Review Realme 6 Pro: Smartphone Menengah Berkelas “Flagship”

Telset.id – Harus diakui, perkembangan smartphone, khususnya seri menengah tumbuh sangat cepat. Realme contohnya, baru Oktober lalu menghadirkan seri Realme XT, sekarang hadir suksesornya dengan nama Realme 6 Pro di Indonesia. Nah, biar lebih tahu apa saja keistimewaannya, silahkan hasil review Realme 6 Pro dari tim Telset.

Ya, pada awalnya kami mengira kalau smartphone ini merupakan penerus dari Realme 5 Pro. Tapi, ketika melihat daftar spesifikasi lengkap, dan meminta konfirmasi dari pihak Realme Indonesia, maka diambil kesimpulan smartphone ini adalah suksesor dari Realme XT.

Lalu, sebenarnya seperti apa sih smartphone yang punya julukan “6 Cameras. Pro Display” ini? Tim Telset.id telah melakukan review terhadap Realme 6 Pro. Seperti biasa, kami punya parameter tersendiri ketika mengulas smartphone.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Realme Terbaru}

Ya, dalam review Realme 6 Pro, kami mengulas mulai dari desain, spesifikasinya, kemampuan, sampai kualitas kamera tak luput dari review yang kami lakukan. So, untuk mengetahui smartphone tersebut dengan lebih jelas, sebaiknya simak terus review Realme 6 Pro yang telah rilis di Indonesia berikut ini.

Desain

Realme 6 Pro
Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

Realme 6 Pro langsung memberikan tiga kesan positif dari kami, ketika pertama kali melihat dan menggunakannya. Ketiga kesan tersebut adalah, desain berbeda, terasa flagship, serta build quality yang bagus. 

Smartphone ini tampil kekinian dan tidak terlihat mainstream berkat adopsi desain dual punch-hole atau lubang kamera yang diposisikan di sudut kiri atas layar. Dengan desain tersebut, alhasil membuat layar berjenis IPS LCD berukuran 6,6 inci dengan resolusi Full HD+ miliknya tampil lebih lega dan bezel-less dengan rasio mencapai 20 : 9.

Desain dual punch-hole sebenarnya bukan melulu soal gaya-gayaan saja atau agar terlihat bezel-less, tapi lebih ke estetika. Realme menyebut dual punch-hole pada seri 6 Pro ini sebagai “Dual In-display Selfie”. 

Sesuai namanya, maka disematkan dua kamera depan untuk menunjang kegiatan eksis dari para penggunanya. Selain itu, dual punch-hole ini pun membuat Realme 6 Pro tampak seperti smartphone flagship, dibanding smartphone sekelas, bahkan Realme XT sekalipun.

Kesan berbeda juga hadir pada bagian body belakangnya, asalkan kesampingkan bentuk frame kamera utamanya. Mengapa? Karena bentuk frame kamera Realme 6 Pro sangat mirip dengan Realme XT, sang pendahulunya.

Frame kamera yang menjadi tempat bagi empat kamera utama diposisikan secara vertikal. Tepat di sampingnya, terdapat LED Flash, berikut slogan “AI Quad Camera” yang ditempatkan di bagian bawahnya.

Mungkin satu saran dari kami dalam review Realme 6 Pro ini. Cobalah untuk menggunakan frame persegi pada smartphone atau bahkan membulat. Mengapa? Alasannya adalah estetika desain.

Tentu, tidak mungkin untuk terus membuat frame kamera yang memanjang sampai ke bawah. Sebab logikanya, pasti di masa mendatang jumlah kamera akan ditambah, dan besaran sensor pun akan ditingkatkan. Sehingga lebih baik, frame kamera lebih disesuaikan dengan form factor body secara keseluruhan. 

Meski demikian, Realme menghadirkan kesan baru pada body belakang smartphone tersebut. Pabrikan asal China ini melapisi body belakang dengan seni inovatif yang terinspirasi dari kilat. 

Ada dua warna yang disediakan, yakni Kilat Biru dan Kilat Merah. Kedua warna ini memberikan kesan sangar, karena polanya berbentuk kilat (petir), dan dikelilingi warna gelap di tiap sisinya. Pola kilat ini akan makin terlihat ketika body terpapar cahaya yang pas. 

{Baca juga: Realme 6 Series akan Sambangi Indonesia 24 Maret}

Realme 6 Pro Indonesia
Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

Untuk menciptakan warna sangar tersebut, dibutuhkan proses yang rumit lho. Berdasarkan literatur yang kami baca, warna kilat di Realme 6 Pro dihasilkan dari teknologi cetak offset UV-curing. Intinya, Realme melakukan ratusan kali penyesuaian ulang pada warna, sampai akhirnya tercipta pola warna kilat pada smartphone dengan lapisan yang kaya dan tekstur yang elegan.

Realme 6 Pro menyimpan hal unik lainnya pada bagian desain, dan berhasil membuat kami sedikit nostalgia. Bagaimana tidak, ada tombol Power yang punya tugas lain sebagai sensor sidik jari. 

Tombol Power ini ditempatkan di sisi kiri body dengan penempatan yang sempurna, karena mudah dijangkau oleh ibu jari. Sensor sidik jari tersebut juga punya respon yang sangat cepat, sekitar 0,38 detik untuk membuka lockscreen.

Di sisi kanan, terdapat tombol Volume, serta slot SIM. Nah, pada slot ini, disediakan tiga slot sebenarnya. Masing-masing adalah slot dual SIM, serta satu slot microSD yang mendukung sampai 256GB. 

Sebagai penutup di bagian desain, Realme 6 Pro juga ternyata dibekali kemampuan tahan air. Body smartphone ini dilengkapi dengan tiga lapisan tahan air, yakni lem tahan air di bagian dalam untuk melindungi komponen. Kemudian, silikon gel tahan air untuk melindungi celah pada smartphone seperti jack audio dan port USB. Lalu, desain cincin tahan air untuk melindungi slot kartu SIM, penutup baterai, dan konektor komponen menggunakan cincin kedap busa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

5 Tips Biar Koneksi Internet Stabil Selama Video Conference

Telset.id - Selama work from home atau WFH, masalah yang biasanya terjadi adalah internet lambat alias lemot saat digunakan untuk...

Zoom Akui Salah, Panggilan Video Call Dialihkan ke China

Telset.id, Jakarta – Isu tak sedap masih terus menerpa Zoom. Kali ini, aplikasi video conference itu dihantam isu yang...

Ribuan Video Rapat Online Pengguna Zoom Bocor di Internet

Telset.id, Jakarta - Isu privasi pengguna Zoom seolah tak kunjung selesai. Dilaporkan, ribuan rekaman video rapat online milik pengguna...

Apple Produksi 20 Juta Pelindung Wajah untuk Tenaga Medis

Telset.id, Jakarta - Apple menjadi satu dari beberapa perusahaan teknologi yang turut produksi alat pelindung diri atau APD untuk...

Spotify Jadi Streaming Musik Terbesar, Kalahkan Apple Music dkk

Telset.id, Jakarta - Lembaga riset Counterpoint merilis laporan terkait layanan streaming musik berbayar di tahun 2019. Dalam laporan Counterpoint, Spotify...
- Advertisement -