Review Poco M5: Performa Gaming Ngegas, Kamera Agak Loyo

Telset.id – Poco M5 menggebrak pasar entry-level, dengan mengklaim memiliki performa yang tangguh dan harga yang ekstrem. Nyatanya, berdasarkan hasil review Poco M5 ternyata performa gaming smartphone ini memang tidak bisa dianggap remeh.

Poco M5 hadir ke Indonesia bersama Poco M5s. Khusus untuk Poco M5, HP Xiaomi terbaru ini menawarkan keunggulan segi performa sehingga dinilai sanggup menemani pengguna untuk kegiatan sehari-hari, serta hiburan seperti bermain game atau streaming video.

Apalagi Poco M5 ditenagai oleh MediaTek Helio G99 dengan dukungan fitur MediaTek Hyper Engine 2.0 Lite dan Game Turbo 5. Sementara layarnya memakai panel DotDrop Display 6,58 inci dengan resolusi Full HD+ serta refresh rate hingga 90 Hz.

Lantas dengan chipset MediaTek Helio G99, dan layar yang lebar apakah Poco M5 bisa dikatakan sebagai smartphone entry-level yang tangguh. Tim Telset, berkesempatan untuk melakukan review terhadap Poco M5 dan berikut ini ulasan lengkapnya untuk Anda.

BACA JUGA: 

Desain 

desain M5

Poco M5 memiliki dimensi 163,99 x 76,09 x 8,9 mm dengan bobot 201 gram. Varian warnanya ada Black, Green dan Yellow dengan body HP berbahan polikarbonat dan tekstur kulit yang kesat.

Sedangkan untuk kamera, Poco M5 menggunakan body yang lebih mengkilap dan ada tulisan Poco untuk memperkuat identitas produk. Beralih ke depan, dimana HP terbaru Xiaomi ini memakai layar berukuran 6,58 inci dengan desain kamera water drop.

Selanjutnya untuk frame memakai berbahan plastik yang kokoh. Di sisi kanan HP, ada tombol power sekaligus fingerprint dan tombol untuk mengatur volume. Sisi bagian atas terdapat IR Blaster, dan headphone jack 3,5 mm.

Bagian kiri terdapat slot untuk 2 SIM Card dan 1 microSD. Bawahnya dipasang Mic, USB Type-C, dan speaker mono. Dari segi desain, penempatan body bertesktur kulit membuat HP ini nyaman digenggam dan bersih, karena tidak membuat bekas sidik jari.

Lalu pilihan warnanya juga menarik, sehingga kamu tidak perlu memberikan soft case tembahan supaya HP terlebih lebih menawan. Secara keseluruhan, desain HP ini cukup memuaskan sebagai HP kelas menengah.

Layar dan Audio 

layar audio poco m5

Soal layar, Poco M5 memakai panel DotDrop Display 6,58 inci dengan resolusi Full HD+ serta refresh rate hingga 90 Hz. Layarnya juga dilengkapi fitur Sunlight Display sehingga layar tetap nyaman dilihat walaupun berada di bawah sinar Matahari.

Tidak ketinggalan ada pula perlindungan Corning Gorilla Glass, sehingga layar HP tidak mudah pecah. Kemudian untuk audio, dipasangkan speaker mono yang terletak di bagian bawah HP.

BACA JUGA: 

Spesifikasi layar Poco M5 cukup mewah, dengan refresh rate hingga 90 Hz, dan dukungan Sunlight Display serta Gorilla Glass. Perpaduan spesifikasi layar Poco M5 bisa dipakai untuk gaming seperti bermain PUBG Mobile dengan lancar tanpa lag, meski tidak bisa menggunakan pengaturan rata kanan.

Lalu, adanya Sunlight Display dan Gorilla Glass membuat HP ini tangguh diajak beraktivitas ke luar ruangan. Tidak ada kendala berarti saat saya memakai HP ini untuk melakukan mobilitas sehari-hari baik di pagi atau siang hari yang terik.

Sayangnya untuk aspek audio, Poco hanya menyematkan speaker tunggal sehingga kualitas suara HP ini kurang menggelegar.

Performa 

performa review Poco M5

Seperti sudah disinggung di awal kalau dapur pacu Poco M5 memakai chipset MediaTek Helio G99 serta fitur MediaTek Hyper Engine 2.0 Lite dan Game Turbo 5 untuk mendukung performa gaming smartphone.

Bukan cuma itu, chipset HP Xiaomi untuk gaming ini dipadukan oleh RAM 4 GB dengan Expandable RAM hingga 2 GB. Kapasitas memorinya juga cukup besar yang terdiri dari 2 jenis yakni 64 GB dan 128 GB.

Sementara untuk pemakaian sehari-hari, dipasangkan baterai sebesar 5000 mAh dan fast charging 18W. Dengan spesifikasi tersebut, Poco M5 menawarkan performa yang kencang untuk dipemakaian multitasking, dan gaming atau bermain game.

Smartphone ini tidak rewel, meski saya sering berpindah dari aplikasi satu ke aplikasi lainnya dengan cepat. Misalnya kala sedang asyik streaming video di YouTube, tiba-tiba harus membuka email atau Instagram untuk keperluaan pekerjaan dan komunikasi.

Pengalaman serupa saya dapatkan kala memakai smartphone untuk bermain game. Selama proses review tidak ada kendala dalam penggunaan Poco M5 untuk bermain game seperti PUBG Mobile, Free Fire atau game kasual Stumble Guys.

Walaupun sekedar catatan, kalau HP ini tidak bisa rata kanan untuk game-game berat seperti PUBG Mobile tetapi saya cukup puas bermain game di HP ini karena tidak mengalami lag atau error.

Dalam mengetahui performa smartphone tidak lengkap rasanya kalau tidak menggunakan aplikasi Benchmark. Jadi, saya menguji kekuatan Poco M5 menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark, PC Mark dan 3D Mark.

1. AnTuTu 

Pengujian benchmark diawali dengan menggunakan AnTuTu. Hasilnya Poco M5 berhasil meraih 332.614 poin. Skor yang memuaskan untuk HP kelas pemula dan membuktikan kalau HP ini kokoh dipakai sehari-hari.

AnTuTu Poco M5

2. PC Mark 

Berikutnya mengggunakan aplikasi PC Mark, yang saya pakai untuk menguji performa HP dan daya tahan baterai. Soal performa HP, Poco M5 mampu memperoleh Work 3.0 Performance Score sebesar 8824 poin.

Hasil PC Mark Poco M5

Hasil ini mempertegas kalau HP ini sangat bertenaga, dan “ngegas” seperti klaim yang diungkapkan Poco Indonesia terkait Poco M5.

3. 3D Mark 

Poco M5 mampu melewati beberapa pengujian yang ada di aplikasi 3D Mark, mulai dari mulai dari Wild Life hingga Sling Shot Extreme. Skor yang diperoleh juga memuaskan dengan skor tertinggi mencapai 2.592 poin untuk Sling Shot Extreme. Berikut daftar selengkapnya:

BACA JUGA:

  • Overall Score Wild Life: 1237 poin
  • Overall Score Wild Life Xtreme: 342 poin
  • Best Loop Score Wild Life Extreme Stress Test: 344 poin
  • Best Loop Score Wild Life Stress Test: 1245 poin
  • Overall Score Sling Shot: 3515 poin
  • Overall Score Sling Shot Extreme – OpenGL 3.1: 2592 poin.

Hasil 3D Mark

Baterai 

Poco M5 menambah daftar HP Baterai 5000 mAh, yang beredar di pasaran dengan dukungan fast charging 18W. Meski kapasitas baterainya hampir sama dengan smartphone yang sudah ada, tetapi baterai HP Poco ini tahan lama.

Merujuk pada pengujian menggunakan PC Mark ternyata daya tahan baterai atau Work 3.0 battery life mencapai 23 jam lebih 31 menit alias hampir seharian penuh. Jadi pengguna Poco M5 tidak perlu sering-sering melakukan pengisian, karena daya tahan baterai sangat lama.

Daya Tahan Baterai Poco M5

Adapun durasi pengisian HP terbilang standar, karena dibutuhkan waktu 2 jam untuk pengisian baterai dari 0% sampai 100%.

Kamera 

kamera poco m5

Ulasan yang tidak boleh dilewatkan adalah bagian kamera. Poco M5 dilengkap spesifikasi 50 MP Triple Camera Hi-Resolution yang terdiri dari kamera utama 50MP, kamera depth 2MP, dan kamera macro 2MP. Di bagian depan ada kamera selfie 5MP.

Berikutnya terdapat pula beberapa fitur lain seperti Night Mode, Portrait Mode, 50MP mode, Panorama, Pro Mode dan lain sebagainya. Sedangkan untuk video, tersedia fitur Slow Motion, Short Video dan Time Lapse dengan kualitas video hingga 1080p.

Selama proses review, kami menguji beberapa fitur foto yang ada di Poco M5 dan hasilnya cukup memuaskan. Kami menggunakan foto dengan mode normal, memakai Portrait Mode, 50 MP Mode dan foto yang dihasilkan cukup detail, dan natural.

Di sisi lain untuk pengambilan foto di malam hari, fitur Night Mode di Poco M5 tidak mampu memberikan hasil foto yang detail karena cahaya pada foto masih rendah sehingga penampakan objek tidak jelas.

kamera poco m5
Hasil kamera 50 MP Mode
kamera poco M5
Hasil 50 MP Mode Camera
Hasil Photo Mode
Hasil Photo Mode atau Mode Normal
Hasil Macro Mode Camera
Hasil Macro Mode Camera
Hasil Night Mode Camera
Hasil Night Mode Camera
Hasil Night Mode Camera
Hasil Night Mode Camera

Kesimpulan 

Review Poco M5

Di Indonesia Poco M5 dijual dengan harga Rp 2.199.000 untuk RAM 4 GB dan memori 64 GB. Sedangkan untuk RAM 4 GB dan memori 128 GB harganya Rp 2.399.000. Kedua versi Poco M5 ini sudah tersedia di pasaran sejak 11 November 2022 di mitra resmi Poco baik di toko offline atau e-commerce.

Dengan harga Rp 2 jutaan, apakah Poco M5 layak untuk Anda beli di akhir tahun 2022 ini? Poco M5 memiliki sejumlah kelebihan seperti menawarkan performa gaming yang tangguh, kapasitas RAM yang besar dan baterai yang tahan lama.

Meski begitu, Poco M5 bukan tanpa celah karena merujuk pada hasil review Poco M5 perfoorma speaker kurang kencang dan juga Night Mode Camera yang tidak memberikan gambar yang maksimal.

BACA JUGA: 

Namun, terlepas dari kekurangan tadi Poco M5 bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin mencari smartphone dengan perform gaming yang ngegas dan harga Rp 2 jutaan.

Kelebihan Poco M5 

  • Pakai chipset gaming MediaTek G99
  • Layar Full HD+ dengan refresh rate hingga 90 Hz
  • Baterai tahan lama
  • Sudah mendukung NFC.

Kekurangan Poco M5 

  • Hasil Night Mode Camera kurang detail dan natural
  • Speaker kurang menggelegar.

Spesifikasi Poco M5

  • Rilis: November 2022 (Indonesia)
  • Network: GSM / HSPA / LTE
  • Layar: DotDrop Display 6,58 inci, resolusi Full HD+
  • OS: Android 12, MIUI 13
  • Chipset: MediaTek MT8781 Helio G99 (6nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G57 MC2
  • RAM: 4 GB
  • Memori: 64 GB, 128 GB
  • Dimensi: 163,99 x 76,09 x 8,9, bobot 201 gram
  • Kamera Utama: 50 MP (wide) + 8 MP (ultrawide) + 2 MP (macro) + 2 MP (depth)
  • Kamera Depan: 13 MP
  • Baterai: 5.000 mAh, Fast Charging 33W
  • NFC: Yes
  • Warna: Black, Green dan Yellow
  • Harga: Rp 2.199.000 (4 GB/64 GB), Rp 2.399.000 (4 GB/128 GB).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0