Uji Performa Asus ROG Phone 3: Benchmark Tembus 614 Ribu!

Asus ROG Phone 3 Indonesia
Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

Telset.id, Jakarta – Asus ROG Phone 3 telah resmi hadir di Indonesia. Smartphone gaming ini ditopang spesifikasi papan atas nan gahar yang bikin kami tertarik untuk membahas performa ROG Phone 3 kali ini.

Ya, Asus ROG Phone 3 bisa dibilang sebagai ponsel pintar dengan spesifikasi tertinggi saat ini. Bagaimana tidak, smartphone tersebut ditopang oleh prosesor Snapdragon 865+ yang jadi chipset terkencang saat ini.

Qualcomm mengatakan kalau Snapdragon 865+ merupakan chipset mobile pertama mereka dengan clock-speed mencapai 3.1 GHz.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Asus Terbaru}

Prosesor ini dipadukan dengan RAM 8GB/12GB LPDDR5, memori penyimpanan 128GB/256GB UFS 3.1, serta baterai berkapasitas 6,000 mAh dengan dukungan fast charging 30W.

Lalu, bagaimana kemampuannya? Dalam uji performa kali ini, kami menggunakan 3 aplikasi benchmark, seperti AnTuTu Benchmark, 3DMark, hingga PCMark, serta aplikasi bantuan Battery Log untuk mengetahui performa keseluruhannya.

Dalam pengujian juga, kami memakai Asus ROG Phone 3 dengan model 8GB/128GB. Berikut hasilnya:

AnTuTu Benchmark Asus ROG Phone 3

Punya dapur pacu berupa prosesor Snapdragon 865+, pastinya skor AnTuTu dari Asus ROG Phone 3 gak bikin kecewa. Smartphone ini mencatatkan skor yang sangat tinggi mencapai 614 ribuan poin.

Berdasarkan menu Ranking di aplikasi AnTuTu Benchmark, skor ini membuat realme X50 Pro 5G bertengger di posisi kedua di daftar ponsel dengan performa terkencang versi AnTuTu, tepat di bawah Asus ROG Phone 3 dengan model 12GB/256GB dengan selisih 1.000-an poin.

3DMark

Kemampuan GPU Adreno 650 dari Asus ROG Phone 3 pun tak luput dari pengujian. Kemampuannya kami uji menggunakan aplikasi 3DMark dengan dua pengujian berbeda, yakni Sling Shot dan Sling Shot Extreme.

Di 3DMark, ROG Phone 3 memperoleh skor 9.736 poin dalam pengujian Sling Shot. 3DMark bahkan menyebutkan kalau smartphone tersebut memiliki skor yang lebih baik dari 99% ponsel yang pernah diuji sampai saat ini.

Sedangkan untuk Sling Shot Extreme OpenGL dan Vulkan, masing-masing skor yang diperoleh adalah 7.709 poin dan 6.942 poin.

{Baca juga: Review Asus ZenBook 13 UX325: Desain Cantik, Mobilitas Handal}

PCMark

Siapa bilang HP gaming gak bisa diajak untuk serius, seperti bekerja dan lainnya? Melalui pengujian PCMark, kami pun membuktikan kalau ROG Phone 3 memang mumpuni untuk urusan multi-tasking, membuka persentasi, live streaming, dan pekerjaan normal lainnya.

Asus ROG Phone 3 Indonesia

Pasalnya, smartphone ini memperoleh skor 14.594 poin. Skor tersebut bisa dibilang masuk ke jajaran poin khusus ponsel kelas atas.

Uji Baterai Asus ROG Phone 3

ROG Phone 3 ditopang oleh baterai 6,000 mAh dengan dukungan fast charging 30W. Kami melakukan pengujian dengan memutar video YouTube di resolusi 1080p tanpa henti dan mencatatnya menggunakan aplikasi Battery Log.

Hasilnya, ROG Phone 3 mampu bertahan hampir 16 jam dengan baterai tersisa 3%. Daya tahan ini terbilang biasa saja sebenarnya untuk sebuah ponsel dengan baterai 6,000 mAh.

Sebab, smartphone kelas atas lainnya dengan baterai 4,500 mAh dan prosesor Snapdragon 865 saja sanggup bertahan hingga 17 jam dengan baterai tersisa 5%.

Sekarang berbicara tentang kecepatan charging-nya. Output 30W sebenarnya tergolong besar untuk sebuah teknologi fast charging. Tapi, apakah cukup cepat untuk mengisi baterai 6,000 mAh?

Berdasarkan pengujian kami, ngecas cari 4% sampai penuh membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam. Apabila dijabarkan, 10 menit pertama baterai sudah terisi sekitar 13%.

{Baca juga: Review Realme X50 Pro 5G: Performa Kencang, Main Game Maksimal}

Dalam waktu 30 menit, baterai sudah mencapai 39% atau terisi sekitar 35%. Sedangkan ketika kami ngecas selama sejam, baterai telah terisi hingga 72%. Kecepatan charging cenderung menurun ketika mencapai 90%.

Asus ROG Phone 3 sendiri beredar di Indonesia dalam dua varian. Model terendah dengan RAM dan storage 8GB/128GB dibanderol dengan Rp 9,9 jutaan. Sedangkan Asus ROG Phone 3 model 12GB/256GB dilepas di harga 14,9 jutaan dengan bundling AeroActive Cooler 3. (MF)

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here