Review ASUS ExpertBook P5440FA: “Laptop Kelas Militer” untuk Pebisnis

Telset.id – Pada bulan Agustus lalu, ASUS meluncurkan seri laptop terbaru mereka di Indonesia, yaitu ASUS ExpertBook. Seri laptop yang sebelumnya diberi nama ASUS Pro ini masih menyasar pasar yang sama, yaitu segmen pengguna dari kalangan professional bisnis dan eksekutif. Istimewanya, SUS ExpertBook bisa dibilang “laptop kelas militer”.

Kali ini Tim Telset.id kedatangan salah satu line-up dari seri ExpertBook, yaitu ASUS ExpertBook P5440FA. Tentu kalian penasaran, sebenarnya sehebat apa laptop kelas militer untuk kalangan pekerja profesional ini.

Biar gak penasaran kenapa disebut laptop kelas militer, silahkan simak review ASUS ExpertBook P5440FA berikut ini:

Desain

Laptop kelas militer

Bila dilihat dari luar, desain Asus ExpertBook P5440FA sebenarnya biasa saja. Tapi, tentu Anda ingat ungkapan “don’t judge book by cover“, kan? Ya, meski warna, bentuk, dan tampilannya standar, tapi kalau urusan ergonomi, perangkat ini mendapatkan apresiasi dari kami.

Laptop Asus berukuran 14 inci tersebut hanya berbobot 1,23 kg saja, tergolong cukup ringan. Tapi meskipun ringan, laptop ini memiliki durabilitas yang tinggi.

Asus ExpertBook P5440FA sudah mendapatkan sertifikasi standar militer MIL-STD-810G. Sehingga, laptop ini cukup tahan dengan guncangan dan kondisi lingkungan yang tak normal. Itu sebabnya kami menyebutnya laptop kelas militer.

Laptop kelas militer

Untuk ukuran dimensi, ExpertBook P5440FA memiliki ukuran 26mm x 229.3 mm x 10.1 mm. Bagian yang tebal tentunya berada pada body laptop bagian bawah, sedangkan bagian atas atau bagian layar terlihat sudah cukup tipis.

Bagian atas Lid Laptop terlihat polos, hanya ada logo ASUS yang terpampang di bagian atas. Namun jika bagian Lid dibuka, akan terpampang layar berukuran 14 inci dengan resolusi FHD 1080p. Layar itu sudah didukung fitur Anti Glare 60Hz, NTSC 45%, dan view angle mencapai 178 derajat.

Yang menarik, bezel yang mengelilingi layar 14 inci itu terbilang tipis. Sehingga form factor dari laptop berukuran 14 inci ini juga terlihat lebih kecil. Bezel bagian atas terdapat Web Cam HD, dan di bezel bawah terdapat logo Asus ExpertBook.

Untuk engsel layar, laptop Asus ExpertBook P5440FA memiliki engsel yang dapat berputar hingga sudut 180 derajat. Memang, laptop tidak memberikan pengalaman mode baru meski bisa dibentangkan hingga 180 derajat (misal, mode tent, tablet, dan lainnya). Tapi, fleksibilitas itu setidaknya mengurangi kekhawatiran kepada pengguna saat membuka layar laptop.

Asus ExpertBook P5440FA punya keyboard dengan desain pada umumnya, tapi dipercantik dengan adanya lampu backlit berwarna putih. Semua tampak normal, tak ada yang terlihat mencolok saat melihat tombol-tombol di keyboard, sampai pada akhirnya kami menemukan tombol power yang diletakan berdekatan dengan tombol delete.
Posisi tombol ini bagi kami cukup mengganggu. Sebab, saat menggunakannya untuk bekerja, sering kali kami malah menekan tombol power alih-alih tombol delete. Alhasil, laptop akan masuk ke mode sleep atau standby.

Bukan laptop namanya kalau tak punya touchpad, setuju? Welltouchpad di Asus ExpertBook P5440FA tergolong lebar jika melihat rasio body yang ditawarkannya.

Tidak ada pembatas antara tombol touchpad kanan dan kiri, begitu pula dengan posisi fungsi scroll yang biasanya berada di pojok kanan touchpad. Namun, tepat di samping kanan touchpad, kami bisa melihat sensor fingerprint yang tentunya berguna untuk otentikasi pengguna berbasis Windows Hello.Laptop kelas militer

Ke bagian bawah, terdapat speaker yang diletakkan di sisi kiri dan kanan. Meskipun berada di bawah, namun suara yang dihasilkan tidak terhalang atau terganggu, karena posisi grill diletakan dengan sudut miring. Meski ukuran speakernya tidak begitu besar, namun suara yang dihasilkan masih tergolong memuaskan.

Untuk port dan konektor yang dimiliki perangkat ASUS ExpertBook P5440FA, di sisi kanan hanya terdapat port USB 3.1 dan slot SD Card.

{Baca juga: Review Asus ZenBook Flip UX362: Si Cantik & Powerful Buat Kerja Mobile}

Sedangkan di sisi kiri, terdapat port power, USB 3.1 Gen1, port HDMI, port USB Type-C (PD), dan port combo audio 3,5mm serta dua buah LED indikator.

Spesifikasi

Namanya juga laptop kelas militer untuk kalangan eksekutif, maka tentunya punya spesifikasi yang mumpuni. Asus ExpertBook P5440FA yang kami review sekarang telah menggunakan prosesor Intel Core i5-8265U (Whiskey Lake) dengan clock speed 1.8GHz dan maksimal mencapai 3,9 GHz.

Prosesor ini juga didukung dengan GPU integrated Intel UHD 620 dengan clock speed 300MHz hingga 1.1GHz. Karena ditujukan bagi orang-orang kantoran atau seorang eksekutif, maka Asus tidak menyertakan kartu grafis terpisah, yang biasanya digunakan untuk kebutuhan gamingrendering, dan lainnya.

Dari sisi memori, Asus ExpertBook P5440FA memiliki RAM dengan tipe SO-DIMM DDR4 2400MHz berkapasitas 8GB yang terpasang di satu channel. Jika pengguna ingin menambahkan kapasitas RAM, masih tersedia satu slot tambahan yang dapat diekspansi hingga 16GB.

Sedangkan untuk memori penyimpanan, ExpertBook P5440FA sudah menggunakan memori SSD NVme M.2, dengan kapasitas sebesar 256 GB. Merasa kekecilan, jika ingin menambahnya, bisa kok. Anda cukup memanfaatkan slot SATA yang tersedia di dalamnya. Laptop Asus tersebut juga telah ditopang oleh baterai 3-cells berkapasitas 50 Whr.

Untuk urusan konektivitasnya, laptop ASUS ExpertBook P5440FA memiliki konektivitas integrated Wi-Fi 5 (802.11 ac (2×2)), yang memungkinkan pengguna bisa terhubung dengan koneksi Wi-Fi 2,4GHz dan 5GHz. Selain itu, untuk koneksi wireless juga terdapat Bluetooth 4.2.

Tak usah repot-repot beli sistem operasi Windows 10 lagi, karena di dalamnya telah terpasang Windows 10 secara pre-installed.

Di dalam sistem, telah dilengkapi beragam fitur keamanan seperti Bitlocker, Enterprise Mode Internet Explorer (EMIE), Assigned Access 8.1, Domain Join, Group Policy Management, Remote Desktop, Client Hyper-V, dan Direct Access. Yang pastinya sangat cocok untuk kebutuhan para professional bisnis yang membutuhkan keamanan data ekstra.

Performa

Selama menggunakannya sebagai daily driver kami untuk bekerja, Asus ExpertBook P5440FA bisa dibilang enak digunakan, dan mampu menopang seluruh kegiatan multitasking kami sehari-hari. Misalnya saja, mengetik, membuka tab browser lebih dari satu, mendengarkan musik, mengedit foto, sampai streaming video.

Meski demikian, kami tak lupa untuk menggunakan aplikasi benchmark untuk mengetahui pasti performa dari laptop ASUS ini. Kami menggunakan Cinebench R15, 3DMark, PCMark dan juga CrystalDisk Mark untuk melakukan benchmark. Berikut hasil pengujian dari keempat aplikasi benchmark tersebut, termasuk pengujian baterai.

Cinebench R15

Cinebench adalah aplikasi yang digunakan untuk mensimulasikan proses render 3D yang dapat dilakukan oleh sebuah notebook. Angka yang ditampilkan mewakili seberapa hebat perangkat dalam memproses render 3D.

Semakin tinggi angkanya, maka akan semakin baik. Dalam pengujian Cinebench, ditampilkan juga pengujian CPU dan juga Open GL.

3DMark 

3DMark adalah aplikasi benchmark yang mensimulasikan kinerja proses grafis yang dapat dilakukan pada sebuah perangkat. Semakin tinggi angka yang dihasilkan, tentu semakin baik. Berikut perolehan benchmark yang kami lakukan:

PCMark

PCMark merupakan tools benchmarking yang akan menampilkan skor untuk mewakili kinerja perangkat pada penggunaan sehari-hari. Seperti misalnya browsing, video conference, edit foto edit video, texting, membuat dan menampilkan slide, serta juga melakukan penghitungan.

3DMark Night Raid

CrystalDiskMark

Untuk menghitung kinerja dari memori penyimpanan, kami menggunakan CrystalDiskMark. Aplikasi ini akan secara simultan bekerja untuk menilai seberapa cepat kemampuan baca dan tulis memori yang digunakan pada perangkat tersebut. Semakin tinggi angka yang dihasilkan, tentu semakin baik.

{Baca Juga: Review ASUS ROG Phone II: Spek Gahar, Main Game Puas!}

Melihat secara keseluruhan dari hasil benchmark untuk review Asus ExpertBook P5440FA  ini, tampak jelas bahwa laptop ini memiliki performa CPU yang tinggi. Berkat prosesor Intel Core i5-8265U (Whiskey lake) memperlihatkan bahwa laptop ASUS ini memang lancar jaya untuk digunakan dalam berbagai aktivitas.

Tapi untuk urusan grafis, sepertinya pengguna harus puas bahwa laptop ini memang tidak bisa digunakan untuk bermain game dengan grafis tinggi, sebab Asus ExpertBook P5440FA hanya dibekali dengan integrated GPU Intel HD 620.

Baterai

Asus ExpertBook P5440FA dibekali dengan baterai berkapasitas 50Whr. Lantas, bagaimana kecepatan ngecasnya?

Berdasarkan aplikasi Battery Info, untuk pengisian baterai dari kondisi 5% hingga penuh, dibutuhkan waktu selama kurang lebih 2 jam. Tergolong biasa saja jika dibandingkan dengan pengisian baterai di laptop sekelas dengan kapasitas baterai yang sama. Adapun adaptor pengisiannya memiliki output sebesar 65W (19V/342A).

Sedangkan untuk masa pemakaian, selama melakukan review Asus ExpertBook P5440FA, kami mengujinya dengan memutar video Full HD secara looping. Dalam keadaan mode Best Performance, laptop ini mampu memutar video selama sekitar 9 jam.

Hal tersebut cukup sesuai dengan ekspektasi kami, bahwa laptop ini memang memiliki kemampuan baterai yang sangat baik. Untuk pemakaian sehari-hari dalam mode Better Performance, laptop dapat digunakan hingga 10 jam tanpa terhubung dengan pengisian daya.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari keseluruhan review ASUS ExpertBook P5440FA, sebagai laptop yang ditujukan untuk kalangan bisnis, eksekutif, sampai karyawan kantoran, Asus ExpertBook P5440FA memiliki kinerja yang powerful berkat dukungan prosesor Intel Core i5-8265U (Whiskey Lake).

Buktinya, laptop tersebut mampu diajak bekerja secara multitasking dalam satu waktu. Meskipun memang untuk urusan grafis, kami cukup menyayangkan ketiadaan GPU discrete, dan performa Intel Graphics 620 yang cenderung kurang memuaskan.

Kami sama sekali tidak merekomendasikan laptop ini untuk bermain game berat apalagi melakukan render video.

Desain sederhana, ya. Tapi kalau soal ergonomis, Asus ExpertBook P5440FA mendapatkan acungan jempol dari kami. Berbobot 1,2 kg, tidak membuatnya kehilangan durabilitas.

Keunggulan lain yang ditawarkan laptop Asus ExpertBook P5440FA yaitu daya baterai yang tahan lama. Untuk kalangan pekerja yang mobile, bekerja menggunakan laptop biasanya tidak mengenal tempat dan waktu. Sehingga, laptop tersebut kami nilai bisa mengakomodir kebutuhan para pekerja mobile juga.

Secara sistem pun kami berikan nilai bagus untuk ExpertBook P5440FA. Selain telah dilengkapi Windows 10 secara pre-installed, laptop ini pun telah disematkan beragam sistem keamanan. Mulai dari sensor fingerprint, sampai sistem keamanan yang cocok untuk kalangan pebisnis dengan segudang data-data penting.

ASUS ExpertBook P5440FA dibanderol dengan harga (MSRP) Rp 13.899.000. Harga yang ditawarkan mungkin masih terbilang tinggi, namun melihat kenyamanan yang ditawarkan dan keamanan ekstra dari hardware dan software, sepertinya laptop ini memang layak dibanderol dengan harga yang tinggi untuk kalangan pebisnis. (IR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Spesifikasi Redmi 9 Bocor, Ditopang MediaTek Helio G80

Telset.id, Jakarta - Usai Redmi Note 9 Series, Xiaomi bersiap untuk menghadirkan Redmi 9 tak lama lagi. Baru-baru ini, muncul...

Rekomendasi 7 Game Android Seru dan Anti Bosan, Yuk Dicoba!

Telset.id - Selama work from home atau bekerja dan belajar dari rumah, pasti Anda merasakan bosan. Nah, untuk mengusir rasa...

JD.ID Upgrade SOP Pengiriman Paket untuk Atasi Covid-19

Telset.id, Jakarta - JD.ID yang meningkatkan SOP pengiriman paket dan mengadakan gerakan #DiRumahAja dan #DijaminSampai. JD.ID melakukannya untuk mendukung...

Pasukan Luar Angkasa AS Ikut Perangi Pandemi Virus Corona

Telset.id, Jakarta - Space Force atau pasukan luar angkasa AS yang baru dibentuk menjalani misi untuk mencegah pandemi virus...

Apple Turut Hadirkan Situs dan Aplikasi Informasi Covid-19

Telset.id, Jakarta - Google sudah meluncurkan situs informasi akurat mengenai wabah virus corona atau Covid-19. Tak mau kalah, Apple...
- Advertisement -