telset

Review Vivo T1 Pro 5G: Baterainya Tangguh Nyaris Seharian

Telset.id – Vivo kembali meramaikan segmen ponsel berkemampuan 5G dengan membawa T1 Pro 5G ke Indonesia. Kebetulan, kami telah memakai ponsel dengan desain unik, spesifikasi andal, prosesor yang bertenaga, serta kamera ciamik ini selama beberapa minggu untuk keperluan review, berikut ini ulasan lengkap serta paparan kelebihan dan kekurangan dari Vivo T1 Pro 5G.

Di Indonesia, Vivo T1 Pro 5G diluncurkan bersamaan dengan model standarnya. Kedua smartphone tersebut sama-sama ditujukan untuk konsumen kelas menengah yang membutuhkan ponsel 5G untuk aktivitas sehari-hari.

Meski begitu, T1 Pro 5G memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan saudara kandungnya.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Resmi Vivo T1 5G Series

Nah, saat ini kami akan memaparkan pengalaman sekaligus ulasan soal kelebihan dan kekurangan dari HP 5G Vivo ini melalui review Vivo T1 Pro 5G. Selamat membaca, sob!

Desain Vivo T1 Pro 5G 

Review Vivo T1 Pro 5G

T1 Pro 5G memiliki dimensi 159.7 x 73.6 x 8.5 mm dengan bobot 180 gram. Varian warnanya adalah Turbo Black dan Turbo Cyan. Pada review kali ini kami mendapatkan unit dengan warna Turbo Cyan.

Untuk material yang digunakan, smartphone tersebut mengusung tekstur Crystalline Matte, baik di bagian belakang dan sisi smartphone. Tekstur ini membuat ponsel tidak mudah licin ketika digenggam.

Hanya saja ketika digunakan terlalu lama, terdapat bekas tangan yang menempel di bodi belakang smartphone.

Baca juga: Kelebihan & Kekurangan Vivo T1 Pro 5G

Di bagian belakang, terdapat 3 lensa kamera yang posisinya terbagi dalam 2 lingkaran besar berwarna hitam. Di sampingnya, ada LED fkash dan tulisan “AI CAM Aspherical Lens”. Sedangkan di bawah ada logo Vivo untuk mempertegas identitas brand.

Beralih ke bagian depan, terdapat layar AMOLED berukuran 6,44 inci dengan kamera selfie di tengah atasnya. Untuk sisi kanan ada tombol untuk mengatur volume dan tombol power dengan tugas ganda untuk sebagai sensor fingerprint.

Lalu sisi bawah ada slot untuk SIM Card saja, speaker, serta port USB Type-C yang bisa dipakai untuk pengisian daya dan headset.

Review Vivo T1 Pro 5G
Tampak bawah smartphone

Perlu diketahui kalau tidak ada port audio jack 3,5 mm di smartphone ini, sehingga Anda harus menggunakan konektor USB Type C untuk menghubungkan headset ke smartphone.

Layar dan Audio 

Review Vivo T1 Pro 5G

Layar T1 Pro 5G menggunakan panel berjenis AMOLED berukuran 6,44 inci dengan refresh rate 90 Hz, kontras rasio 6.000.000:1, dan tingkat kecerahan 1.300 nits.

Berdasarkan spesifikasi tersebut, Vivo T1 Pro 5G mampu memberikan gambar yang smooth dan bermutu tinggi ketika streaming video, scrolling media sosial, dan main game FPS seperti Call of Duty Mobile.

Mengenai audio, smartphone ini menggunakan speaker mono yang terletak di bagian bawah. Meski begitu, speaker mampu memberikan suara yang besar dan jelas untuk streaming atau bermain game.

Performa Vivo T1 Pro 5G 

Review Vivo T1 Pro 5G

Vivo T1 Pro 5G didukung oleh prosesor Snapdragon 778G 5G dengan fabrikasi 6nm. Chipset ini memiliki CPU Octa-Core dan GPU Adreno 642L yang 40% lebih kuat dibandingkan pendahulunya.

Komposisi RAM-nya adalah 8/128 GB dengan fitur Extended RAM. Fitur yang memungkinkan kapasitas RAM ditambah sampai 4 GB sehingga totalnya menjadi 12 GB.

Demi mendukung performa, tersedia pula teknologi Flagship Liquid Cooling. Teknologi pendingin ini memiliki area seluas 32.923 milimeter persegi dan diklaim mampu mengurangi suhu panas hingga 12 derajat celcius.

Tidak ketinggalan tersedia fitur NFC yang dapat membantu Anda untuk mengecek dan mengisi saldo e-money. Dengan spesifikasi yang ditawarkan, kira-kira bagaimana performa Vivo T1 Pro 5G?

Supaya lebih pas, kami menggunakan aplikasi AnTuTu Bechmark, PC Mark, dan 3D Mark untuk pengujian performa.

AnTuTu Bechmark

Pengujian pertama menggunakan aplikasi AnTuTu Bechmark. Hasil skor yang didapatkan T1 Pro 5G di aplikasi AnTuTu tergolong tinggi, tepatnya 540.370 poin.

Aplikasi AnTuTu Bechmark

Skor yang diperoleh sesuai dengan performa smartphone saat digunakan. Baik ketika dipakai untuk streaming video di Netflix atau bermain game sekelas Call of Duty Mobile, kami tidak memiliki gangguan selama pemakaian.

PCMark

Dari hasil pengujian menggunakan aplikasi PCMark, T1 Pro 5G berhasil mendapatkan Work 3.0 Performance Score sebesar 8.977 poin. Hasil ini sesuai dengan pengalaman kami saat menggunakan ponsel ini selama hampir 1 minggu.

Hasil PC Mark Vivo

Smartphone tidak mengalami lag ketika dipakai untuk membuka berbagai aplikasi secara cepat. HP terbaru Vivo ini juga dapat beroperasi dengan baik ketika digunakan untuk aktivitas di dalam atau di luar ruangan.

3DMark 

T1 Pro 5G berhasil melakukan 6 jenis pengujian yang ada di aplikasi ini. Hasilnya untuk Wild Life Extreme smartphone berhasil mendapatkan 694 poin.

Lalu untuk Wild Life, Sling Shot, dan Sling Shot Extreme, smartphone mendapatkan skor 2503, 6425 dan 5090 poin. Sedangkan untuk Wild Life Stress Test dan Wild Life Extreme Stress Test dengan best loop score 2.498 dan 697 poin.

Aplikasi 3D Mark Vivo

Dari skor yang diperoleh menunjukkan kalau Vivo T1 Pro 5G memiliki performa mumpuni khususnya dari segi grafik dan kinerja CPU saat HP digunakan.

Baterai 

Baterai Vivo T1 Pro 5G jenisnya Li-Po dengan kapasitas 4.700 mAh dan fast charging 66W. Meskipun kapasitas baterainya lebih kecil dengan T1 5G standar, tapi kinerjanya tergolong ciamik.

Untuk pengisian daya dari 15% sampai 100% hanya membutuhkan waktu 1 jam 15 menit saja. Lalu baterainya juga awet karena berdasarkan pengujian melalui aplikasi PCMark baterai mampu bertahan hingga 22 jam lebih 13 menit dalam posisi on screen.

Vivo T1 Pro 5G

Hasil yang cukup tinggi untuk smartphone yang kapasitasnya kurang dari 5.000 mAh. Ini artinya baterai bisa dipakai seharian untuk berbagai aktivitas dalam sekali pengisian.

Kamera Vivo T1 Pro 5G

Review berikutnya membahas bagian kamera Vivo T1 Pro 5G. Ponsel ini menyematkan 3 kamera di bagian belakang.

Komposisinya adalah kamera utama dengan sensor 64MP, kamera ultrawide 8MP, dan kamera makro 2MP. Sementara di depan, T1 Pro 5G memiliki kamera selfie 16MP.

Kamera ditopang oleh beberapa fitur untuk fotografi seperti fitur foto normal dengan ukuran 1:1, 4:3, 16:9 dan Full. Fitur ini mampu mengambil dengan objek yang lebar seperti plang nama sebuah kawasan atau gedung bertingkat.

Kamera Full
Hasil kamera dengan model Full

Ada juga fitur 64MP Camera. Saat kami gunakan, mode kamera 64MP mampu memberikan objek gambar yang detail berkat lensanya yang besar dan teknologi AI Cam.

Baca juga: Rekomendasi 7 HP 5G Vivo di Indonesia, Harga Mulai Rp 3 Jutaan

Sayangnya Anda tidak bisa mengambil objek yang lebar karena mode kamera 64MP hanya bisa digunakan untuk foto ukuran 4:3 saja.

Kamera 64 MP Vivo

Seperti yang ada di smartphone lain, terdapat Panorama Mode Camera yang cocok untuk mengambil panorama 180 derajat. Akan tetapi pastikan untuk menggeser kamera secara perlahan agar mendapatkan foto panorama yang maksimal.

Fitur panorama Vivo

Fitur lainnya adalah Portrait Mode Camera, Night Mode Camera, dan Zoom Camera yang sama-sama memberikan hasil foto dengan pencahayaan seimbang dan hasil gambar yang jelas.

Portrait Mode Camera
Portrait Mode Camera menggunakan kamera depan
Night Mode Camera
Hasil Night Mode Camera
Night Mode Camera Vivo T1 Pro 5G
Hasil Foto Night Mode Camera
Mode Zoom Camera
Perbandingan Mode Normal dan Mode 10x Zoom Camera

Fitur untuk konten video cukup lengkap. Anda bisa merekam video dengan format 720p, 1080p, dan 4K dengan frame rate 30 fps dan 60 fps. Kemudian ada Slow Motion Video dan Dual View atau pengambilan video dengan kamera depan dan belakang.

Pada review yang dilakukan, kami mencoba membuat video menggunakan Slow Motion Video dan Dual View dengan kamera ponsel ini. Ternyata masing-masing fitur dapat memberikan konten video yang bagus, serta kedua fitur ini menjadi poin plus untuk smartphone ini.

Slow Motion Video
Hasil Fitur Slow Motion Video

Fitur Dual View Video Vivo T1 Pro 5G
Hasil Fitur Dual View Video

Kesimpulan 

Review Vivo T1 Pro 5G

Vivo T1 Pro 5G dibanderol dengan harga Rp 4.499.000 dan tersedia dalam varian warna Turbo Black dan Turbo Cyan. Namun dengan harga tersebut, apakah smartphone ini layak untuk dibeli?

Dari review yang kami lakukan, Vivo T1 Pro 5G memang cocok untuk menemani aktivitas Anda. Daya tahan baterainya tergolong sangat lama. Ponsel ini juga memiliki performa yang tergolong tangguh.

Belum lagi smartphone sudah mendukung teknologi 5G. Dengan begitu, Anda tinggal mencari lokasi yang menyediakan layanan 5G dan silakan mencicipi kecepatan internet generasi kelima yang super ngebut.

Baca juga: Vivo X80 Series Debut, Spesifikasi Kameranya Makin Impresif

Sayangnya ada beberapa kekurangan dari HP ini. Pertama adalah fitur koneksinya kurang lengkap, seperti tidak adanya audio jack 3,5 mm untuk headset dan slot MicroSD.

Hal ini sepertinya cukup merepotkan pengguna, khususnya yang terbiasa menggunakan headset analog atau alat dengar musik 3,5mm.

Kekurangan lainnya dari Vivo T1 Pro 5G adalah tidak adanya slot MicroSD, yang membuat kapasitas memori smartphone tidak bisa ditingkatkan. Meski ada beberapa kekurangan, T1 Pro 5G layak untuk Anda yang membutuhkan smartphone dengan performa all rounder atau bisa diandalkan untuk pemakaian sehari-hari. (NM/MF)

Kelebihan Vivo T1 Pro 5G

  • Mendukung jaringan 5G
  • Ada fitur NFC
  • Fitur kamera banyak
  • Baterai tahan lama
  • Performa tangguh

Kekurangan Vivo T1 Pro 5G

  • Tidak ada Audio Jack 3,5 mm
  • Tidak ada Slot MicroSD

Nilai 8/10

Spesifikasi Vivo T1 Pro 5G

  • Rilis: April 2022 (Indonesia)
  • Network: 2G, 3G, 4G LTE, 5G
  • OS: Android 11, Funtouch 12
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 778G
  • CPU: Octa-core (4×2.4 GHz Kryo 670 & 4×1.8 GHz Kryo 670)
  • GPU: Adreno 642L
  • RAM: 8 GB
  • Memori: 128 GB
  • Dimensi: 159.7 x 73.6 x 8.5 mm, 180.3 gram
  • Layar: AMOLED berukuran 6,44 inci resolusi 1080 x 2404 piksel, refresh rate 90 Hz
  • Kamera Utama: 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan: 16 MP (wide)
  • Baterai: Li-Po 4700 mAh, Fast Charging 66W
  • Warna: Turbo Black dan Turbo Cyan
  • Harga: Rp 4,4 juta.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0