Review Samsung Galaxy Z Fold5: Terbaik, Jawara Multitasking

Telset.idSamsung Galaxy Z Fold5 saat ini telah resmi meluncur di Indonesia dan bahkan sudah tersedia untuk dibeli, selain itu ponsel ini juga menjadi ponsel lipat model fold yang resmi di Indonesia, namun apa saja yang bisa ditawarkan oleh HP lipat ini?

Samsung meluncurkan Galaxy Z Fold5 bersamaan dengan Galaxy Z Flip5, beserta perangkat lainnya, seperti Galaxy Tab S9 Series, dan juga Samsung Galaxy Watch 6 Series. Meski begitu, dalam peluncuran ini terlihat bahwa Samsung berfokus pada Galaxy Z Flip5.

Walau mengusung tagline Join The Flip Side, Galaxy Z Fold5 juga mendapat berbagai peningkatan di berbagai bagian yang cukup terasa. Salah satunya adalah penggunaan chipset eksklusif Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy.

Selain itu, HP lipat Samsung terbaru ini juga punya hinge atau engsel yang lebih rapat dengan bobot yang lebih ringan. Tidak berhenti di situ saja, berbagai fitur multitasiking yang sangat berdampak untuk peningkatan pengalaman kerja.

Well, untuk tahu lebih lanjut tentang HP lipat terbaru Samsung ini, yuk simak review Samsung Galaxy Z Fold5 berikut dari tim Telset.

BACA JUGA:

Desain Samsung Galaxy Z Fold5

Samsung Galaxy Z Fold5 yang kami review ini merupakan varian warna Icy Blue, dan jika dilihat secara langsung mungkin tidak terlalu kentara perbedaannya dibandingkan Galaxy Z Fold4.

Namun, dengan dimensi 154.9 x 129.9 x 6.1 mm saat dibuka, dan saat ditutup berukuran 154.9 x 67.1 x 13.4 mm dengan bobot 253g, perangkat ini terasa lebih ringan di tangan dan tidak membuat tangan terlalu pegal.

Selain itu, perbedaan yang hadir di bagian kameranya dengan LED flashlight berada di bagian kanan kamera, bukan lagi di bagian bawah. Menariknya, lampu LED ini tidak menonjol, karena menyatu dengan bagian belakang perangkat. 

Untuk bagian belakangnya terasa sangat halus dan nyaman diketika disentuh dan digenggam. Bagian belakang Galaxy Z Fold5 ini menggunakan material kaca dengan finishing matte yang dilindungi Gorilla Glass Victus 2.

Bagian belakangnya juga cukup baik karena tidak mudah kotor, karena bekas sidik jari tidak menempel di bagian belakang Samsung Galaxy Z Fold yang kami review ini. Sedangkan, bagian framenya menggunakan material alumunium.

Review Samsung Galaxy Z Fold5

Dengan hinge atau engsel yang lebih rapat tersebut, ponsel lipat ini semakin saat ditutup dan berdampak pada saat pengalaman menggunakan ini ditutup. Selain itu, saat ponsel dimasukkan ke kantong pun tidak terasa besar dan mengganggu saat berjalan, duduk, atau kegiatan lainnya.

Tidak hanya itu saja, dengan bentuk yang rapat tentunya debu atau kotoran lainnya tidak mudah masuk ke dalam layar utamanya. Untuk engselnya sendiri terasa sangat kokoh sehingga terasa sangat kuat dan memberikan kesan premium

Selama review Samsung Galaxy Z Fold5, untuk penggunaan standar seperti scrolling media sosial atau sekadar balas chat di WhatsApp, saya sering menggunakannya dengan kondisi tertutup dan dalam kondisi ini penggunaan satu tangan masih cukup oke dan meski terasa tebal feel genggamannya terasa nyaman.

Review Samsung Galaxy Z Fold5

Sedangkan, saya menggunakan ponsel dalam kondisi terbuka ketika bermain game, mengetik dokumen, menonton berbagai video di YouTube dan platform lainnya, browsing, hingga membaca dokumen. Dalam posisi terbuka pun handling di tangan terasa nyaman, terlebih lagi saat mengetik bagian keyboard yang terbagi dua di kanan dan kiri pun nyaman untuk mengetik.

Untuk kelengkapan port, dalam kondisi terbuka Galaxy Z Fold5 memiliki port USB Type C, speaker grill, dan lubang microphone di bagian bawah, di bagian kanannya tersedia tombol power, sekaligus fingerprint yang responnya cepat dan volume, di bagian kirinya ada slot SIM card yang mendukung dua kartu SIM, sedangkan di bagian atasnya ada microphone dan speaker grill.

Di bagian ketahanan, HP lipat ini mengantongi sertifikasi IPX8 yang membuatnya mampu tahan air di kedalaman hingga 1,5M dalam waktu 30 menit. Dengan adanya perlindungan ini pengguna tidak perlu khawatir ketika ponsel kena air, atau bahkan masuk ke dalam kolam renang.

Secara keseluruhan, bagian desain ini sangat menarik mengingat ini adalah ponsel lipat, cuma yang sangat disayangkan adalah logo Samsung baru terlihat ketika ponsel ditutup, karena logo Samsung berada di bagian engselnya.

Selain itu, menggunakan ponsel ini di tempat umum juga sangat menarik perhatian berbagai orang, karena form factor-nya yang unik dan memberikan kesan eksklusif serta premium.

Layar dan Audio Samsung Galaxy Z Fold5

Review Samsung Galaxy Z Fold5

Samsung Galaxy Z Fold5 ini memiliki panel layar utama berukuran 7,6 inci dengan panel Dynamic AMOLED beresolusi 2.176 x 1.812 piksel dengan dukungan adaptif refresh rate 120Hz, HDR10+, dan kecerahan hingga 1750 nits.

Sedangkan, layar cover-nya juga menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,2 inci dengan resolusi 2.316 x 904 piksel yang mendukung refresh rate adaptif hingga 120Hz dan sudah terlindungi Corning Gorilla Glass Victus 2

Review Samsung Galaxy Z Fold5

Selama penggunaan sehari-hari, layar utama maupun layar cover dari Samsung Galaxy Z Fold5 ini memiliki kualitas yang sangat baik. Kualitas warnanya termasuk gonjreng, berkat layar yang vivid ini pengalaman menonton film, membaca, browsing, hingga gaming menjadi lebih baik dan imersif, terlebih lagi layar utamanya menggunakan kamera under display, sehingga layarnya full menampilkan berbagai konten.

Karena ini adalah panel Dynamic AMOLED, selain warna seperti hijau, merah, kuning dan warna cerah lainnya terlihat gonjreng, warna hitam di layar ini juga terasa sangat pekat. Walaupun memiliki warna yang gonjreng, layarnya pun tidak sakit di mata saat digunakan dalam waktu yang lama, seperti marathon anime di akhir pekan atau push rank game kompetitif.

Review Samsung Galaxy Z Fold5

Sementara itu, kedua layar Samsung Galaxy Z Fold5 juga menawarkan refresh rate hingga 120Hz yang bersifat adaptif, karena ini adaptif tentu ini berdampak pada baterai perangkat yang semakin hemat.

Sentuhan di layar ini terasa sangat smooth dan juga sangat responsif, ini sangat membantu ketika bermain game kompetitif yang membuat pengalaman gaming semakin nyaman.

Karena ini adalah HP dengan layar lipat, tentu banyak yang bertanya mengenai lipatan di bagian tengah layar utamanya. Untuk Samsung Galaxy Z Fold5 lipatannya tidak terlihat ketika digunakan selama kami review, sehingga tidak ada bekas lipatan yang mengganggu, namun lipatan terlihat ketika hanya sedang kondisi layar mati.

Menjadi HP lipat juga memiliki kelebihan tersendiri, misalnya saya sering sekali memanfaatkan flex mode dengan melipat ponsel ke sudut 90 derajat sehingga layar terbagi dua, yang membuat layar menampilkan konten dan bagian bawah sebagai panel untuk mengontrol sehingga ini sangat membantu saya ketika menonton video, misalnya di saat makan.

Mode warna di layar Galaxy Z Fold5 juga bisa diatur sesuai keinginan para pengguna, tersedia mode Hidup yang bisa diatur apakah color temperature-nya lebih warm atau cool, dan mode Alami yang tidak perlu disesuaikan lagi. 

Untuk kecerahan layarnya yang hingga 1750nits juga tergolong bagus, karena penggunaan di bawah terik matahari layarnya terlihat jelas tanpa ada kendala. Namun, agar mendapatkan kecerahan yang maksimal harus dipastikan mengaktifkan mode kecerahan ekstra.

Beralih ke bagian audio, Samsung Galaxy Z Fold5 menawarkan dual speaker yang berada di bagian atas dan bawahnya. Ketika dipakai untuk menonton film hingga mendengar musik, kualitas speaker sangat oke, dengan clarity yang jelas, bass yang pas, dan bahkan saat dalam pengaturan volume penuh suara tetap jelas tidak ada distorsi yang mengganggu di telinga.

Overall, kualitas layar Samsung Galaxy Z Fold5 termasuk bagus, karena selama melakukan review saya tidak mengalami berbagai kendala dan nyaman digunakan untuk berbagai kegiatan ringan hingga yang berat sekali pun.

Performa Samsung Galaxy Z Fold5

Dari segi performa, seperti yang sudah disebutkan di atas, ponsel lipat ini menggunakan chip Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy yang disandingkan dengan RAM berkapasitas 12GB dan penyimpanan luas hingga 1TB. Untuk Samsung Galaxy Z Fold5 yang kami review merupakan varian RAM 12GB dengan penyimpanan 256GB.

Sebenarnya, kami juga sudah pernah menjajal chip Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy beberapa bulan lalu di Galaxy S23 Ultra, dan hasil dari performanya sangat memuaskan untuk berbagai kegiatan. Namun, dengan form factor yang berbeda tentu pengalaman penggunaannya juga berbeda dibandingkan menggunakan ponsel berbentuk biasa.

Sebagai ponsel lipat model foldable tentu saya sangat memanfaatkan layar utamanya dan penggunaan chip Snapdragon terkencang untuk saat ini membuat pengalaman semakin maksimal, terlebih lagi untuk bermain game berat, sekelas Genshin Impact. 

Jika berbicara game, HP lipat terbaru ini sangat bisa diandalkan untuk bermain game ringan hingga game yang membutuhkan spesifikasi berat. Selama review Samsung Galaxy Z Fold5 saya sangat mengandalkan ponsel ini untuk push rank di Mobile Legends dan hasilnya sangat memuaskan, meskipun settingan grafis terbuka hingga rata kanan, tetapi sayangnya game ini belum mendukung hingga 120FPS, semoga ada update untuk membuka pengaturan ini.

Lanjut ke game yang agak berat, yaitu PUBG Mobile yang settingan grafisnya terbuka hingga Ultra HD dengan grafis Smooth, jika ingin mendapatkan FPS Extreme settingan grafis tertinggi HDR, pengalaman memainkan game FPS ini juga nyaman di Galaxy Z Fold5. 

Sementara itu, saya juga sesekali memainkan Genshin Impact dengan settingan grafis Highest dan 60FPS, hasilnya? game bisa berjalan dengan aman dan tidak ada masalah, dimainkan dalam waktu sekitar 30 menit juga masih aman.

Secara keseluruhan, bermain game di Samsung Galaxy Z Fold5 bisa dikatakan lancar dan mulus, suhu perangkat juga sekadar hangat biasa, tidak sampai panas yang berganggu.

Tidak hanya bermain game, selama menggunakan HP Samsung terbaru ini juga saya memanfaatkannya untuk bekerja, seperti membuka dokumen, menulis artikel, hingga Zoom meeting atau Google Meet, perangkat ini sangat bisa diandalkan untuk bekerja, ditambah lagi ponsel ini punya fitur multitasking yang terbilang lengkap.

Salah satu yang paling kentara adalah ketika mengaktifkan fitur Multi Window, yang memungkinkan membuka aplikasi secara bersamaan hingga sebanyak 3 aplikasi. Selama mengaktifkan fitur ini saya tidak merasa ada lag yang mengganggu, dan bahkan saya menjajal membuka 2 game, seperti Genshin Impact bersama dengan Mobile Legends bisa berjalan dengan mulus.

Selain itu, jika dipakai untuk membuka aplikasi dalam jumlah banyak, perpindahan juga terasa mulus, serta tidak ada masalah force close yang membuat aplikasi dibuka dari awal, aplikasi masih bisa dilanjutkan seperti terakhir kali dibuka. Ini sangat membantu untuk melakukan multitasking dengan lancar.

Tampaknya, kurang lengkap kalau saya tidak memberikan hasil pengujian sintetis dari beberapa aplikasi benchmarking, berikut hasilnya, sob!

AnTuTu Benchmark

Dalam pengujian AnTuTu, Galaxy Z Fold5 ini mampu menembus hingga 1.376.969, yang mana ini menunjukan bahwa performa perangkat dapat diandalkan untuk berbagai tugas, baik itu tugas ringan hingga yang berat sekali pun.

Geekebench 6

Dalam pengujian Geekbench 6, CPU dari Snapdragon 8 Gen for Galaxy di perangkat berhasil mendapatkan skor 1934 untuk single-core, sedangkan multi-core menghasilkan skor 4895. Dari pengujian ini bisa disimpulkan bahwa kualitas CPU perangkat mampu memberikan performa yang tergolong baik.

PCMark

Untuk pengujian PCMark Work 3.0 Perfomance, perangkat ini berhasil mencetak skor 17.223. Dari pengujian ini menandakan perangkat bisa diandalkan untuk

3DMark

Untuk pengujian 3DMark, kami menguji ponsel dalam beberapa skenario pengujian berikut detail skornya:

  • Solar Bay: 5.610 skor dengan rata-rata 21.33FPS
  • Solar Bay Stress Test: skor tertinggi di 5.447 dengan tingkat kestabilan 56,9%
  • Wild Life Extreme: 2.2740 skor dengan rata-rata 16,41FPS
  • Wild Life Stress Test: skor tertinggi di 10.333 dengan tingkat kestabilan 66,2%
  • Wild Life Extreme Stress Test: skor tertinggi di 3.226 dengan tingkat kestabilan 57,3%
  • Wild Life: Maxed out baik untuk skor dan rata-rata FPS

Dari hasil pengujian 3DMark, bisa disimpulkan perangkat ini mampu melakukan pekerjaan 3D dengan baik, bahkan untuk pengujian ray tracing, seperti Solar Bay Test sudah terbuka serta skor Wild Life-nya masuk kategori Maxed Out yang tandanya perangkat sangat kencang dari segi performa 3D.

Well, bisa dikatakan performa dari Samsung Galaxy Z Fold5 adalah performa yang sangat buas, karena perangkat ini bisa menjalankan berbagai aplikasi, dan bahkan secara bersamaan tanpa adanya lag yang mengganggu, serta mampu melibas berbagai game berat di pengaturan grafis rata kanan.

Kamera Samsung Galaxy Z Fold5

Untuk sektor kamera, HP Samsung lipat ini memiliki pengaturan 3 kamera, antara lain kamera utama 50MP f/1.8 dengan dukungan OIS, kamera telefoto 10MP f/2.4 dengan kemampuan optical zoom 3x, dan kamera ultrawide 12MP f/2.2. Di layar utamanya ada kamera 4MP f/1.8, sedangkan kamera di layar cover menggunakan kamera 10MP f/2.2.

Meskipun ponsel ini tidak difokuskan untuk fotografi, namun Samsung Galaxy Z Fold5 mampu menawarkan kualitas kamera yang memumpuni di berbagai macam kondisi cahaya, baik itu lowlight atau kondisi cukup cahaya. Selain itu, konfigurasi kamera belakangnya pun termasuk lengkap karena ada kamera ultrawide beserta telefoto.

Untuk kamera utamanya sangat bisa diandalkan untuk kondisi cahaya redup hingga cukup cahaya. Tone warna yang dihasilkan khas Samsung yang cenderung warm dan memiliki saturasi warna yang vivid, sehingga hasil foto memberi kesan dramartis.

Selain itu, hasil foto juga memiliki detail yang sangat baik beserta dynamic range yang cukup luas, karena dalam kondisi backlight detail masih tetap ada. Untuk lebih jelasnya berikut hasil foto kamera utamanya:

20230829_152414

20230829_152945

20230829_153023

20230829_153149

Ketika dipakai dalam kondisi lowlight atau malam hari hasil foto kamera utamanya juga masih tergolong bagus. Hasil foto malamnya minim noise, sehingga hasil foto masih memiliki detail yang baik, selain itu, juga tone hingga karakter warna foto dari kamera utamanya juga memiliki hasil yang sama baiknya dengan kondisi cukup cahaya. Untuk tahu lebih jelas ini hasil foto kamera lowlight-nya, sob!

20230831_194254

20230828_003431

20230827_225522

20230828_003045

20230827_191553

20230831_190442

Sementara itu, untuk kamera ultrawide-nya memiliki kualitas yang baik di kondisi cukup cahaya, dengan detail yang bagus beserta dynamic range yang luas sehingga detail yang ditangkap memiliki jangkauan yang luas. Namun, pada saat kondisi lowlight detail hasil fotonya cukup menurun. Berikut hasil foto kamera ultrawide:

20230829_152420

20230829_152948

20230829_153153

20230829_153205

20230827_225527

20230828_003048

Sedangkan, untuk kamera telefoto yang memiliki kemampuan 3x optical zoom mampu menghasilkan hasil foto zoom dengan detail yang sangat baik. Hasil gambar 3x zoom tersebut sangat cocok dipakai untuk memotret objek dari jarak jauh, misalnya untuk menangkap gambar yang berisikan tulisan. Untuk tahu lebih jelas, kalian bisa lihat langsung hasil kamera optical zoom 3x:

20230829_152428

20230829_152434

20230827_191608

20230828_003051

20230829_153000

20230829_153027

Lanjut ke bagian kamera selfie yang berada di layar cover, kamera selfie ini mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang juga baik dengan detail yang sangat bagus dengan karakter warna yang masih sama persis seperti kamera utamanya. Pada saat malam hari kamera selfie-nya juga masih menghasilkan kualitas yang baik.

20230831_133745

Salah satu bagian kamera lainnya adalah kamera under display di layar utamanya, untuk kamera ini sebenarnya hasilnya tidak semaksimal kamera lainnya, namun hasilnya masih cukup oke.

Tampaknya, kamera under display ini lebih cocok dimanfaatkan untuk melakukan Zoom meeting, atau Google Meet di saat kelas online atau meeting lainnya. Nah, ini hasil foto dari kamera under display ponsel ini.

20230904_010022

Di kamera belakangnya mampu merekam hingga resolusi 8K 30FPS dan untuk 60FPS tersedia di resolusi 4K, sedangkan di kamera selfienya memiliki kemampuan perekaman di resolusi 4K 60FPS.

Untuk hasil videonya sendiri memiliki hasil yang baik dengan detail yang sangat jelas, baik itu kamera utama hingga kamera selfie-nya. Selain itu, hasil video-nya juga memiliki stabilitas yang baik, sehingga hasil video terasa sangat smooth untuk di-upload di berbagai medsos. Untuk tahu lebih detail dari hasil video-nya, ini dia contohnya sob!

Selain itu, salah satu yang paling menarik dari Galaxy Z Fold5 adalah kemampuan dual preview dengan memanfaatkan layar cover-nya. Fitur ini bisa membantu pada saat memotret orang lain, karena preview foto bisa langsung dilihat dan disesuaikan, hingga bisa memungkinkan memotret selfie dengan kamera utamanya, atau merekam video ala-ala vlogging dengan kamera utamanya.

Berikut beberapa hasil foto dan video melalui fitur dual preview.

20230831_133823

Overall, kamera dari ponsel ini mampu diandalkan untuk berbagai kegiatan karena tidak hanya memiliki konfigurasi yang lengkap beserta hasil yang baik, Samsung Galaxy Z Fold5 memiliki fitur menarik, yakni dual preview yang bisa memposisikan kamera utamanya sebagai kamera selfie.

Baterai Samsung Galaxy Z Fold5

Samsung Galaxy Z Fold5 memiliki baterai 4.400mAh yang menunjang penggunaan sehari-hari dan memiliki dukungan pengisian cepat 25W beserta fitur wireless charging dan reverse wireless charging.

Review Samsung Galaxy Z Fold5

Untuk penggunaan sehari-hari, selama review Samsung Galaxy Z Fold5 ini, perangkat mampu digunakan selama seharian. Dengan skenario penggunaan browsing di Chrome, mengetik di GDocs, hingga bermain game sesekali, ponsel ini mampu bertahan hingga seharian dengan Screen on Time hingga 6 jam 18 menit. Bisa dikatakan ponsel ini dari segi ketahanan baterai mampu diandalkan untuk seharian.

Sementara itu, untuk pengisian dayanya kami menggunakan adapter pengisian daya pihak ketiga dengan dukungan fast charging hingga 33W, ponsel ini dari baterai 0% membutuhkan waktu 30 menit untuk mencapai 50%.

Software Samsung Galaxy Z Fold5

Review Samsung Galaxy Z Fold5

Pada dasarnya, ponsel ini menjalankan sistem operasi Android 13 berbasis sistem antarmuka One UI 5.1, namun untuk Samsung Galaxy Z Fold5 yang kami review memiliki sistem One UI 5.1.1 dengan pembaruan keamanan 1 Agustus 2023.

Pada dasarnya sistem antarmuka ponsel lipat ini sama seperti dengan interface One UI 5.1 di ponsel dengan desain pada umumnya. Namun, ada beberapa penyesuaian yang membuat menggunakan perangkat ini menjadi lebih nyaman, salah satu contohnya adalah desain keyboard yang bisa terbagi dua di saat menggunakan layar utamanya, sehingga memudahkan untuk mengetik dokumen.

Review Samsung Galaxy Z Fold5

Selain itu, ada juga berbagai fitur tambahan yang mampu meningkatkan pengalaman multitasking para penggunanya, seperti fitur Multi Window, Drag and Drop untuk menyalin foto, hingga fitur Hidden Pop Up.

Berbagai fitur tersebut bisa dimanfaatkan untuk kalian untuk meningkatkan produktivitas, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, misalnya fitur Multi Window bisa kalian manfaatkan untuk membuka aplikasi secara bersamaan hingga 3 aplikasi di layar.

Untuk fitur Hidden Pop Up bisa digunakan dimanfaatkan dengan skenario, seperti pada saat kalian mengetik dan mau membuka YouTube untuk mendengar lagu dari YouTube, dengan fitur ini aplikasi penyedia video tersebut tidak akan tertutup dan konten akan tetap diputar meski dalam posisi tersembunyi.

Ponsel ini juga memiliki fitur Taskbar yang berada di bagian bawah layar, ini juga mempercepat pada saat kalian ingin membuka aplikasi tanpa harus kembali ke menu Home, dengan adanya fitur ini penggunaan menjadi lebih ringkas.

Well, sistem interface di Samsung Galaxy Z Fold5 ini sangat terlihat diperuntukkan untuk melakukan multitasking dengan mudah dan ringkas. Selama penggunaan sehari-hari pun ponsel ini sangat mempermudah saya mengetik dokumen hingga membuat artikel dengan cepat hanya melalui smartphone.

Kesimpulan

Review Samsung Galaxy Z Fold5

Samsung Galaxy Z Fold5 secara desain memang tidak banyak berubah dibandingkan pendahulunya, Z Fold4. Namun, dengan hadirnya peningkatan dibagian engsel yang lebih rapat, tentunya membuat pengalaman penggunaan lebih baik, dan bahkan sangat membantu untuk mencegah masuknya partikel kecil, seperti debu di saat ponsel dalam kondisi dilipat.

Selama penggunaan sehari-hari, layarnya pun bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan mulai dari entertainment, gaming, hingga untuk kerja sekali pun. Kualitas layarnya sangat baik, bahkan digunakan di luar ruangan juga tidak menjadi masalah karena konten di layar masih dapat terlihat jelas.

Selain itu, layar dengan kecepatan refresh 120Hz di ponsel ini memiliki respons yang sangat tinggi dan akurat, yang membuat pengalaman mengetik hingga gaming semakin maksimal.

Di sektor dapur pacu pun tidak usah diragukan lagi, karena perangkat ini menggunakan chipset terkencang dari Qualcomm untuk saat ini, yaitu Snapragon 8 Gen 2 for Galaxy dengan RAM 12GB dan penyimpanan hingga 1TB.

Performa dari ponsel ini juga sudah sangat jelas kencang, sebagai gambaran ponsel ini mampu menjalankan Genshin Impact di settingan grafis rata kanan 60FPS sambil membuka beberapa aplikasi secara bersamaan melalui fitur Multi Window.

Untuk kameranya, meskipun bukan diperuntukkan untuk fotografi, Samsung Galaxy Z Fold5 masih memberikan hasil foto dengan kualitas tinggi, baik itu dalam kondisi lowlight atau cahaya berlimpah.

Bahkan, kualitas videonya juga tergolong baik. Terlebih lagi, ponsel ini memiliki fitur Dual Preview, yang bisa kalian manfaatkan untuk menjadikan kamera utamanya menjadi kamera selfie. Namun, yang perlu dicatat adalah kamera under display di layar utama memiliki hasil foto biasa saja, ini lebih cocok digunakan untuk video conference.

Dengan baterai 4.400mAh, HP lipat ini masih bisa diandalkan untuk penggunaan seharian dari pagi sampai malam, tanpa harus khawatir melakukan pengisian daya 2 kali sehari.

Selain itu, pengisian daya dengan kemampuan mengisi hingga 50% dalam waktu 30 menit juga bisa diandalkan para pengguna. Meskipun, dalam paket pembelian tidak tersedia adapter bawaan, sehingga harus merogoh kocek untuk membeli adapter tambahan.

Salah satu yang paling menarik juga dari ponsel ini adalah sistem interface One UI 5.1, antarmuka ponsel ini sangat memaksimalkan pengalaman penggunaan selama sehari-hari. Dengan One UI 5.1 kalian bisa memanfaatkan ponsel ini untuk multitasking secara maksimal dan dengan mudah. Dan, tentunya tidak ada bloatware hingga iklan yang mengganggu secara berkala.

BACA JUGA:

Well, secara keseluruhan Samsung Galaxy Z Fold5 masih menjadi pemimpin di pasar ponsel lipat, meski harganya pun masih terbilang paling tinggi di Indonesia. Tetapi, dengan harga mulai dari Rp 24,9 jutaan, ponsel ini menawarkan berbagai kemampuan yang maksimal, yang nyaris tidak dimiliki seri ponsel lainnya.

Dan satu hal lagi, Galaxy Z Fold5 bahkan bisa meningkatkan prestise bagi para penggunanya, karena form factor-nya yang cukup unik. Bisa dikatakan ponsel ini adalah paket lengkap dari sebuah perangkat pintar yang bisa diandalkan untuk berbagai kegiatan.

JARINGAN
Technologi GSM/HSPA/LTE/5G
Jaringan 2G GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
Jaringan 3G HSDPA 850 / 900 / 1700(AWS) / 1900 / 2100, CDMA2000 1xEV-DO
Jaringan 4G 1, 2, 3, 4, 5, 7, 8, 12, 13, 17, 18, 19, 20, 25, 26, 28, 38, 39, 40, 41, 66
Jaringan 5G 1, 2, 3, 5, 7, 8, 12, 20, 25, 28, 38, 40, 41, 66, 77, 78 SA/NSA/Sub6
Kecepatan Akses HSPA, LTE-A (CA), 5G
KETERSEDIAN
Diperkenalkan July 2023
Status Available, Released August 2023
BODI
Dimensi Unfolded: 154.9 x 129.9 x 6.1 mm Folded: 154.9 x 67.1 x 13.4 mm
Berat 253g
Build Glass front (Gorilla Glass Victus 2) (folded), plastic front (unfolded), glass back (Gorilla Glass Victus 2), aluminum frame
SIM Dual SIM
Varian Warna Icy Blue, Phantom Black, Cream, Gray, Blue
IPX8 water resistant (up to 1.5m for 30 min) Armor aluminum frame with tougher drop and scratch resistance (advertised) Stylus support
LAYAR
Tipe Layar Foldable Dynamic AMOLED 2X, 120Hz, HDR10+
Ukuran Layar 7.6 inches, 183.2 cm2 (~91.1% screen-to-body ratio)
Resolusi Layar 1812 x 2176 pixels (~373 ppi density) Cover display: Dynamic AMOLED 2X, 120Hz, Corning Gorilla Glass Victus 2 6.2 inches, 904 x 2316 pixels, 23.1:9 ratio
PLATFORM
Sistem Operasi Android 13, One UI 5.1.1
Chipset Qualcomm SM8550-AC Snapdragon 8 Gen 2 (4 nm)
CPU / Prosesor Octa-core (1x3.36 GHz Cortex-X3 & 2x2.8 GHz Cortex-A715 & 2x2.8 GHz Cortex-A710 & 3x2.0 GHz Cortex-A510)
GPU / Prosesor Grafis Adreno 740
MEMORI
Kartu Memori NO
RAM 12GB
ROM / Memori Internal 256GB, 512GB, 1TB
KAMERA UTAMA
Sensor Kamera 50 MP, f/1.8, 23mm (wide), 1.0µm, Dual Pixel PDAF, OIS 10 MP, f/2.4, (telephoto), PDAF, OIS, 3x optical zoom 12 MP, f/2.2, 123˚, 12mm (ultrawide), 1.12µm
Fitur Kamera LED flash, HDR, panorama
Perekaman Video 8K@30fps, 4K@60fps, 1080p@60/240fps (gyro-EIS), 720p@960fps (gyro-EIS), HDR10+
KAMERA DEPAN
Kamera Selfie 4 MP, f/1.8, 26mm (wide), 2.0µm, under display Cover camera: 10 MP, f/2.2, 24mm (wide), 1/3", 1.22µm
Fitur Kamera Depan HDR
Perekaman Video 4K@30/60fps, 1080p@30/60fps, gyro-EIS
SOUND
SOUND Yes, with stereo speakers
KONEKTIVITAS
WIFI Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6e, tri-band, Wi-Fi Direct
Bluetooth 5.3, A2DP, LE, aptX HD
GPS GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
NFC Yes
Radio No
USB USB Type-C 3.2, OTG
FEATURES
Sensors Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer Bixby natural language commands and dictation Samsung DeX (desktop experience support) Samsung Pay (Visa, MasterCard certified) Ultra Wideband (UWB) support
BATERAI
Tipe Baterai Li-Po, non-removable
Kapasitas Baterai 4400 mAh,
25W wired, 50% in 30 min (advertised) 15W wireless 4.5W reverse wireless
Battery life 6 jam 18 menit

Kelebihan

  • Memiliki sertifikasi IPX8
  • Performa kencang
  • Fitur multitasking lengkap
  • Engsel lebih rapat
  • Kualitas kamera bagus
  • Sistem interface One UI 5.1 terasa smooth
 

Kekurangan

  • Belum tahan debu
  • Tidak tersedia adapter dalam paket pembelian
  • Desain tidak banyak perubahan dari pendahulunya

REVIEW OVERVIEW

Desain
Layar
Performa
Kamera
Baterai
Software

SUMMARY

Secara keseluruhan Samsung Galaxy Z Fold5 saat ini memang menjadi salah satu ponsel dengan harga yang paling tinggi di Indonesia. Tetapi, dengan harga mulai dari Rp 24,9 jutaan tentu ponsel ini menawarkan berbagai kemampuan yang maksimal, dan bahkan meningkatkan prestise bagi para penggunanya, karena form factor-nya yang cukup unik. Bisa dikatakan ponsel ini adalah paket lengkap dari sebuah perangkat pintar yang bisa diandalkan untuk berbagai kegiatan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

HARGA & SPESIFIKASI
Artikel Terkini
REKOMENDASI
Secara keseluruhan Samsung Galaxy Z Fold5 saat ini memang menjadi salah satu ponsel dengan harga yang paling tinggi di Indonesia. Tetapi, dengan harga mulai dari Rp 24,9 jutaan tentu ponsel ini menawarkan berbagai kemampuan yang maksimal, dan bahkan meningkatkan prestise bagi para penggunanya, karena form factor-nya yang cukup unik. Bisa dikatakan ponsel ini adalah paket lengkap dari sebuah perangkat pintar yang bisa diandalkan untuk berbagai kegiatan.Review Samsung Galaxy Z Fold5: Terbaik, Jawara Multitasking