12 Aplikasi Terbaik untuk Anak Saat Bulan Ramadan 2024

Telset.id – Mengetahui aplikasi yang cocok untuk anak saat bulan Ramadan sangatlah penting. Sebab, sebagai orang tua, kita wajib mengarahkan anak-anak untuk menjalani aktifitas yang positif untuk memaksimalkan ibadah puasa mereka.

Saat bulan Ramadhan, umat muslim di seluruh dunia pasti berlomba-lomba memperbanyak ibadah, tidak terkecuali anak-anak yang mulai berpuasa.

Agar puasanya tidak batal, kita sebagai orang tua wajib mengarahkan anak-anak untuk melakukan aktifitas yang bisa mengganggu jalannya puasa.

Nah, untuk lebih memaksimalkan ibadah di bulan puasa, ada baiknya anak-anak diisi dengan kegiatan positif saat mereka beraktifitas, termasuk saat menggunakan smartphone mereka. Ada beberapa aplikasi khusus bulan Ramadan di Play Store yang bisa Anda pilih untuk anak Anda selama berpuasa.

Mau tahu apa saja aplikasi ramadan untuk anak? Tim Telset sudah memilihkan 12 aplikasi untuk anak yang bagus di bulan Ramadan dalam rangkuman berikut ini. Oya, 12 aplikasi ini semuanya gratis di Google Play Store, sob!

BACA JUGA:

1. Game Anak Sholeh

aplikasi bulan ramadhan
Game Anak Sholeh

Agate Studio membuat game edukasi Islam yang terbilang jarang beredar di Indonesia. Bernama Game Anak Sholeh, permainan edukatif ini kental dengan nilai-nilai Islam untuk buah hti.

Aplikasi ramadan untuk anak ini menyediakan konten yang banyak dan beragam, mulai dari cerita yang seru, mini games, do’a harian, tutorial salat, kisah nabi, dan ensiklopedia yang dapat membantu anak Anda mendalami pengetahuan tentang agama Islam.

Anak-anak tentu saja menyukai kegiatan Ramadan, dan untuk itu Game Anak Sholeh dirancang sedemikian rupa agar memiliki animasi dan efek suara yang membuat anak akan menikmati permainan sambil belajar.

2. Marbel Doa Anak Muslim + Suara

aplikasi bulan ramadhan
Marbel Doa Anak Muslim + Suara

Aplikasi bulan Ramadan untuk anak berikutnya adalah Marbel Doa Anak Muslim + Suara yang hadir untuk membantu anak-anak menjalani kegiatan Ramadan secara positif.

Aplikasi ini membantu orang tua untuk memberikan pengertian soal doa sehari-hari kepada buah hati. Jelas, doa sehari-hari penting untuk diamalkan dari kecil sehingga bisa menjadi kebiasaan dan menjadi amalan yang baik ketika remaja maupun dewasa nanti.

Aplikasi bulan Ramadan ini cocok untuk anak usia 2 hingga 8 tahun, dan tersedia gratis di Google Play Store.

3. Marbel Belajar Mengaji

aplikasi bulan ramadhan anak
Marbel Belajar Mengaji

Marbel Belajar Mengaji merupakan aplikasi pendidikan untuk anak usia 3-8 tahun. Aplikasi ini membantu anak-anak belajar mengenal huruf hijaiyah A Ba Ta.

Selain itu, aplikasi bulan Ramadan ini pun membantu anak untuk belajar membaca huruf hijaiyah dengan harokatnya (Fathah, Dummah, Kasroh), serta belajar membaca huruf hijaiyah dengan harokat tanwin (Fathah Tanwin, Dummah Tanwin, Kasroh Tanwin).

Bersama Marbel Belajar Mengaji, anak-anak bisa belajar mengaji dengan cara yang menyenangkan. Aplikasi ini dilengkapi dengan narasi pendukung yang sangat bermanfaat bagi anak-anak yang belum lancar membaca.

Setiap materi dilengkapi dengan narasi, sehingga anak-anak bisa belajar hanya dengan mendengarkan suaranya saja. Setelah mereka selesai belajar mengaji, ada berbagai macam permainan seru menanti mereka.

Lewat permainan ini, pengetahuan serta hasil belajar mereka bisa diuji. Marbel menggabungkan konsep belajar dan bermain menjadi satu sehingga melahirkan cara belajar yang lebih menyenangkan.

Materi akan disajikan dalam bentuk yang menarik dilengkapi dengan Gambar + Sound Narasi + Animasi untuk menarik minat anak-anak dalam belajar.

Selanjutnya, mereka bisa mengasah kemampuan melalui permainan edukasi yang disediakan. Jika sudah familiar dengan iqro dan tajweed, maka belajar mengaji menggunakan aplikasi ini juga akan terasa lebih mudah.

4. Muslim Anak Buku Mewarnai

aplikasi bulan ramadhan anak
Muslim Anak Buku Mewarnai

Kegiatan Ramadan untuk anak-anak bisa diisi secara positif melalui aplikasi Muslim Anak Buku Mewarnai. Buah hati Anda akan diajarkan tentang sopan santun, tata krama, dan doa dengan cara yang menyenangkan serta interaktif.

Aplikasi ini menggunakan halaman mewarnai visual dan audio. Pada setiap halaman mewarnai anak-anak dapat menggunakan alat pewarna yang berbeda misalnya cat kuas, ember cat dan penghapus.

5. Belajar Menulis Hijaiyah

aplikasi bulan ramadhan anak
Belajar Menulis Hijaiyah

Aplikasi bulan Ramadan untuk anak yang satu ini dapat membantu buah hati Anda untuk mengenal dan menulis huruf hijaiyah. Tentu saja, ilmu yang didapatkan oleh anak-anak Anda dilalui dengan cara yang menyenangkan.

Aplikasi ini menampilkan pembelajaran interaktif lewat animasi yang menarik dan mudah dipelajari. Kegiatan Ramadan untuk anak-anak pun makin positif, karena mereka dapat menulis, menggambar, dan belajar huruf hijaiyah yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Apabila anak Anda sedang belajar berpuasa, aplikasi ini juga bisa membuat mereka lebih semangat sambil menunggu waktu berbuka puasa.

6. Belajar Shalat

aplikasi bulan ramadhan anak
Belajar Shalat

Aplikasi bulan Ramadan untuk anak selanjutnya adalah Belajar Shalat. Sesuai namanya, aplikasi ini mengajarkan anak-anak di rentang usia 4 sampai 8 tahun tentang tata cara salat.

Selain berisi gerakan salat dan doanya, aplikasi ini dilengkapi juga dengan narasi panduan untuk memudahkan buah hati Anda memahami setiap gerakan salat.

Terdapat fitur yang memungkinkan orang tua menguji pemahaman anak dengan permainan tebak gerakan tata cara salat. Aplikasi ini asyik dijadikan sebagai salah satu kegiatan positif selama Ramadan untuk anak-anak.

7. Doa Anak Muslim

kegiatan ramadhan untuk anak anak
Doa Anak Muslim

Berikutnya, adalah Doa Anak Muslim. Aplikasi ini berisi kumpulan doa harian yang dapat dipahami oleh anak-anak.

Lewat aplikasi ini, Anda sebagai orang tua dapat mengajarkan buah hati berbagai doa harian, seperti doa sebelum dan sesudah tidur, doa masuk dan keluar kamar mandi, doa sebelum dan sesudah makan, dan doa-doa lainnya.

Tampilannya memang sederhana, namun berkat adanya gambar-gambar pendukung di setiap doa yang muncul, anak Anda pasti akan tertarik untuk menggunakannya.

8. Kisah 25 Nabi dan Rasul untuk Anak

kegiatan ramadhan untuk anak anak
Kisah 25 Nabi dan Rasul untuk Anak

Dahulu, kisah 25 Nabi dan Rasul biasanya didapat dari buku-buku yang dijual di emperan ataupun toko buku. Tapi kini, anak-anak kita sudah dapat memahami kisah 25 Nabi dan Rasul melalui aplikasi.

Isi kegiatan Ramadan yang positif untuk anak-anak Anda dengan memberikan kisah-kisah para Nabi dengan berbagai mukjizatnya melalui aplikasi ini. Aplikasi ini pun cocok untuk menemani buah hati menantikan waktu berbuka puasa.

9. Belajar Agama Islam

kegiatan ramadhan untuk anak anak
Belajar Agama Islam

Aplikasi bulan Ramadan untuk anak yang berikutnya adalah Belajar Agama Islam. Aplikasi ini menampilkan konten islami yang lengkap, seperti tata cara wudhu dan salat, doa harian, rukus islam dan iman, Asmaul Husna, dan lain sebagainya.

Tampilannya penuh warna yang pasti memikat perhatian anak-anak Anda. Seluruh informasi yang ditampilkannya pun lengkap dan mudah dipahami oleh buah hati Anda.

10. Marbel Asmaul Husna

kegiatan ramadhan untuk anak anak
Marbel Asmaul Husna

Selanjutnya, ada Marbel Asmaul Husna yang membantu orang tua untuk memberikan kegiatan positif untuk anak-anak selama Ramadan.

Aplikasi ramadan untuk anak ini dapat dimanfaatkan orang tua untuk mengenalkan Asmaul Husna sambil mengajarkan anak membaca. Di dalamnya terdapat berbagai permainan seru yang berkaitan dengan Asmaul Husna.

Marbel Asmaul Husna juga memiliki materi pembelajaran berbasis audio yang bisa didengar si kecil sambil menunggu waktu berbuka puasa.

12. Marbel Pendidikan Agama Islam

Aplikasi Bulan Ramadan

Marbel Pendidikan Agama Islam menjadi aplikasi di bulan Ramadan untuk anak selanjutnya yang kami rekomendasikan. Aplikasi ini berisikan beragam informasi mengenai agama Islam yang bisa digunakan untuk edukasi anak-anak.

Secara detail, informasi tersebut berisikan mengenai Al-Quran, Nabi, Asmaul Husna dan lain-lainnya. Informasi tersebut disajikan dalam bentuk game yang membuatnya cocok untuk anak-anak.

Aplikasi Marbel Pendidikan Agama Islam bisa digunakan selama bulan Ramadan untuk membuat anak menjadi semakin mengenal agama Islam.

12. Cerdas Cermat Islami

Aplikasi untuk anak di bulan Ramadan terakhir yang kami rekomendasikan adalah Cerdas Cermat Islami, yang bisa dimanfaatkan untuk memberikan hiburan sekaligus edukasi kepada anak.

Aplikasi ini pada dasarnya berisikan soal pendidikan agama Islam yang ditampilkan secara interaktif, sehingga membuatnya menarik dan menyerupai sebuah game. Dengan menggunakan aplikasi ini anak-anak bisa belajar dengan cara yang menyenangkan.

Topik pertanyaan interaktif yang diberikan di aplikasi ini mulai dari tentang wudhu, zakat, ilmu fiqih, tauhid, haji, hingga sejarah agama Islam.

BACA JUGA:

Nah, itu dia rekomendasi aplikasi bulan Ramadan terbaik untuk anak. Aplikasi yang tadi kami sebutkan bisa menjadi referensi Anda sebagia orang tua untuk menghadirkan kegiatan positif selama bulan Ramadan bagi anak-anak tercinta.

Simak berbagai rekomendasi aplikasi terbaik di platform Android, iOS, hingga Windows di kanal Telset Apps juga, sob! (MF/HBS)

4 KOMENTAR

  1. sports mania news that you must see, especially those that carry Indonesia’s name abroad, such as Indonesian badminton national team players fighting in Japanese competitions and many other sports, for further information visit the website. https://medium.com/@ sakura.ichiru1998

  2. Esports games are online games that are loved by everyone, both teenagers and adults. Esports games also have many famous players from all over the world because of various online competitions. Don’t miss out. For further information, visit the website. https://pansaka.co.id/

  3. Online games are still popular and growing because the games are very fun and exciting, some games are designed to hone thinking skills. Players have to rack their brains to complete missions or solve difficult puzzles. This also teaches players to make decisions quickly, for more information visit the site. https://angon.id/

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI