10 Aplikasi Screen HP Android Terbaik dan Gratis!

Telset.id – Ada banyak jenis konten bermanfaat yang bisa Anda unggah di YouTube maupun media sosial. Misalnya, membuat video tutorial atau walkthrough dari game populer di Android. Untuk membuat video seperti itu, dibutuhkan aplikasi perekam layar terbaik di Android yang bisa memaksimalkan kualitas konten yang Anda buat.

Tim Telset.id sekarang akan memberikan rekomendasi 10 aplikasi perekam layar Android terbaik yang bisa Anda gunakan. Seluruh aplikasi screen recorder android punya fitur dan pengaturan yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat konten video tutorial atau game walkthrough.

Dan lagi, 10 aplikasi perekam layar tersebut tersedia secara gratis di Google Play Store. Ingin tahu apa saja aplikasinya? Yuk simak!

{Baca juga: Cara Merekam Layar Saat Main Game di HP Android}

1. Google Play Games

Rekomendasi aplikasi perekam layar Android terbaik kita awali dengan aplikasi bawaan dari sistem Android itu sendiri, yakni Google Play Games. Sesuai namanya, aplikasi ini hanya bisa merekam gameplay game di smartphone saja.

Sebagian besar smartphone Android yang ada sekarang biasanya sudah memiliki aplikasi ini dalam sistem bawaannya. Tapi, apabila smartphone belum memilikinya, Anda bisa mengunduhnya secara gratis di Google Play Store.

Google Play Games akan langsung terintegrasi dengan akun Google Anda, dan biasanya langsung terhubung juga dengan berbagai judul game yang terpasang di smartphone.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk merekam gameplay game dengan kualitas SD 480p dan HD 720p saja. Menariknya, di sini tersedia opsi untuk menampilkan wajah Anda ketika perekaman game berlangsung. Ala-ala streamers gitu, sob.

DOWNLOAD

2. Screen Recorder

Aplikasi Perekam Layar Android Terbaik

Sesuai namanya, aplikasi Screen Recorder buatan NLL ini mampu merekam berbagai aktivitas layar, bukan cuma game saja. Anda bisa merekam beragam aktivitas positif, seperti tutorial pengaturan di Android, main game favorit, dan aktivitas lainnya.

Screen Recorder menampilkan UI yang sederhana dan mudah digunakan. Ada berbagai pengaturan di sini, seperti mengatur kualitas video rekaman, dan menambahkan gesture untuk mempermudah kontrol saat merekam layar.

Kemudian, ada pula pengaturan untuk menyesuaikan frame rate video, sampai opsi untuk menampilkan wajah Anda ketika perekaman layar dimulai. Tapi keunggulan yang kami suka dari aplikasi ini adalah, tidak ada watermark pada tampilan video, meski aplikasi ini tersedia secara gratis.

DOWNLOAD

3. Screen Recorder – No Ads

Aplikasi perekam layar terbaik di Android selanjutnya adalah Screen Recorder – No Ads buatan Kimcy929. Sesuai namanya, aplikasi ini benar-benar tersedia secara gratis, dan tidak menampilkan iklan ataupun watermark pada video yang dihasilkan.

Meski gratis, fungsi dari aplikasi tersebut tergolong lengkap. Selain bisa merekam layar, Anda pun bisa mengambil screenshot dalam berbagai format gambar, seperti WebP, PNG, sampai JPG.

{Baca juga: 5 Aplikasi Azan & Pengingat Sholat Terbaik di Android}

Selain fitur, pengaturan di dalamnya pun lengkap. Anda bisa merekam layar hingga kualitas 3K dengan rasio maksimal (19 : 9) atau menyesuaikan dengan rasio layar smartphone. Kemudian, frame rate yang didukung aplikasi ini juga hingga 120 fps.

Anda dapat pula menghadirkan tampilan wajah saat merekam layar, menampilkan logo sendiri, teks, dan pengaturan lainnya. Screen Recorder – No Ads bisa menjadi pilihan buat Anda yang ingin aplikasi gratisan dengan fungsi maksimal.

DOWNLOAD

4. Mobizen

Mobizen pun bisa menjadi salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk merekam layar. Apalagi, aplikasi ini sudah populer karena telah diunduh sebanyak lebih dari 100 juta kali, dan mendapatkan penghargaan sebagai aplikasi terbaik 2016 dari Google.

Aplikasi tersebut memungkinkan Anda untuk merekam layar dengan kualitas maksimal Full HD 1080p @60 fps, dengan bitrate mencapai 12MBps. Sama halnya dengan aplikasi perekam layar terbaik di Android lainnya, Mobizen mengizinkan pengguna untuk menambahkan tampilan kamera depan saat merekam layar.

Terdapat juga opsi editing hasil rekaman di sini, jadi Anda bisa mengedit video sesuai keinginan sebelum mengunggahnya di channel YouTube atau media sosial. Sayang, Mobizen masih menampilkan watermark pada video perekaman layar.

DOWNLOAD

5. XRecorder

aplikasi screen recorder android

Selanjutnya ada aplikasi buatan InShot bernama XRecorder. Anda tentu familiar dengan aplikasi video editor dari InShot kan? Nah, developer ini juga menghadirkan aplikasi screen recorder Android terbaik juga lho.

XRecorder punya tampilan aplikasi yang mudah dipahami dan digunakan. Selain itu, aplikasi satu ini memungkinkan Anda sebagai pengguna untuk merekam layar dengan kualitas maksimal Full HD @60 fps, dengan bitrate 12Mbps.

{Baca juga: 7 Aplikasi Streaming Film Gratis Terbaik di Android}

Tidak seperti Mobizen, aplikasi satu ini tidak menempelkan watermark pada video yang dihasilkan. Dan lagi, tidak ada batasan waktu perekaman. Jadi, Anda bisa puas merekam aktivitas layar.

DOWNLOAD

6. Super Screen Recorder

Aplikasi perekam layar Android terbaik selanjutnya adalah Super Screen Recorder buatan HappyBees. Sesuai namanya, aplikasi ini menyajikan banyak sekali fitur dan pengaturan yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan merekam layar smartphone.

Anda bisa merekam video dengan kualitas maksimal Full HD @60 fps dan bitrate 12Mbps. Anda juga dapat mengedit video perekaman dengan berbagai fungsi edit yang lengkap.

{Baca juga: 5 Aplikasi Password Manager Terbaik 2020, dan Cara Menggunakannya}

Terlebih lagi, video yang Anda rekam tidak akan terganggu dengan adanya watermark, dan tersedia juga opsi untuk mengaktifkan kamera depan ketika perekaman layar terjadi.

Di samping itu, Super Screen Recorder pun menyediakan fitur menarik lho. Aplikasi satu ini memungkinkan Anda untuk membuat animasi GIF dengan mudah. Tertarik?

DOWNLOAD

7. AZ Screen Recorder

Rekomendasi aplikasi perekam layar terbaik di Android tak akan lengkap tanpa aplikasi satu ini. AZ Screen Recorder bisa dibilang merupakan aplikasi perekam layar dengan seabreg fitur dan pengaturan yang bisa dimanfaatkan.

Anda bisa merekam layar tanpa watermark, kualitasnya mencapai Full HD, dan tidak ada batas waktu atau durasi dalam merekam layar. Tampilan aplikasinya pun sederhana, dan Anda bisa merekam layar dengan mudah berkat adanya menu overlay yang akan tampil di setiap aplikasi atau game yang mau direkam.

DOWNLOAD

8. Game Screen Recorder

aplikasi screen recorder android terbaik

Sesuai namanya, aplikasi screen recorder android ini bisa digunakan kalau Anda ingin merekam gameplay dari game yang sedang Anda mainkan. Mirip Google Play Games, Game Screen Recorder dapat secara otomatis mendeteksi game yang terinstall di smartphone Anda.

Aplikasi buatan DGenius Mobile ini bisa digunakan di smartphone Android apapun, dan cukup ringan dan tidak membebani RAM smartphone. Apalagi, karena ukuran file-nya yang hanya 4MB-an saja.

Anda dapat merekam video dengan maksimal kualitas Full HD @60 fps, dengan bitrate mencapai 12MBps. Anda bisa menampilkan kamera depan ketika merekam layar, merekam audio eksternal, sampai membuat opening sebelum merekam layar. Keren kan?

DOWNLOAD

9. Screen Recorder HD

Aplikasi Screen recorder terbaru

Selanjutnya, ada aplikasi buatan Prometheus yang bisa Anda manfaatkan untuk merekam aktivitas layar. Screen Recorder HD punya tampilan super sederhana, dan terbilang punya fitur yang minim.

Aplikasi ini sebatas cuma menampilkan opsi merekam layar saja, tanpa ada pengaturan untuk menyesuaikan kualitas, frame rate, dan lainnya. Anda sebagai pengguna cukup menekan tombol record di sudut kanan bawah layar yang tampil secara overlay untuk mulai merekam.

{Baca juga: Tips Edit Foto Instagram Pakai VSCO, Biar Banyak Like!}

Meski gratis, aplikasi ini tidak menampilkan watermark pada video. Tapi sayangnya, ada beberapa iklan di tampilan aplikasi yang penempatannya cukup mengganggu.

DOWNLOAD

10. Screen Recorder & Video

Terakhir, ada Screen Recorder & Video yang bisa Anda gunakan sebagai aplikasi perekam layar terbaik di Android. Fitur yang disajikannya cukup lengkap, Anda bisa mengatur kualitas video, mengedit video sebelum di-publish, dan lainnya.

Satu catatan bagi Anda yang ingin menggunakannya. Aplikasi satu ini mampu merekam video hingga Full HD, tapi khusus untuk pengguna yang mau membayar versi premiumnya saja.

Meski demikian, Anda tetap diizinkan untuk merekan video HD dengan kualitas baik secara gratis. Fitur lainnya, Screen Recorder & Video memiliki opsi untuk mengaktifkan kamera depan saat merekam, sampai memungkinkan Anda untuk melakukan live streaming.

DOWNLOAD

Nah, itu tadi 10 aplikasi perekam layar Android terbaik yang bisa Anda gunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Anda bisa memanfaatkannya untuk mengisi waktu luang, seperti membuat video tutorial atau merekam game walkthrough, dan mengunggahnya ke channel YouTube, IG TV, maupun media sosial lainnya. Selamat mencoba! (MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -