanti waktu berbuka lebih berarti.

9. Aplikasi Belajar Agama Islam

Aplikasi belajar agama islam

Khusus Anda sebagai orang tua, Anda juga dapat mengisi waktu ngabuburit selama bulan puasa dengan mengajarkan si kecil tentang agama Islam dengan menggunakan aplikasi belajar untuk anak yang tersedia secara gratis di Google Play Store.

Berbagai aplikasi edukasi Islam maupun permainan edukatif dapat Anda manfaatkan, seperti Game Anak Sholeh, Marbel Doa Anak Muslim, Marbel Belajar Mengaji, Belajar Menulis Hijaiyah, dan lain sebagainya.

Seluruh aplikasi tersebut bisa Anda manfaatkan untuk menghadirkan kegiatan positif selama bulan puasa bagi anak-anak tercinta.

10. Aplikasi Edit Foto atau Video (Ngabuburit Kreatif)

Aplikasi edit foto

Last but not least, aplikasi edit foto ataupun video. Saat-saat menunggu waktu buka puasa juga bisa menjadi waktu yang baik untuk meningkatkan keahlian dalam hal mengedit foto dan video.

Berbagai aplikasi edit foto atau video dapat Anda download dan gunakan di smartphone Android ataupun iPhone, seperti Photoshop, PicsArt, FilmoraGo, Splice, dan lain sebagainya.

Nah, itu tadi rekomendasi 10 aplikasi terbaik yang bisa Anda manfaatkan sebagai teman yang pas untuk mengisi kegiatan positif selama bulan puasa. Anda pun dapat memanfaatkan aplikasi tersebut sebagai sarana ngabuburit untuk menunggu waktu buka puasa tiba.

Simak berbagai rekomendasi aplikasi terbaik di platform Android, iOS, hingga Windows di kanal Telset Apps juga, sob! (MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0