15 Aplikasi untuk Pelajar yang Wajib Ada di HP, Buat Belajar Online!

Telset.id – Di era pandemi seperti sekarang, banyak siswa yang harus belajar online. Untuk itu, Telset akan merekomendasikan aplikasi untuk pelajar yang bisa diunduh dan menjadi aplikasi yang harus dimiliki pelajar dan bermanfaat buat belajar online

Dengan menggunakan aplikasi untuk pelajar tersebut, kamu bisa belajar dengan maksimal di rumah, selama belum bisa kembali masuk sekolah.

Saat ini banyak aplikasi yang berguna untuk pelajar yang bisa diunduh secara gratis di HP Android dan iPhone. Aplikasi yang harus dimiliki pelajar ini bisa digunakan untuk berbagai aktifitas belajar.

Baca juga: 15 Laptop Murah untuk Mahasiswa 2022, Harga 2 Juta – 5 Jutaan

Mulai dari aplikasi untuk mengerjakan tugas harian dari sekolah, pekerjaan rumah, hingga aplikasi video conference untuk berdiskusi dengan teman dan guru.

Pada tulisan kali ini, tim Telset akan merekomendasikan aplikasi untuk pelajar yang harus dimiliki pelajar. Mau tahu aplikasi untuk pelajar apa saja? Yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Microsoft Office Lens

Aplikasi untuk Pelajar Aplikasi belajar online
Microsoft Office Lens

Aplikasi  Microsoft Office Lens menjadi aplikasi untuk pelajar yang wajib kamu punya. Melalui Lens, kamu bisa mengubah tulisan di buku atau catatan di papan tulis menjadi file dalam format Word, Power Point atau PDF hanya dengan memotret dokumen tersebut.

Aplikasi bermanfaat untuk pelajar buatan Microsoft ini memudahkan kamu jika ingin menyalin setiap materi dengan lebih cepat. Yang semakin menarik, Office Lens juga bisa meningkatkan gambar dan menghilangkan bayangan sehingga kalian bisa membaca materi dengan baik.

Download Microsoft Office Lens 

2. Smart Ruler

Aplikasi untuk Pelajar Aplikasi belajar online
Smart Ruler

Di era digital, penggaris tak lagi berupa fisik dari bahan plastik atau kayu, tapi sudah dibuat dalam bentuk aplikasi. Ya, aplikasi bernama Smart Ruler ini menjadi aplikasi yang wajib dimiliki pelajar atau mahasiswa jika lupa membawa penggaris fisik.

Aplikasi yang wajib dimiliki pelajar ini menampilan penggaris dalam layar smartphone yang terlihat seperti penggaris pada umumnya. Saat menggunakannya, kamu bisa mengukur dengan berbagai satuan ukuran, seperti cm, mm, dan bahkan bisa untuk mengukur dengan satuan meter.

Download Smart Ruler 

Baca juga: Laptop Chromebook: Apa Itu, Kelebihan dan Kekurangannya

3. Simple Mind Free

aplikasi untuk pelajar Aplikasi belajar online
Simple Mind Mapping

Aplikasi ini memudahkan kamu untuk mengatur ide menjadi lebih sistematis. Melalui mind mapping, kamu bisa mengatur tahap-tahap proyek sebelum memulainya. Simple Mind juga bisa dipakai untuk mengatur kegiatan sekolah, baik di kelas ataupun ekskul.

Aplikasi Simple Mind Free pun mempunyai banyak konsep mind mapping yang bisa dipilih. Diharapkan melalui aplikasi ini, kamu dapat mengatur kegiatan sehari-hari mereka saat berada di sekolah dengan lebih tertib.

Download Simple Mind Free

4. Zoom

aplikasi yang wajib dimiliki pelajar
Zoom

Aplikasi yang satu ini menjadi sangat popular sejak terjadi pandemi Covid-19, karena banyak dipakai siswa untuk belajar online. Zoom menjadi aplikasi yang berguna untuk kamu para pelajar saat dikeluarkannya aturan school from home alias sekolah dari rumah.

Aplikasi video conference ini akan memudahkan pelajar untuk bergabung pada kelas online via smartphone atau tablet. Dengan menggunakan aplikasi Zoom di ponsel atau PC, kamu bisa mengikuti materi belajar online dari guru dengan maksimal.

Download ZOOM 

Baca juga: Cara Beli dan Aktifkan Paket Telkomsel Zoom Pro

5. Mathway

aplikasi yang wajib dimiliki pelajar
Mathway

Salah satu mata pelajaran yang dinilai sulit oleh para siswa adalah matematika. Acapkali para siswa tidak mendapatkan nilai yang maksimal dari mata pelajaran tersebut.

Namun kini ada aplikasi untuk pelajar yang dapat membantu dalam mengerjakan matematika. Melalui aplikasi bermanfaat untuk pelajar ini, siswa seperti kamu bisa mengerjakan soal dengan mudah karena aplikasi ini mencakup materi aljabar, trigonometri, statistik dan kimia.

Download Mathway

6. Google Classroom 

aplikasi bermanfaat untuk pelajar
Google Classroom

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi favorit untuk pelajar dan juga guru. Melalui Google Classroom para guru bisa membagikan tugas dan materi pelajaran. Sedangkan siswa bisa mengirim tugas yang diberikan lewat Classroom.

Classroom merupakan aplikasi Android yang wajib dimiliki pelajar. Alasannya karena Classroom dapat menghemat waktu dan kertas dan memudahkan kamu untuk berkomunikasi dengan para guru.

Download Google Classroom 

7. Power Planner: Homework/Grades 

aplikasi bermanfaat untuk pelajar
Power Planner

Aplikasi bermanfaat untuk pelajar berikutnya adalah Power Planner. Aplikasi yang harus dimiliki pelajar dan mahasiswa ini memungkinkan kamu untuk mengatur jadwal kegiatan harian, mingguan dan bulanan supaya lebih teratur.

Kenapa aplikasi yang berguna untuk pelajar ini harus ada di HP kamu? Karena tantangan bagi para pelajar adalah menghadapi banyak tugas harian, pekerjaan rumah atau tugas-tugas lainnya. Dampaknya kamu sering lupa mengerjakan tugas karena tidak bisa mengatur waktu.

Download Power Planner 

Baca juga: 15 Aplikasi Nonton TV Online Gratis, Android dan PC

8. ColorNote Catatan Notepad Notes

aplikasi yang harus dimiliki pelajar
ColorNote

Aplikasi untuk pelajar lainnya adalah ColorNote Notepad Notes. ColorNote merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat catatan-catatan penting lewat smartphone. Tersedia banyak pilihan warna dan jenis tulisan sehingga tulisan semakin menarik.

Selain itu kamu juga bisa meletakan catatan kamu di tampilan depan smartphone. Tujuannya agar kamu bisa lebih mengingat catatan tersebut sehingga bisa melakukannya di waktu yang tepat.

Download ColorNote Catatan Notepad Notes 

9. CamScanner 

aplikasi yang harus dimiliki pelajar
CamScanner

CamScanner merupakan aplikadi android wajib untuk mahasiswa. Lewat CamScanner, kamu tidak perlu mengantre di penyedia jasa foto copy untuk melakukan scan dokumen.  Hal ini karena CamScanner bisa mengubah smartphone menjadi alat scan dokumen.

Cara memindai dokumen lewat CamScanner juga sangat mudah. Kamu tinggal buka  CamScanner, lalu arahkan kamera ponsel ke dokumen dan tunggu sampai scan selesai. Setelah itu kamu bisa simpan dokumen dalam format PDF atau JPG.

Download CamScanner

10. Tabel Periodik 2021

berguna untuk mahasiswa
Tabel Periodik 2021

Menghapal tabel periodik kimia semakin mudah dengan aplikasi Tabel Periodik 2021. Kamu tidak perlu repot membawa kertas tabel periodik karena menghapal tabel bisa melalui aplikasi ini.

Keunggulan aplikasi Tabel Periodik 2021 dibandingkan kertas tabel adalah bentuknya yang lebih ringkas dan lengkap. Lewat aplikasi kamu tidak hanya mengetahui nama unsur-unsur kimia saja namun juga gambar unsur kimia yang ada dalam tabel.

Download Tabel Periodik 2021

11. Kalkulator Plus Gratis 

berguna untuk mahasiswa
Kalkulator Plus Gratis

Mengerjakan soal matematika tidak lagi sulit berkat aplikasi Kalkulator Plus Gratis. Sebab kamu bisa menghitung dengan cepat soal-soal matematika yang ada di tugas harian atau pekerjaan rumah kamu.

Baca juga: Rekomendasi 15 Aplikasi Smartwatch Terbaik, Wajib Download!

Kalkulator Plus Gratis menyediakan menu untuk melakukan penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian hingga menghitung bilangan persen. Tidak hanya itu, aplikasi belajar online ini juga bisa diakses dalam mode landscape atau portrait.

Download Kalkulator Plus Gratis  

12. Physics Formulas Free

Aplikasi belajar online
Physics Formulas Free

Physics Formulas Free merupakan aplikasi untuk pelajar yang sedang mempelajari fisika. Aplikasi ini menyediakan beragam rumus fisika dalam 7 terbagi dalam 7 kategori yaitu mekanika, listrik, fisika termal, gerakan periodik, optik, fisika atom dan konstanta.

Aplikasi yang dikembangkan oleh NSC Co. ini juga tersedia dalam banyak bahasa seperti Inggris, Vietnam, Cina, Turki, Spanyol, Jerman, Prancis, Portugis, Rusia, Indonesia, Persia, Italia, Hindi dan Arab.

Download Physics Formulas Free

13. Google Translate 

Aplikasi belajar online
Google Translate

Google Translate merupakan aplikasi yang penerjemah bahasa yang bisa kamu gunakan untuk belajar Bahasa Inggris. Kamu bisa menerjemahkan banyak kata atau kalimat Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris atau sebaliknya.

Selain untuk belajar, aplikasi yang wajib dimiliki untuk pelajar ini juga bisa kamu gunakan ketika sedang berlibur bersama keluarga di luar negeri.

Download Google Translate 

14. Google Meet

Aplikasi Belajar online
Google Meet

Google Meet bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin melakukan belajar kelompok secara virtual. Lewat Meet, kamu bisa mengumpulkan anggota kelompok lain untuk membicarakan mengenai tugas kelompok.

Di Google Meet kamu bisa membicarakan tugas kelompok sambil melakukan presentasi virtual. Bagi kamu yang aktif di organisasi sekolah bisa menggunakan Meet untuk mengadakan seminar terbuka karena aplikasi ini bisa menampung hingga 250 pengguna.

Download Google Meet 

15. Brainly 

aplikasi Belajar online
brainly

Brainly adalah aplikasi yang dapat membantu kamu untuk mengerjakan tugas yang sulit. Kamu bisa mengajukan pertanyaan mengenai mata pelajaran yang sulit seperti matematika, fisika, kimia di Brainly untuk kemudian dijawab oleh para pelajar lainnya.

Baca juga: Muraah..!! 10 Laptop untuk Mahasiswa, Harga Mulai 3 Jutaan

Selain itu kamu juga bisa menjawab soal-soal mata pelajaran yang diajukan oleh pelajar lainnya. Brainly sendiri merupakan aplikasi terkenal karena memiliki 350 juta pengguna yang berasal dari kalangan siswa dan orang tua.

Download Brainly

Demikian rekomendasi aplikasi untuk pelajar yang wajib ada di smartphone. Semoga informasi ini bermanfaat dan silakan pilih aplikasi favorit kamu. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI