5 Fitur Kunci MediaTek Helio G99, Otak Dibalik Poco M5

Telset.id, Jakarta – Poco M5 series resmi diperkenalkan di pasar Indonesia pada 8 November 2022 lalu. Diantara sejumlah keunggulan yang dibawanya, salah satunya adalah di sektor dapur pacu, dimana smartphone berharga 2 jutaan ini diotaki oleh chipset milik Mediatek, Helio G99.

Poco M5 series sendiri, seperti diungkapkan Andi Renreng, Head of Marketing POCO Indonesia merupakan smartphone yang ditujukan bagi mereka yang menginginkan smartphone dengan performa maksimal. Baik itu dalam urusan gaming maupun hiburan.

“Poco M5 dapat menjadi jawabannya, karena Poco M5 merupakan smartphone dengan prosesor berperforma paling ngeGAS dikelasnya,” katanya.

BACA JUGA:

Klaim Andi bukan tanpa alasan. Mengingat Mediatek Helio G99 disebut-sebut sebagai prosesor terbaru dan salah satu yang terbaik di tahun 2022. Prosesor Octa-core 4G yang dibangun di atas proses manufaktur TSMC 6nm dan diklaim memiliki performa 35% lebih baik dibandingkan chipset 4G berteknologi 6nm lainnya.

“Nilai jual Helio G99 adalah bahwa ini merupakan yang terkuat di kelasnya untuk gaming. Selain mendukung 120 Hz display, ini juga dibuat dengan proses 6nm tsmc, serta memiliki performa komputasi yang kuat,” imbuh ChuChuan Yen, Program Manager, Customer, MediaTek.

Untuk diketahui, setiap smartphone memiliki chipset atau prosesor sebagai dapur pacunya. Namun belum banyak pengguna smartphone yang benar-benar mengerti tentang bagaimana memilih smartphone dengan prosesor yang cocok bagi kebutuhannya. Padahal, pemilihan prosesor yang tepat akan menentukan sebaik apa kinerja smartphone tersebut.

Hal inilah yang coba diunggulkan Poco lewat Poco M5. Terlepas dari kedudukannya sebagai smartphone entry mid range, prosesor Helio G99 yang diusungnya terbilang mumpuni.

Betapa tidak, MediaTek Helio G99 dibangun di atas proses produksi chip TSMC N6 (kelas 6nm) yang sangat efisien, chip ini memungkinkan permainan hebat sepanjang hari, plus kamera besar, tampilan cepat, streaming lancar, dan konektivitas global yang andal.

Nah, untuk lebih jelasnya mengenai prosesor yang menjadi otak Poco M5, berikut 4 poin penting yang perlu digarisbawahi.

Performa Bertenaga

Seperti diungkapkan ChuChuan Yen dalam briefing bersama media yang berlangsung pada Selasa, Helip G99 memiliki performa yang lebih baik dibanding rekan sekelasnya. Hal ini bukan tanpa alasan.

Selain konfigurasi 2 Arm Cortex A76 CPU dengan clock speed hingga 2.2GHz dan 6 Arm Cortex A55 dengan clock speed hingga 2.0GHz yang efisien, MediaTek Helio G99 juga ditopang GPU ARM Mali-G57 MC2, serta proses teknologi 6nm yang memiliki peningkatan performa dan clock rate CPU dan GPU yang lebih tinggi.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan didapatkan performa CPU yang dihasilkan oleh MediaTek Helio G99 tercatat 40% lebih baik dibandingkan chipset 4G berteknologi 6nm lain, sementara 75% lebih baik untuk sektor GPU.

Andal untuk bermain game

Bermain game di smartphone sudah menjadi kesenangan bagi hampir seluruh pengguna smartphone, khususnya generasi z. MediaTek Helio G99 telah dioptimalkan untuk bermain game.

Dukungan MediaTek Hyper Engine 2.0 Lite dan Game Turbo 5, membuat performa gaming Poco M5 semakin maksimal. Selain itu, smartphone ini memiliki baterai berkapasitas besar 5000mAh yang artinya memungkinkan game lebih lama.

Hemat Daya

MediaTek telah memutakhirkan seri Helio 4G, dengan G99 menggunakan proses produksi chip 6nm TSMC. Hal ini memungkinkannya menjadi sangat hemat daya dan memberikan peluang baru bagi pembuat perangkat untuk menciptakan smartphone gaming yang bertahan lebih lama dari sebelumnya.

Menurut ChuChuan Yen, dibanding kompetitornya, penggunaan daya Helio G99 20 persen lebih rendah.

Tampilan 120Hz

Layar 120Hz memberikan pengalaman sehari-hari yang sangat mulus, dengan pengguliran halaman web dan animasi yang lebih mulus di aplikasi.

Kamera Utama 108MP

Berkat Helio G99, pembuat perangkat dapat mengadopsi kamera 108MP, memungkinkan pengguna untuk mengambil foto paling detail. Teknologi kualitas gambar kelas dimensity ini memberikan hasil fotografi yang superior dibandingkan dengan chipset seri MediaTek Helio lainnya.

Spesifikasi MediaTek Helio G99

BACA JUGA:

Di Indonesia, Poco M5 Series mulai dijual pada 11 November 2022, dengan harga mulai dari Rp 2,1 jutaan. Adapun pilihan warna yang tersedia adalah Yellow, Green, dan Black, dengan dua varian penyimpanan termasuk 4+1/64GB dan 4+2/128GB,

Poco M5 sudah bisa didapatkan di Poco Store dan berbagai mitra toko offline, seperti Xiaomi Store, Xiaomi Shop, Erafone, dan Xiaomi Partner. Selain itu, juga bisa didapatkan secara online di PO.CO.ID dan berbagai official store di ecommerce terpercaya, termasuk Akulaku, Blibli, Lazada, Shopee, dan Tokopedia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0