telset

Aplikasi Facebook dkk Ternyata Bikin Boros Baterai HP

Telset.id, Jakarta – Pengguna Facebook, WhatsApp dan Instagram mungkin baterai HP sering cepat habis. Hal tersebut cukup wajar, karena aplikasi Facebook dkk itu masuk dalam kategori aplikasi yang membuat boros baterai HP.

Dilansir Telset dari PC Mag pada Rabu (17/11/2021), perusahaan penyimpanan berbasis cloud, pCloud meneliti aplikasi yang banyak menguras baterai HP. 

Metodologinya dengan mencari aplikasi yang paling banyak meminta akses ke HP, jumlah daya baterai yang dibutuhkan ketika aplikasi berjalan, dan apakah aplikasi tersebut memiliki dark mode atau tidak.  

Hasilnya ada 20 aplikasi yang banyak menguras baterai. Posisi pertama adalah Fitbit dengan skor dengan skor 92%. Posisi kedua dan ketiga ditempati oleh Verizon dan Uber dengan skor 92% dan 87%.

Di posisi keempat dan kelima ditempati oleh Skype dengan skor 87% dan Facebook 82%. Sisanya didominasi oleh berbagai aplikasi media sosial seperti Instagram, WhatsApp serta Telegram dengan skor masing-masing 79%, 77% dan 77%.

Baca juga: Penyebab Facebook, Instagram dan WhatsApp Down

Penyebab banyak aplikasi media sosial seperti Facebook dkk boros baterai, karena izin akses yang banyak. Rata-rata aplikasi Facebook, Instagram, Snapchat, dan WhatsApp meminta 11 jenis akses seperti akses kamera, Wifi, lokasi, dan mikrofon.

“Semua ini membutuhkan lebih banyak daya untuk dijalankan dan pada akhirnya menuntut lebih banyak dari ponsel Anda dan baterainya,” tulis pCloud.

Aplikasi Facebook Boros Baterai HP

Selain aplikasi media sosial, aplikasi kencan online seperti Tinder, Bumble dan Grindr juga masuk dalam daftar. Penyebabnya hampir sama, karena aplikasi kencan online meminta banyak akses ke HP, dan tidak memiliki Dark Mode.

“Ketiga aplikasi kencan tidak memiliki mode gelap yang tersedia dan karenanya membutuhkan lebih banyak energi saat menggunakannya, menyebabkan baterai lebih cepat habis,” jelas pCloud.

Aplikasi Facebook Memorinya Besar 

PCloud juga merilis daftar aplikasi yang banyak menggunakan memori HP. Hasilnya lagi-lagi aplikasi Facebook dan Instagram masuk dalam daftar. Kedua aplikasi milik Meta itu menggunakan memori HP sekitar 250 MB dan 150 MB. 

Baca juga: Facebook Ganti Nama Menjadi Meta

Sedangkan aplikasi lain yang masuk dalam daftar adalah YouTube, TikTok, Snapchat dan LinkedIn yang keempatnya memakai memori HP hingga lebih dari 100 MB. Di dalam daftar juga Tinder, Spotify, Google Classroom, Microsoft Teams dan lain sebagainya.

Aplikasi Facebook Boros Baterai

Penelitian dari pCloud memang telah dirilis pada Mei 2021. Akan tetapi, daftar aplikasi yang masuk dalam penelitian ini bisa menjadi referensi bagi Anda sebelum mengunduh aplikasi di dalam HP. [NM/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0