10 Aplikasi Musik Terbaik 2021, Koleksi Lagu Paling Komplit

Telset.id, Jakarta – Layanan konten digital, baik itu App Store maupun Google Play Store menyediakan banyak sekali aplikasi musik, mulai dari layanan streaming hingga beragam pilihan aplikasi pemutar radio.

Dulu, ketika ingin mendengarkan musik daklam perjalanan, orang memerlukan pemutar CD atau Walkman. Namun, saaat ini cukup dengang menggunakan ponsel pintar anda dapat mendegarkan lagu, di mana saja dan kapan saja.

Ada banyak aplikasi pemutar musik terbaik yang dapat diunduh secara gratis, baik di App Store maupun Google Play Store. Atau anda juga dapat memilih mengunduh versi berbayar dengan layanan premium.

Namun, dari sekian banyak aplikasi musik yang tersedia, manakah yang terbaik? Untuk membantu Anda memilih aplikasi lagu, tim Telset.id telah menyusun daftar aplikasi musik terbaik 2021:

1. Spotify

aplikasi musik spotifySalah satu aplikasi pemutar lagu yang paling terkenal Spotify. Aplikasi ini memiliki opsi gratis, yang memiliki iklan dan fungsi terbatas. Atau anda juga dapat memilih layanan premium, bebas iklan seharga £ 9,99 per bulan.

Spotify memiliki jutaan track lagu, yang dapat anda cari dan dikompilasikan ke dalam daftar putar atau playlist anda sendiri. Jika anda kesulitan mencari lagu, anda dapat mencari ratusan playlist yang telah dibuat sebelumnya.

Baca juga: Asyik, Spotify akan Punya Fitur ‘Musik Gratisan’

Salah satu fitur yang paling berguna dalam versi Premium adalah kemampuan untuk mengunduh album dan daftar putar. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mendengarkannya saat bepergian, dan ketika sedang tidak terhubung WiFi. Aplikasi musik gratis ini dapat diunduh di App Store atau Google Play Store.

2. Shazam

aplikasi musik shazam

Jika Anda kerap bertanya sendiri, ‘Apa judul lagu ini?’, maka Shazam adalah aplikasi yang cocok untuk Anda. Aplikasi musik gratis ini mampu mengenali musik dan TV di sekitar anda, dan memberi tahu tentang lagu tersebut dalam hitungan detik.

Untuk menggunakan aplikasi, tekan tombol Shazam ketika anda sedang mendengar lagu yang ingin anda ketahui. Shazam kemudian membuat semacam sidik jari digital dari audio tersebut, dan mencocokkannya dengan basis data aplikasi berisi jutaan lagu dan acara TV.

Hanya dalam hitungan detik, anda akan diberitahu judul lagu yang sedang anda cari, artis yang menyanyikannya, lirik, lagu yang direkomendasikan, serta biografi artis. Anda dapat mengunduh Shazam dari App Store atau Google Play Store.

3. Apple Music

aplikasi apple musicApple Music mirip dengan Spotify. Pengguna aplikasi musik paling bagus ini dapat membuat playlist lagu mereka sendiri, atau melakukan pencarian melalui koleksi Apple Music.

Aplikasi ini juga terintegrasi dengan teknologi pintar dari Apple yakni Siri. Ini memungkinkan  bagi pengguna untuk mengontrol sebagian besar fitur hanya dengan perintah suara.

Baca juga: Apple Music Sekarang Bisa Berbagi Musik

Dan bila anda masih memiliki CD yang ingin didengarkan saat bepergian, anda dapat menyalinnya dan menambahkannya ke Apple Music library. Sayangnya aplikasi ini hanya tersedia untuk perangkat Apple saja. Anda dapat mengunduh Apple Music dari App Store.

4. Soundcloud

aplikasi musik soundcloud

SoundCloud merupakan salah satu aplikasi terbaik untuk menemukan musik atau lagu baru. Sebab, aplikasi ini memiliki komunitas besar yang terdiri dari para seniman dan musisi yang kurang terkenal yang mengunggah musik baru mereka.

Dan tentu saja, aplikasi musik lengkap ini juga meyediakan musik serta lagu dari artis papan yang terkenal. Pengguna dapat mencari musik dari berbagai genre, hip hop, elektronik, rock dan jazz, atau mencari lagu atau artis tertentu.

Aplikasi ini memiliki berbagai opsi harga yang tersedia di App Store dan Google Play Store. Versi gratis memiliki lebih dari 120 juta lagu tetapi akan terdapat iklan di dalamnya. Bila anda tidak ingin terganggu dengan iklan, anda dpat memilih SoundCloud Go seharga £ 5,99 / bulan.

Atau anda juga dapat memilih SoundCloud Go +, dengan biaya £ 9.99 / bulan. Sedikit lebih mahal, namun memiliki katalog lebih dari 150 juta lagu, bebas iklan, dan sepenuhnya dapat diakses. Anda dapat mengunduh SoundCloud dari App Store atau Google Play Store.

5. Amazon Music Unlimited

Amazon Music UnlimitedPada 2016, Amazon mulai menjelajah ke dunia musik dengan aplikasi andalannya, Amazon Music Unlimited. Aplikasi untuk musik ini memiliki jutaan lagu baru dan lagu klasik yang sudah lama, untuk dapat didengarkan secara offline.

Seperti Spotify, Amazon Music Unlimited kompatibel dengan semua perangkat, termasuk iPhone dan smartphone Android. Aplikasi ini juga sangat berguna bagi mereka yang memiliki speaker Amazon Echo, yang dapat dikontrol menggunakan perintah suara.

Layanan aplikasi ini dijual £ 7,99 / bulan atau £ 79 / tahun untuk anggota perdana, atau £ 9,99 / bulan untuk anggota non-perdana. Anda dapat mengunduh Amazon Music Unlimited dari App Store atau Google Play Store.

6. Google Play Music

aplikasi Google Play MusicGoogle Play Music merupakan layanan aplikasi musik yang bagus dari Google. Google Play Musik memiliki jutaan lagu dan ribuan plylist.

Aplikasi ini sudah terpasang pada setiap ponsel Android, namun juga dapat diunduh oleh pengguna iPhone melalui App Store.

Pengguna akan diberikan saran musik berdasarkan lokasi di mana mereka berada dan mengapa mereka harus mendengarkannya. Aplikasi ini sangat pintar dan sangat membantu karena mengetahui selera pengguna dari waktu ke waktu.

Ada dua versi aplikasi Google Play Music, yang pertama opsi gratis dengan fitur standar, atau opsi berlangganan £ 9,99 / bulan, yang memiliki akses tak terbatas. Anda dapat mengunduh Google Play Music dari App Store atau Google Play Store.

7. Tidal

aplikasi musik tidal

Tidal merupakan aplikasi musik terbaru yang diciptakan oleh rapper, Jay-Z, dan dipromosikan para artis. Aplikasi ini mengklaim sebagai ‘layanan musik pertama di dunia dengan kualitas suara ‘High Fidelity’, dan memiliki lebih dari 50 juta lagu untuk dipilih.

Tidal juga menyediakan lebih dari 200.000 video berkualitas tinggi, serta konten Editorial yang dikurasi oleh jurnalis musik, seniman, dan pakar.

Salah satu fitur terbaik di Tidal adalah artikel musik yang terintegrasi, berisi features dan wawancara sehingga pengguna dapat menemukan cerita di balik musik yang diputar. Ada berbagai tingkatan opsi berlangganan, mulai dari harga £ 6,99 – £ 25,99. Tidal dapat diunduh di App Store dan di Google Play Store.

8. Deezer

aplikasi musik deezerDeezer adalah aplikasi musik yang cocok bagi orang-orang yang ingin menggabungkan lagu-lagu lama favorit mereka. Aplikasi ini memiliki lebih dari 43 juta lagu, yang dapat didengarkan secara individu atau dikurasi menjadi playlist.

Salah satu fitur yang paling menarik dari aplikasi ini adalah Flow, yang dideskripsikan sebagai ‘matchmaker musik’. Fitur ini membantu pengguna menemukan lagu berdasarkan musik yang disukai, dan menyusunnya sesuai dengan aliran lagu yang telah dikurasi.

Pengguna dapat memilih dari versi gratis Deezer yang memiliki iklan, atau versi bebas iklan dengan biaya £ 9,99 / bulan. Deezer dapat diunduh di App Store atau di Google Play Store.

9. Last FM

aplikasi musik last fm
Last FM

Jika anda sudah menggunakan beberapa aplikasi musik, maka Last FM bisa menjadi pilihan yang bagus untuk anda. Sebab, aplikasi ini membantu melacak musik yang anda dengarkan di aplikasi musik favorit anda, termasuk Spotify, Deezer, dan Google Play Music.

Dengan membuat profil dan menautkan aplikasi lain yang digunakan, pengguna dapat mengakses musik di playlist serta memutar musik baru yang direkomendasikan.

Salah satu fitur terbaik di aplikasi Last FM adalah pengguna dapat menemukan orang yang berpikiran sama dan mendiskusikan semua tentang artis favoritnya. Anda dapat mengunduh aplikasi Last FM dari App Store atau Google Play Store.

10. YouTube Music

YouTube MusicYouTube merupakan aplikasi musik terbaik yang mendiskripsikan sebagai ‘YouTube dibuat hanya untuk musik”. Aplikasi ini memungkinkan pengguna menonton dan mendengarkan musik yang tidak terhitung jumlahnya.

Pengguna dapat memilih segala jenis genre musik, artis baru ataupun lagu lama. Setiap video ditonton secara otomatis memutar artis tersebut secara non-stop, atau anda juga dapat mengaturnya berdasarkan selera.

Untuk versi basic atau standar aplikasi ini dapat diunduh secara gratis, namun anda akan sedikit terganggu dengan iklan yang akan muncul di antara beberapa video yang diputar.

Bila anda ingin menonton video tanpa gangguan iklan, anda dapat mengunduh YouTube Red dengan membayar £ 9,99 / bulan, Selain bebas iklan, YouTube Red memungkinkan pengguna dapat mendengarkan musik ketika layar ponsel tidak aktif. Anda dapat mengunduh YouTube Music di App Store atau Google Play Store.

Nah, itulah tadi 10 aplikasi musik terbaik yang kami rekomendasikan untuk Anda coba. Selamat menikmatinya. [HBS]

 

3 KOMENTAR

  1. Thank you for sharing, your article is very good. I am also using Spotify Premium this app listens to great music and also includes many famous artists in the world, I download Spotify here: https://coimobile.com/spotify-premium/ safe but also completely free

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0