20 Aplikasi Pengganti Adobe Photoshop, Banyak yang Gratis!

aplikasi alternatif adobe photoshop
Aplikasi Edit Foto Pengganti Adobe Photoshop

Telset.id – Tidak dipungkiri, aplikasi edit foto seperti Adobe Photoshop adalah salah satu aplikasi wajib yang ada di laptop atau PC seorang pengguna yang kreatif. Tapi kali ini kami akan merekomendasikan aplikasi edit foto pengganti Adobe Photoshop sebagai alternatif.

Adobe Photoshop memang manjadi pilihan utama. Akan tetapi, aplikasi tersebut harganya terbilang mahal dengan sistem pembeliannya dengan cara berlangganan.

Tentunya banyak dari kita yang akhirnya mencari aplikasi edit foto pengganti Adobe Photoshop sebagai alternatif sebagai solusinya.

Ada banyak aplikasi edit foto yang menawarkan pengalaman yang mirip bahkan menyerupai Adobe Photoshop. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa didapatkan secara gratis, dan ada pula yang dapat digunakan kalangan profesional dengan berbayar.

20 Aplikasi Alternatif Pengganti Adobe Photoshop

Adobe Photoshop adalah aplikasi untuk memanipulasi dan menyempurnakan gambar atau foto. Aplikasi ini banyak digunakan para profesional dan juga oleh pemula. karena Adobe Photoshop dilengkapi banyak fitur canggih.

Namun yang menjadu kendala, aplikasi ini harganya tidak murah, terutama bagi para pemula. Tapi jangan kecewa dulu, karena kamu bisa menggunakan aplikasi alternatif pengganti Adobe Photoshop yang tak kalah canggihnya dan gratis.

Berikut ini tim Telset akan memberikan rekomendasi 20 aplikasi editing pengganti Adobe Photoshop untuk PC dan HP Android. Simak lengkapnya di bawah ini!

{Baca Juga: Foto di HP Hilang Sendiri, 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya!}

1. Krita 3

Aplikasi edit foto Pengganti Adobe Photoshop
Krita 3

Krita 3 (https://krita.org/en/item/krita-3-0-released/) adalah aplikasi editing foto yang bisa kamu gunakan sebagai pengganti Adobe Photoshop. Antarmuka yang ditawarkan juga tampak mirip dengan aplikasi milik Adobe tersebut.

Beberapa tools yang diberikan juga ada yang serupa seperti pen, erase, crop, shape dan lain-lain tersedia di aplikasi ini. Meskipun memang secara fungsi, kelengkapannya tidak sekompleks Adobe Photoshop, tetapi beberapa fungsi-fungsi penting sudah tersedia di aplikasi ini, seperti misalnya fungsi layer.

Aplikasi tersebut tersedia secara gratis di multi-platform PC (Windows, OSX, dan Linux. Ukurannya juga tidak begitu besar, yaitu sekitar 100MB.

2. Photoscape

Photoscape

Photoscape (http://www.photoscape.org/ps/main/download.php) juga merupakan salah satu aplikasi pengganti Adobe Photoshop yang cukup populer. Aplikasi ini menawarkan fungsi-fungsi yang cukup banyak digunakan untuk mengedit foto ataupun gambar

Seperti di antaranya fungsi Viewer, Editor, Batch Editor, Page, Combine, Color Picker, Rename, RAW, Animated GIF, Print, Splitter, Converter dan Face Search. Photoscape pun berukuran sangat minim, teptnya 20MB dan tersedia secara gratis.

3. Fotor

Fotor

Fotor mirip seperti Pixlr, aplikasi editing foto berbasis cloud ini juga dilengkapi dengan fitur yang dimiliki Photoshop. Anda bisa mengatur tingkat kecerahan, kontras, saturasi, bayangan, highlight, noise dan angle dengan sangat mudah.

Selain itu, aplikasi Fotor juga memiliki fitur-fitur untuk pengguna kasual, seperti menambah stiker, memberikan efek, membuat kolase dan satu kali klik untuk penyempurnaan foto. Yang menarik, aplikasi ini juga bisa membantu Anda memonetisasi karya melalui lisensi foto di PxBee.

4. PhotoDirector

PhotoDirector

Aplikasi PhotoDirector kami rekomendasikan sebagai alternatif aplikasi pengganti Photoshop. Aplikasi ini menarik untuk dicoba karena dilengkapi fitur-fitur dasar untuk melakukan pekerjaan editing, seperti memotong, mengedit dan mengustomisasi foto.

Selain itu, PhotoDirector juga bisa digunakan untuk pengguna pro, karena dilengkapi tools pendukungnya, seperti dehaze, animasi foto, red-eye remover, gradient masks dan pembuat stiker bawaan.

5. GIMP

Aplikasi edit foto Pengganti Adobe Photoshop
GIMP

GIMP (https://www.gimp.org/downloads/) adalah aplikasi yang pertama kali dikembangkan oleh mahasiswa bernama Spencer Kimball dan Peter Mattis. Kemudian, keduanya terus mengembangkan aplikasi hingga kemudian tersebar di kalangan komunitas.

Aplikasi ini memiliki banyak fungsi-fungsi tingkat lanjut yang mirip dengan Adobe Photoshop. Namun, cara penggunaanya memang tidak sesederhana Adobe Photoshop, dan pengguna memang harus menguasai aplikasi ini terlebih dahulu.

Aplikasi ini bersifat open source, dan dapat digunakan oleh platform PC Windows, Linux maupun MacOS. GIMP tersedia secara gratis, dengan ukuran aplikasi yaitu sekitar 190 MB.

6. Affinity Photo

Affinity Photo

Bagi kalangan fotografer professional yang tentu wajib punya tools editing, aplikasi yang satu ini bisa juga dijadikan pengganti Adobe Photoshop. Yaitu Affinity Photo (https://affinity.serif.com/en-gb/photo/).

Aplikasi tersebut menyediakan semua tools bahkan yang canggih sekalipun. Mulai dari multi layer, 360 image editing, Panorama stitch, Raw Editing, Batch Processing dan banyak lagi.

Namun demikian, aplikasi ini bukanlah open source ataupun gratis. Affinity Photo adalah aplikasi berbayar, namun dengan harga yang jauh lebih terjangkau dibandingkan denan Adobe Photoshop.

7. Pixlr

Aplikasi edit foto Pengganti Adobe Photoshop
Pixlr

Pixlr (https://pixlr.com/) adalah aplikasi edit foto yang juga merupakan alternatif pengganti Adobe Photoshop. Pixlr berbasis cloud, sehingga pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi ke perangkat laptop/PC.

Pengguna cukup membuka situs Pixlr, menunggah foto kemudian mengeditnya dengan basis cloud stoarge. Namun demikian, pengguna juga bisa mengunduh aplikasi jika dibutuhkan.

Tidak seperti Photoshop yang menawarkan fitur edit secara lengkap, platform tersebut masih menyediakan fungsi-fungsi sederhana untuk kalangan non-komersial.

8. Photopad

Photopad

Aplikasi edit foto pengganti Adobe Photoshop berikutnya adalah Photopad (https://www.nchsoftware.com/photoeditor/download-now.html). Aplikasi ini tak kalah menarik karena menawarkan beragam tools edit foto yang juga mudah digunakan.

Apalagi buat Anda yang masih awam menggunakan aplikasi Adobe Photoshop. Photopad juga menawarkan berbagai efek dan filter instan untuk mengedit foto.

Ukurannya sangat kecil untuk aplikasi PC/Desktop, yaitu hanya sekitar 1,5 MB. Dan pastinya aplikasi ini juga tersedia secara gratis untuk di unduh.

9. Photo Pos Pro

Aplikasi edit foto Pengganti Adobe Photoshop
Photo Pos Pro

Photo Pos Pro (https://www.photopos.com/PPP3_BS/Default.aspx) juga adalah aplikasi edit foto terbaik pengganti Adobe Photoshop. Aplikasi ini menyediakan fitur secara gratis maupun berbayar.

Photo Pos Pro menyediakan beragama fungsi penyuntingan, mulai dari yang sederhana hingga tingkat lanjutan seperti Filters, Layers, Masks, Curves, Scripts, Effect, Brushes dan lain-lainnya.

{Baca Juga: 5 Cara Foto Bokeh di Smartphone Pakai Single Kamera}

Photo Pos Pro tersedia dengan ukuran yang tidak begitu besar yaitu hanya sekitar 50MB. Aplikasi ini dapat diunduh bagi pengguna Windows, MacOS maupun Linux.

10. PicsArt

Aplikasi editing PicsArt sangat kami rekomendasinya untuk Anda coba. Aplikasi editing lternatif Photoshop ini sangat populer bagi pengguna Android. Terbukti aplikasi ini diunduh sebanyak lebih dari 500 juta kali di Play Store.

Kelebihan PicsArt karena dilengkapi seabrek fitur yang sangat membantu untuk mengedit gambar. Seperti filter, alat untuk memotong dan menambah teks, kurva untuk penyesuaian dan klon.

Yang tak kalah menarik, aplikasi ini juga menyediakan perpustakaan clip art gratis, jutaan stiker buatan pengguna lain dan beberapa alat untuk membuat meme atau konten menarik.

11. PixBuilder Studio

PixBuilder Studio

Selanjutnya, ada PixBuilder Studio (https://www.wnsoft.com/en/pixbuilder/). Aplikasi editing foto yang serupa dengan Adobe Photoshop. Tampilannya terlihat mirip dengan aplikasi Adobe Photoshop versi awal.

Beberapa fungsi edit seperti layer, Color, Effects, Crop, Brigthness Contrast dan lain-lain tersedia di aplikasi ini. Untuk konten kreator web, aplikas ini juga menyediakan beberapa format grafik dengan kompress file kecil seperti PNG, JPEG, GIF dan lain-liain.

PixBuilder Studio tentunya dapat diunduh secara gratis di platform PC dengan ukuran file yaitu hanya 3MB.

12. Chasys Draw IES

Aplikasi edit foto Pengganti Adobe Photoshop
Chasys Draw IES

Masih di daftar aplikasi pengganti Adobe Photoshop berikutnya adalah aplikasi Chasys Draw IES (https://www.jpchacha.com/chasysdraw/). Aplikasi yang satu ini juga menawarkan beragam fitur yang cukup lengkap untuk kebutuhan adalah editing foto sederhana.

Aplikasi ini menyediakan fitur layer dan animasi, serta juga mendukung penyuntingan gambar dan resolusi tinggi dengan metode penumpukan gambar. Aplikasi ini paling cocok untuk pembuatan gambar dengan format GIF.

Chasys Draw IES tersedia dengan berbagai macam bahasa secara gratis, untuk platform PC windows, Linux maupun MacOS. Ukurannya tidak begitu besar yaitu hanya sekitar 20MB.

13. AirBrush

Aplikasi AirBrush (Foto: AirBrush)

AirBrush menjadi aplikasi editing alternatif terbaik pengganti Adobe Photoshop yang banyak digunakan. Aplikasi ini juga biasa digunakan untuk mempermak foto selfie agar menjadi lebih menarik.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa menghapus rambut yang berantakan, menutupi noda di wajah, hingga memberikan tarikan ekstra pada senyuman, dengan lebih mudah. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan gambar yang bersih sesuai keinginan Anda.

14. Fast Stone Image Viewer

Aplikasi Fast Stone Image Viewer (https://www.faststone.org/FSIVDownload.htm) mirip dengan aplikasi Photos pada Windows. Meskipun memiliki fungsi utama sebagai penampil gambar, namun aplikasi ini juga menghadirkan beragam fungsi edit foto tambahan

Diantaranya seperti Cropping, adjust color, effects, watermark dan banyak lagi. Ukuran aplikasinya pun terbilang kecil yaitu hanya sekitar 6MB.

Fast Stone Image Viewer tentunya dapat diinstall secara gratis, dan tersedia untuk semua platform PC yaitu Windows, MacOS dan juga Linux.

15. Polarr Photo Editor

Polarr Photo Editor

Bagi pemula, aplikasi Polarr Photo Editor sangat membantu. Banyak fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk mengedit foto. Meski begitu, aplikasi ini bukan berarti tidak cocok digunakan para professional, karena Polarr juga dibekali sejumlah fitur untuk pengguna profesional.

Kalian bisa menjumpai beberapa fitur menarik untuk editing, seperti misalnya selective masks (brush, radial, gradien, warna dan pencahayaan) dan kemampuan untuk mengubah pencahayaan, HSL, fringing, kurva, vignette dan LUT. Anda juga bisa membuat preset sendiri, baik dari nol maupun mengedit dari 120 preset yang sudah tersedia di aplikasi.

16. Affinity Photo

aplikasi alternatif adobe photoshop
Affinity Photo

Affinity Photo adalah aplikasi alternatif terbaik untuk Adobe Photoshop. Anda tidak perlu berlangganan. Cukup bayar sekali, Anda bisa bermain-main dengan aplikasi nan mengesankan ini.

Memakai Affinity Photo, Anda dapat menggambar beberapa karya luar biasa menggunakan alat kuas, mengimpor/mengekspor file PSD, menambahkan layer, mengubah ukuran, dan banyak lagi. Affinity Photo menawarkan banyak fitur canggih untuk pengguna profesional.

Bahkan, jika Anda seorang pemula, Affinity Photo relatif mudah digunakan dan opsinya cukup ramah akses. Antarmuka pengguna dibuat secara cermat untuk memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa.

Anda bisa donwload dan install Affinity Photo (https://affinity.serif.com/en-gb/photo/#buy) dengan membayar sekitar Rp 712 ribuan.

17. Snapseed

Aplikasi Snapseed

Aplikasi alternatif pengganti Adobe Photoshop berikutnya adalah Snapseed. Aplikasi buatan Google ini disebut-sebut salah satu aplikasi editing foto terbaik, dan paling banyak disuka para pengguna Android.

Kelebihan dari aplikasi ini antara lain karena diklaim bisa mengimbangi kemampuan Photoshop versi desktop dengan menghadirkan 29 alat dan filter. Tak hanya itu, Snapseed juga memiliki fitur canggih seperti healing, brightness curves, tonal contrast dan image tuning otomatis.

Anda bisa menggunakan Snapseed untuk membuka file berformat RAW maupun JPEG. Pengguna juga bisa mengedit file RAW DNG untuk disimpan dalam format JPEG.

18. Paint.NET

aplikasi alternatif adobe photoshop
Paint.NET

Paint.NET mungkin bukanlah aplikasi alternatif Adobe Photoshop yang lengkap. Namun, untuk pengeditan gambar dasar seperti menambahkan lapisan, menambahkan teks, mengubah ukuran, dan lainnya, dapat dilakukan secarama mudah berkat Paint.NET.

Paint.NET adalah perangkat lunak khusus Windows, tetapi cocok untuk pengeditan gambar cepat tanpa perlu meluncurkan editor gambar lengkap seperti Adobe Photoshop.

Anda akan terkesan betapa bagusnya Paint.NET (https://www.getpaint.net/index.html) untuk pengeditan gambar yang penting tanpa memerlukan banyak sumber daya sistem.

{Baca juga: 10 Aplikasi Edit Foto Pengganti Adobe Photoshop}

19. Canva

aplikasi alternatif adobe photoshop
Canva

Canva (https://www.canva.com/) mungkin bukan aplikasi alternatif yang tepat untuk Adobe Photoshop. Namun, untuk pemula, Canva bisa menjadi solusi. Jika pekerjaan Anda melibatkan manajemen lapisan dasar, mengedit gambar, membuat gambar mini, poster, infografis, dan sebagainya, Canva bisa menjadi pilihan tepat.

Canve benar-benar layanan web yang bisa menyelesaikan banyak pekerjaan tanpa Anda harus membayar sepeser pun. Tetapi, jika ingin semua ikon premium, latar belakang, bentuk, dll, Anda bisa berlangganan.

Selain itu, Canva juga menawarkan langganan berbasis tim yang dapat dimanfaatkan oleh organisasi. Anda bisa mendapatkan Canva secara gratis ataupun melakukan langganan rutin.

20. Sumopaint

Sumopaint

Aplikasi alternatif Photoshop gratis lainnya adalah Sumopaint. Anda bisa menggunakan software ini untuk berbagai kebutuhan editing, karena dilengkapi beragam fitur, dan cukup mudah digunakan, serta ringan.

Bagi Anda yang terbiasa menggunakan Photoshop, mungkin harus perlu beradaptasi sedikit, karena terdapat beberapa tools yang berbeda seperti yang ada di Photoshop. Tapi itu tidak menjadi masalah, karena aplikasi ini tidak sulit digunakan.

Well, 15 aplikasi alternatif Adobe Photoshop yang kami rekomendasikan ini bisa Anda gunakan untuk mengedit foto ataupun gambar. Semoga rekomendasi yang kami berikan ini bisa bermanfaat. Selamat mencoba! (MF/HBS)

 

2 KOMENTAR

  1. Adobe photoshop camera mod apk is the best photo editing software I’ve ever used. Download adobe photoshop camera mod apk free download.

  2. Wanna watch latest live streaming Game Movie spot TV show on your phone Visit here.https://livelounge.me/media-lounge-apk/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here