Canggihnya ColorOS 11 Lindungi Ponsel Oppo dari Ancaman Malware

Telset.id, Jakarta – ColorOS 11 menawarkan banyak sekali fitur yang bermanfaat bagi pengguna. Salah satunya, fitur keamanan yang bisa melindungi privasi data pengguna dari ancaman malware dan sejenisnya.

Sekadar informasi, malware menjadi salah satu masalah yang tidak disadari dan kerap kali mengintai data-data penting pengguna. Malware biasanya disebarkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil data pribadi pengguna secara ilegal.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, terdapat beberapa fitur keamanan di ColorOS 11 yang dapat melindungi privasi data pengguna.

Fitur keamanan di ColorOS 11 dapat mendeteksi situasi pengaksesan data aplikasi yang telah diinstal. Pengguna pun berhak memilih aplikasi mana saja yang diizinkan mengakses data yang ada.

{Baca Juga: Review ColorOS 11: OS Baru, Bikin Ponsel Oppo Lebih Personal}

Hal ini dikategorikan berdasarkan jenis data dan aplikasi, yang juga memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan dan menonaktifkan izin tersebut kapan saja.

Contoh kasus, apabila malware atau spyware mencuri data pribadi pengguna secara ilegal, mereka dapat memeriksanya dari Permission Management dan mematikan izin aplikasi tersebut.

Pengguna juga dapat membedakan malware dan spyware dengan bantuan fitur keamanan di ColorOS 11, sehingga dapat menghapus beberapa aplikasi yang dicurigai berbahaya.

Selain itu, ColorOS 11 dilengkapi dengan fitur Phone Manager untuk membersihkan cache, memindai virus, mempersonalisasi izin privasi, dan melindungi kegiatan transaksi pengguna.

{Baca Juga: Seabreg Fitur Baru Hadir di ColorOS 11, Apa Saja?}

Dengan mengaktifkan fitur Phone Manager, sistem akan memeriksa potensi risiko semua aplikasi yang hendak dipasangkan. Fitur ini akan mengirimkan notifikasi peringatan kepada pengguna jika ada penyusupan malware selama penginstalan.

Phone Manager memastikan perlindungan keamanan ponsel dengan mendeteksi aplikasi berbahaya, mengoptimalkan izin aplikasi, mengaktifkan pemantauan izin, dan menonaktifkan pengelola perangkat dan fungsi debugging USB.

So, ColorOS 11 memang memiliki beragam fitur preventif yang bertugas untuk melindungi ponsel Oppo pengguna aman dari serangan malware, spyware, maupun serangan siber berbahaya lainnya.

Cara Update ColorOS 11

Cara Update ColorOS 11 Oppo Reno4 F

Oppo telah menyebarkan pembaruan ColorOS 11 untuk beberapa seri ponsel terbarunya, termasuk Oppo Reno4 F. Pembaruan tersebut digulirkan secara bertahap oleh Oppo.

Seperti smartphone berbasis Android pada umumnya, vendor seperti Oppo menyebarkan pembaruan OS via OTA atau over-the-air. Untuk melakukan pembaruan, sangatlah mudah.

Anda sebagai pengguna hanya perlu masuk ke pengaturan atau Settings dan masuk ke Software Update. Tunggu beberapa saat hingga update ColorOS 11 di Oppo Reno4 F muncul.

Akan muncul notifikasi untuk memperbarui sistem operasi smartphone ke ColorOS 11. Selanjutnya tekan saja tombol Download Now di bagian bawah layar. Apabila proses download selesai, tekan Update Now dan tunggu beberapa saat sampai proses instalasi dan reboot sistem selesai. (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0