telset
spot_img

Review Vivo V23e: Cocok untuk Penyuka Foto Selfie

Telset.id – Berselang beberapa bulan setelah merilis Vivo V21 series, model Vivo V23e yang jadi penerusnya kembali melenggang di Indonesia. Smartphone ini mengusung spesifikasi kamera depan yang mumpuni. Untuk tahu pengujian lengkapnya, langsung aja simak review Vivo V23e.

Namun melihat label “e” di bagian belakang namanya, bisa disebut ini menjadi versi terendah dari varian reguler yang belum diketahui keberadaannya.

Sama seperti Vivo V series lainnya, core utama dari smartphone ini masih terletak di bagian kamera, terutama kamera depannya.

Bicara soal spesifikas Vivo V23e untuk bagian kameranya, HP ini terpasang kamera depan dengan resolusi tinggi, nyaris setara dengan kamera belakangnya. Selain itu, sejumlah fitur pendukung lainnya tak lupa ikut dijejalkan.

Namun pastinya tak cuma kamera, kami juga akan review secara lengkap Vivo V23e. Berikut kami sajikan pengalaman kami selama menggunakan Vivo V23e kepada Anda. Enjoy! 

Desain

review vivo v23e spesifikasi kamera

Dari segi desain, Vivo V23e punya desain yang tampak identik dengan Vivo V21 series. Bedanya mungkin terdapat pada formasi kamera belakangnya.

Kami suka dari smartphone ini adalah, Vivo masih mempertahankan dimensi bodi yang tipis dan juga ringan seperti pendahulunya.

Sebagai informasi, Vivo V23e punya ketebalan hanya 7,36 mm saja dengan bobot 172 gram. Ini membuatnya terasa begitu nyaman ketika digenggam atau diletakkan di saku celana.

Baca Juga: Vivo Jadi Brand HP Nomor Satu di Indonesia

HP Vivo terbaru ini tersedia dalam dua varian warna, yakni Moonlight Shadow dan Sunshine Coast. Finishing-nya dibalut dengan sentuhan glossy.

Meski secara visual terlihat begitu premium, namun finishing semacam ini memiliki kekurangan dari jejak noda sidik jari yang rentan tertinggal dan membuat bodi terlihat dekil.

review vivo v23e spesifikasi kamera

Solusinya jelas tinggal menggunakan case tambahan, yang mana sudah disediakan oleh Vivo dalam paket penjualannya.

Bodi Vivo V23e yang didesain tipis dan ringkas ini ternyata berimbas negatif pada absennya port audio 3,5mm di smartphone ini. 

Baca Juga: Review Vivo X70 Pro

Untungnya Vivo tak “lepas tangan” begitu saja. Mereka menyediakan adaptor USB Type C to jack audio 3,5mm yang ada di kotak penjualan. 

Untuk penempatan tombolnya, pada sisi kanan terdapat tombol volume dan power. Sementara di sisi bawah diisi oleh port USB Type C, grill speaker, mic dan SIM tray yang sanggup menampung dua SIM Card dan satu microSD.

Layar dan Audio

review vivo v23e spesifikasi kamera

Spesifikasi Vivo V23e dibekali dengan layar AMOLED 6,44 inci dan beresolusi Full HD+. Layarnya berdesain notch untuk menempatkan kamera vivo v23e di depan, dan mendukung fitur sensor sidik jari di bawah layar.

Untuk Anda yang doyan streaming Netflix, layar dari Vivo V23e sudah dilengkapi sertifikasi Widevine L1 yang bisa memutar konten Netflix dengan resolusi HD. Maraton drama di Netflix dijamin jadi lebih nikmat.

Namun yang sangat disayangkan, Vivo tidak membekali smartphone ini dengan refresh rate tinggi, hanya terbatas di 60Hz. Transisi konten tentu tidak sehalus di layar dengan refresh rate lebih tinggi.

Baca Juga: Vivo Sebar Update Funtouch OS 12, Ini Daftar HP yang Kebagian

Tentunya ini akan menjadi sedikit nilai minus bagi Vivo V23e, mengingat smartphone kompetitor di harga Rp 4 jutaan atau di bawahnya sudah menawarkan refresh rate lebih dari 60Hz.

Mengenai kualitas audionya tergolong standar. Tidak jelek, tapi juga tidak istimewa. Suaranya masih terdengar bulat dan tidak pecah ketika di-set ke volume tertinggi.

Vivo juga tidak menyertakan pengaturan equalizer atau dukungan Dolby Audio dan sejenisnya. 

Performa

spesifikasi vivo v23e

Masuk ke bagian performa. spesifikasi Vivo V23e dimotori oleh chipset dari MediaTek yakni Helio G96 (12nm). Jika dilihat di atas kertas, chipset ini mungkin tidak sekelas dengan Vivo V21 4G yang menggunakan Snapdragon (8nm) dan Vivo V21 5G yang menggunakan MediaTek Dimensity 800U (7nm).

Walaupun begitu, selama kami uji, chipset anyar dari MediaTek ini tetap mampu menawarkan performa yang memuaskan untuk multitasking dan melakukan kegiatan lainnya.

Kinerja dari Helio G96 ini juga didukung dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB. Vivo juga menjejalkan teknologi RAM Extended, yang bisa menambahkan kapasitas RAM virtual hingga 4 GB.

Virtual RAM tersebut diambil dari memori internal. Secara total, Vivo V23e seperti memiliki RAM dengan kapasitas 12 GB.

Guna mengukur kinerjanya berdasarkan angka, pastinya kami sudah melakukan serangkaian uji benchmark. Berikut hasilnya:

AnTuTu Benchmark

Pada pengujian menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark, review Vivo V23e yang kami lakukan berhasil meraih skor sebesar 324.926 poin.

Sebagai perbandingan, skor ini berada sedikit di bawah Vivo V21 5G yang juga kami review. Kala itu Vivo V21 5G berhasil meraih skor sebesar 365.935 poin.

PC Mark

Berlanjut ke pengujian menggunakan PC Mark, pada aplikasi yang menguji smartphone dengan beragam simulasi tugas sehari-hari ini Vivo V23e mendapatkan skor sebesar 6.473 poin. 

Hasilnya lagi-lagi berada di bawah Vivo V21 5G yang membukukan skor sebesar 7.051 poin.

3D Mark

Terakhir adalah pengujian dengan menggunakan aplikasi 3D Mark. Pada uji benchmark ini kami menjalankan dua mode, Sling Shot dan Wild Life.

Masuk ke mode Sling Shot, smartphone ini berhasil meraih skor sebesar 3.427 poin untuk Sling Shot dan 2.396 poin untuk Sling Shot Extreme.

Sementara untuk mode Wild Life sukses membukukan skor sebesar 1.100 pon dan Wild Life Extreme dengan 2.396 poin.

Baca Juga: Pengguna Vivo V21 5G dan X60 Series Sudah Bisa Nikmati 5G

Tidak ketinggalan pastinya kami juga memainkan game populer terkini dengan menggunakan Vivo V23e. Salah satu yang kami coba mainkan adalah PUBG New State.

Pada game bergenre battle royale ini, kami bisa memainkan game-nya dengan pengaturan grafik Ultra dan frame rate Max. 

Kelebihan lain ketika bermain game semacam ini adalah adanya dukungan sensor Gyroscope. Kerja dari sensor ini cukup baik dan sangat membantu dan memudahkan ketika membidik lawan.

Baterai

Sumber daya smartphone ini tidak terlalu besar, hanya memiliki baterai dengan kapasitas 4.050 mAh aja. Kapasitas yang tidak terlalu besar ini mungkin menyiasati agar bodi smartphone tidak terlalu bongsor.

Kami tentunya sudah mencoba daya tahan dari baterai 4.050 mAh yang ditawarkan spesifikasi Vivo V23e. Hasilnya, dengan baterai sebesar ini ponsel bisa mendapatkan screen on time selama 18 jam 7 menit.

vivo

Setelah baterai habis, Anda tidak perlu menunggu lama untuk pengisian dayanya. Sudah hadir dukungan teknologi 44W Flash Charge yang bisa mengisi daya dari 1% sampai 100% hanya dalam durasi 1 jam 9 menit saja.

Kamera

kamera vivo v23e

Seperti Vivo V series lainnya, kamera vivo v23e juga menawarkan signature dari sektor kameranya, terutama kamera depan. Cocok untuk Anda yang doyan selfie atau membuat vlog menggunakan kamera depan smartphone.

Sebagai informasi, kamera depan Vivo V23e memiliki resolusi 50 MP dengan fitur autofocus dan night mode. Fitur-fitur ini biasanya hanya dapat ditemui di kamera belakang, tapi kini juga turut dibenamkan di kamera depan.

Baca Juga: Mengenal Teknologi Fotografi Vivo Imaging Chip V1

Saat kami coba, hasil foto selfie yang dihasilkan memang tergolong bagus. Warnanya cerah dan detail cukup tajam. Apalagi jika Anda mengaktifkan fitur HDR.

Menariknya lagi, kameranya tetap bisa mengakomodir kebutuhan selfie dengan baik walaupun foto diambil di ruangan yang minim cahaya. Selain itu, Anda juga bisa menghasilkan foto bokeh portrait yang lumayan bagus.

Bahkan, foto yang dilakukan secara backlight juga tetap menghasilkan gambar yang menurut kami tetap optimal.

Kamera vivo v23e
Foto selfie indoor cahaya melimpah

kamera vivo v23e
Foto selfie indoor minim cahaya

review vivo v23e
Foto selfie backlight

Sedikit kekurangan kami temukan pada kamera depannya yakni pada saat merekam video. Entah mengapa warna kulit terlihat lebih pucat dari aslinya.

Beralih ke kamera belakang, pada sektor ini konfigurasi kameranya terdiri dari kamera utama 64MP, kamera ultrawide 8MP, dan kamera makro 2 MP.

Kamera utamanya bekerja dengan teknologi quad bayer yang menggabungkan foto 16 MP jadi sebuah foto dengan ukuran piksel yang lebih besar. Jadi pada dasarnya kamera utama memiliki kualitas 16 MP.

Namun jika Anda ingin menghasilkan foto dengan resolusi yang lebih tinggi, Anda bisa mengaktifkan mode 64 MP. Kamera utamanya bisa mengambil gambar dengan kualitas yang cukup bagus, walaupun tanpa mengaktifkan mode 64 MP.

vivo v23e kamera
Kamera utama indoor

vivo v23e
Kamera utama indoor

review vivo v23e
Kamera utama indoor

selfie kamera vivo
Kamera utama outdoor

Kemampuan kamera makro dan night mode-nya juga memuaskan untuk kami. Mengunci objek saat mode makro juga bisa dilakukan dengan cepat. Sementara night mode-nya juga bisa membuat foto di malam hari tampak lebih cerah dan jelas.

review kamera
Hasil foto makro

 v23e
Foto night mode

Tersemat juga sejumlah fitur unik, seperti Dual View Video yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto atau video dengan menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan.

Untuk perekaman video, kamera depan dan belakang sama-sama bisa merekam video hingga resolusi 1080p. Tersedia juga opsi frame rate 60 fps khusus pada kamera belakang.

Kesimpulan

review smartphone

Dari pengalaman review yang kami lakukan dan melihat spesifikasi Vivo V23e, smartphone ini menawarkan fitur tak selengkap Vivo V21 5G yang pernah kami ulas sebelumnya.

Namun rasanya wajar, walaupun di seri yang sama, namun keduanya berada di segmentasi yang berbeda. Meski demikian, kualitas kamera depannya juga tidak bisa dipandang sebelah mata.

Kualitas selfienya bisa dibilang berada di atas rata-rata smartphone sekelasnya. Mengingat tidak banyak juga vendor smartphone yang menghadirkan resolusi besar dan banyak fitur di kamera depan.

Kekurangan mungkin terletak di kualitas perekaman videonya, yang menurut kami tak sebaik fotonya.

Urusan kinerja, kami puas dengan performa yang ditawarkan Helio G96 dan dukungan RAM dengan kapasitas besar. Multitasking bisa berjalan dengan tetap lancar.

Kelebihan

  • Desain premium
  • Bodi tipis dan ringan
  • Multitasking lancar
  • Kualitas foto kamera depan dan belakang bagus
  • Proses charging cepat

Kekurangan

  • Tidak ada jack audio 3,5mm
  • Kualitas video kamera depan agak kurang
  • Kapasitas baterai standar
SPESIFIKASI VIVO V23e
Network 2G, 3G, 4G
OS Android 11, FunTouch OS 12
Chipset MediaTek Helio G96
CPU Octa-core (1×2.8 GHz & 3×2.6 GHz & 4×2.0 GHz)
GPU Mali
RAM 8 GB + 4 GB Virtual RAM
Memori 128 GB, 256 GB
Dimensi 158.5 x 73.2 x 7.36 mm
Layar AMOLED 6.4 inci 60Hz
Kamera Utama 64 MP + 8 MP + 2 MP
Kamera Depan 50 MP AF
Baterai Li-Po 4050 mAh, Fast Charging 44W
Warna Moonlight Shadow dan Sunshine Coast
Harga Rp 4.399.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0