Review Asus ZenBook 13 UX325: Desain Cantik, Mobilitas Handal

Asus ZenBook 13 UX325

Telset.id – Asus menjadi salah satu produsen laptop yang cukup rajin merilis berbagai laptop yang sesuai kebutuhan pengguna. Terbaru yang masuk ke meja review kami adalah Asus ZenBook 13 UX325 yang ditujukan bagi pengguna dengan mobilitas tinggi.

Bekerja secara mobile sudah menjadi tren bagi para pekerja di generasi sekarang ini. Seolah sudah menjadi kebutuhan untuk menggunakan perangkat pendukung pekerjaan seperti laptop yang ringkas dan mudah dibawa kemana-mana.

Tapi tentu tak cuma ringkas, urusan performa juga tidak boleh dikesampingkan. Berbekal performa yang maksimal, tentu sisi fungsional sebuah laptop juga semakin dimaksimalkan.

Dan kali ini, Asus menghadirkan ZenBook 13 UX325 dengan keunggulan dari segi desain yang ringan dan ringkas, serta performa dan daya tahan yang disebut bisa diandalkan. Seperti apa kelebihan dan kekurangannya? Yuk simak review Asus ZenBook 13 UX325 berikut ini. Enjoy!

Desain

Asus ZenBook 13 UX325

Dari segi desain, Asus ZenBook 13 UX325 tetap mempertahankan ciri khas sebagai laptop yang mewah dan elegan. ZenBook 13 berbalut warna Pine Grey yang kami uji kali ini berhasil memancarkan aura tersebut.

Material dari laptop ini dibuat dari bahan aluminium alloy yang dibentuk dengan desain diamond-cut yang sangat presisi, sehingga membuat bodinya terlihat lebih mewah serta memiliki kesan premium yang kuat.

Salah satu ciri khas ZenBook kembali hadir di ZenBook 13, yaitu desain “Zen” yang melingkar pada bagian belakang layarnya. Desain ini dibuat melalui proses panjang dengan finishing khusus dan memberikan sentuhan khusus pada laptop satu ini.

Tidak cuma desainnya aja yang sedap dipandang, sebagaimana yang tadi telah kami sebutkan di atas, ZenBook 13 ini memang sangat ringan dan ringkas. Ketebalannya cuma 13,9 mm dan beratnya hanya 1,07 kg saja. Benar-benar memudahkan saat harus dibawa kemana-mana.

Laptop ini punya layar yang terbentang seluas 13 inci dengan resolusi Full HD. Asus juga masih menggunakan teknologi nano edge, ini bikin bezel jadi lebih tipis dan membuat layar terasa lebih luas. Bahkan, rasio ke bodi laptop ini mencapai 88%.

{Baca Juga: Dihajar Pandemi Covid-19, Penjualan Laptop dan Tablet Meroket}

Cantik di luar, tangguh di dalam. Laptop ini sudah mengantongisertifikasi lolos uji standar militer AS (MIL-STD 810G). Laptop ini sudah lolos berbagai pengujian berstandar militer yang bisa dibilang cukup ekstrem.

Mulai dari uji fungsional di ketinggian hingga lebih dari 15.000 kaki, uji jatuh dari ketinggian 100mm dalam keadaan hidup dan diuji di setiap sudut jatuh, hingga uji operasional di suhu rendah yaitu hingga -33 derajat Celcius.

ZenBook 13 ini juga cukup nyaman buat yang sering menggunakan laptop untuk kegiatan mengetik. Berkat adanya teknologi ErgoLift di bagian engselnya, bodi laptop bakal terangkat dan bikin posisi ngetik di laptop jadi lebih nyaman.

Asus ZenBook 13 UX325

Gak cuma itu aja, teknologi ErgoLift ini ternyata juga bikin proses pendinginan makin maksimal berkat rongka udara ekstra dari posisi bodi utama yang terangkat.

Ada hal yang menarik juga di bagian bawah keyboardnya. Apalagi kalau bukan touchpad yang juga bisa disulap sebagai numpad.

Cara menggunakannya juga cukup mudah. Tekan saja ikon kecil di sudut kanan atas touchpad. Maka akan muncul NumberPad dengan pencahayaan LED di bagian touchpad. Inovasi ini bikin laptop punya ukuran yang ringkas, tapi tetap ada numpad di dalamnya.

Asus ZenBook 13 UX325

Bagian keyboard juga mendapat perhatian dari Asus. Keyboard milik ZenBook 13 didesain dengan ukuran yang lebih lebar dan tombol yang lebih besar. Desain ini bikin keperluan mengetik juga jadi lebih nyaman. Ditambah lagi feel saat ditekan yang memang terasa empuk menambah kenyamanan pengguna.

Untuk urusan port terbilang lengkap, hanya saja jumlahnya kurang banyak. Di laptop ini Anda akan menemukan dua port USB Type C yang juga berfungsi sebagai port Thunderbolt 3, 1 port HDMI, 1 port USB 3.1 dan slot microSD reader.

{Baca Juga: Asus Zenfone 7 dan 7 Pro Tidak Masuk Indonesia, Ini Alasannya}

Satu buah port USB 3.1 ini kami rasa agak cukup merepotkan, jika Anda ingin menggunakan mouse tambahan sembari mencolokkan flashdisk misalnya. Mau tak mau Anda harus mengorbankan salah satunya.

Namun “keterbatasan” port ini masih bisa dimaklumi. Pasalnya, ini dilakukan agar ketebalan dari laptop bisa dijaga setipis mungkin dengan mengurangi jumlah port yang ada, tapi tidak mengorbankan kelengkapannya.

 

Spesifikasi

review asus zenbook 13

Tidak hanya mempunyai kelebihan dari desainnya yang ringkas, Asus ZenBook 13 juga menawarkan kinerja yang bisa diandalkan. Intip saja dapur pacunya, tertanam prosesor Intel Core generasi ke -10.

Asus menyediakan dua varian prosesor yang bisa dipilih pengguna. Varian pertama hadir dengan Intel Core i5-1035G1 yang memiliki kecepatan hingga 3,6 GHz. Serta varian kedua dengan Intel Core i7 dengan kekuatan mencapai 3,9 GHz.

Mendukung kinerja prosesornya, laptop ini ditenagai oleh GPU terintegrasi Intel Iris Plus Graphics. Berbeda dengan GPU Intel HD Graphics, Intel Iris Plus Graphics memiliki performa yang lebih tinggi. Meski demikian, GPU Intel Iris Plus tetap hadir dengan konsumsi daya yang sangat rendah.

Sebagai penyimpanan, tertanam NVMe PCIe 3.0 x4 SSD berkapasitas 512GB. Penggunaan SSD ini jelas akan membuat proses booting laptop atau loading aplikasi jadi lebih singkat.

Sedangkan pada memorinya, ZenBook 13 sudah menggunakan RAM berjenis LPDDR4X terbaru yang memiliki kapasitas 16 GB.

Untuk urusan daya tahan baterainya, ZenBook 13 hadir dengan kapasitas baterai yang lebih besar dibandingkan pendahulunya yaitu ZenBook 14 UX433. ZenBook generasi terbaru ini mengadopsi baterai berkapsitas 67Whr.

{Baca Juga: Jangan Kaget! Ini Spesifikasi dan Harga Lengkap Asus ProArt}

Sama seperti seri ZenBook sebelumnya, ZenBook 13 juga dilengkapi degan 3D IR camera yang sudah mendukung fitur Windows Hello. Berkat kamera ini, Anda bisa masuk ke dalam sistem tanpa harus mengetikkan password.

Cukup biarkan ZenBook 13 memindai wajah dan Anda akan diberikan akses untuk masuk ke dalam sistem. Windows Hello tdiak hanya membuat proses login menjadi lebih mudah dan cepat, tetapi juga lebih aman.

Laptop anyar ini juga telah dilengkapi dengan konektivitas wireles menggunakan WiFi 6. WiFi generasi terbaru tersebut memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi dan latensi yang lebih rendah.

Asus juga menghadirkan fitur WiFi Master yang memungkinkan ZenBook 13 mampu menangkap sinyal WiFi lebih baik. Selain itu terdapat juga Bluetooth 5.0 yang dapat digunakan untuk menghubungkan berbagai aksesori mulai dari headphone hingga mouse.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here