telset

Geser Xiaomi, Vivo Jadi Brand HP Nomor Satu di Indonesia

Telset.id, Jakarta – Vivo menggeser Xiaomi sebagai brand HP nomor satu di Indonesia, menurut data terbaru lembaga survei pasar Canalys. Vivo berhasil memimpin pasar smartphone karena menghadirkan berbagai HP yang sesuai kebutuhan pelanggan. 

Melalui keterangan resmi yang diterima pada Selasa (16/11/2021), Canalys mengeluarkan laporan mengenai pangsa pasar HP di Indonesia di Q3 2021. Hasilnya Vivo berhasil menjadi brand smartphone pertama di periode ini.

Vivo mengalahkan Xiaomi yang sebelumnya memimpin di periode Q2 2021, dengan pangsa pasar mencapai 2 digit atau 23%. Namun, hasil ini pertumbuhan tahunan Vivo cenderung menurun hingga 15% dibanding tahun sebelumnya. 

Peringkat kedua tidak ada perubahan. Sama seperti periode Q2 2021, Oppo masih bertengger di posisi kedua dengan pangsa pasar 22%, dan pertumbuhan tahunan yang menurun 19%. 

Baca juga: Xiaomi Vendor Nomor Satu di Indonesia

Posisi ketiga juga tidak ada perubahan. Samsung masih betah di posisi tersebut dengan pangsa pasar 18%. Walau di posisi ketiga, perusahaan asal Korea Selatan ini mampu meningkatkan tren pertumbuhan tahunan menjadi 7%. 

Vivo Juara Pasar Smartphone HP Indonesia

Deretan top vendor smartphone selanjutnya adalah Xiaomi. Produsen asal China ini harus puas di posisi keempat karena pangsa pasarnya hanya 16% dengan pertumbuhan tahunan yang menurun 18%.

Penurunan, peringkat juga dialami Realme yang berada di posisi kelima dengan pangsa pasar 13%, dan pertumbuhan tahunan menurun 18%. 

Strategi Vivo Pimpin Pasar Smartphone Indonesia 

Vivo Pasar HP Indonesia Q3 2021

Senior Brand Director Vivo Indonesia, Edy Kusuma menyatakan jika pencapaian ini berhasil diraih berkat dukungan dari konsumen dan mitra Vivo yang ada di Indonesia.

“Pencapaian ini tentu saja berkat dukungan banyak pihak baik mitra yang memberikan kepercayaan penuh bagi Vivo, serta konsumen setia Vivo. Ini menjadi pencapaian bersama seluruh mitra Vivo se-Indonesia atas dedikasi dan komitmen yang diberikan,” kata Edy.

Baca juga:  Samsung Kuasai Pasar HP di Tengah Krisis Chipset

Keberhasilan Vivo memimpin pasar smartphone Indonesia, juga diperoleh berkat strategi bisnis yang tepat. Edy menjelaskan kalau sepanjang Q3 2021 Vivo Indonesia merilis HP yang sesuai kebutuhan masyarakat seperti Vivo V21.

Seri Vivo V21 mengusung keunggulan pada desain trendi dan teknologi kamera depan. Vivo juga menghadirkan rangkaian produk Y Series yang harganya 3 jutaan, seperti Vivo Y21, Vivo Y53s, Vivo Y21s, serta Vivo Y33s.

“Produk Y Series adalah produk yang menghadirkan spesifikasi mumpuni dengan harga kompetitif bagi konsumen,”  ungkap Edy.

Tidak ketinggalan, di Q3 2021 Vivo meluncurkan Vivo X70 Pro yang mengusung terobosan fotografi profesional dengan kolaborasi lanjutan bersama ZEISS. Strategi lainnya

Tidak hanya membawa sejumlah HP baru, Vivo melakukan integrasi antara channel modern dan tradisional demi mendongkrak penjualan HP untuk periode Q3 tahun 2021.

“Ditengah pembatasan yang perlu dilakukan, channel tradisional Vivo yang tersebar di daerah berperan penting sebagai salah satu basis penjualan utama Vivo,” tutup Edy. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0