Qualcomm: Tahun 2019 Smartphone 5G Mulai Dijual

Telset.id, Jakarta – Teknologi 5G sudah di depan mata. Terbukti, beberapa negara maju seperti Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan, dan lainnya sudah mulai merampungkan infrastruktur jaringan seluler generasi kelima itu. Bahkan, di beberapa negara sudah akan mulai menjual smartphone 5G pada tahun 2019.

Hal itu diungkapkan oleh CEO Qualcomm Steven Mollenkopf, yang mengatakan bahwa pada 2019 nanti, ponsel dengan jaringan 5G akan suadah mulai dijual secara komersial.

[Baca juga: Penerus iPhone X akan Pakai Touch ID atau Face ID?]

Smartphone 5G akan dijual muali tahun 2019. Waktu yang sama dimana pengembangan 5G rampung dan siap digunakan di seluruh dunia,” ujar Steven Mollenkopf seperti dikutip dari laman ZDNet.

Dia membeberkan bahwa saat ini sudah ada beberapa perusahaan telekomunikasi di sejumlah negara, seperti di Amerika, Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan sudah mulai melakukan pendekatan ke pihak Qualcomm.

“Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Jepang menjadi pionir penggerak 5G. Permintaan pasar di lokasi tersebut tinggi. Namun, ada juga beberapa operator (di negara lain) yang tak mau ketinggalan,” jelasnya.

[Baca juga: Dua Jagoan Baru Google akan Dibanderol Rp 8,6 Jutaan?]

Saat ditanya kapan melakukan uji jaringan, Mollenkopf menjelaskan bahwa pengujian akan dilakukan sebentar lagi. Dia menyebutkan bahwa Qualcoom akan memulai uji jaringan dengan Vodafone di Inggris pada pertengahan 2017, dan dengan DoCoMo di Jepang pada awal 2018.

Selain itu, Qualcomm juga ikut membantu Verizon dalam menguji 11 jaringan percobaan 5G pra-komersial dengan Cisco, Samsung, Ericsson, Intel, LG, dan Nokia. [NC/HBS]

SourceZDNet

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI