Review Samsung Galaxy M52 5G: Performa Gahar, Pas Buat Gaming

Review Samsung Galaxy M52 5G spesifikasi harga

Telset.idSamsung Galaxy M52 5G menawarkan spesifikasi kencang dengan baterai jumbo 5000 mAh. Meski mengusung fitur kelas atas, harganya ditawarkan relatif terjangkau. Sebelum beli, cek dulu performanya dalam review Galaxy M52 5G.

Samsung kembali menambahkan line up HP 5G terbaru di Indonesia dengan mendatangkan Galaxy M52 5G. Smartphone ini menjadi Galaxy M series pertama yang mengadopsi jaringan internet generasi kelima.

Menariknya, harga Galaxy M52 5G juga relatif tidak terlalu mahal, jika melihat spesifikasi yang diusung. Perangkat yang masuk rekomendasi HP terbaik Samsung terbaru ini menyasar segmen mid range dengan menawarkan sejumlah keunggulan.

Apa saja keunggulannya? Makanya simak artikel review Samsung Galaxy M52 5G ini sampai tuntas. Tidak perlu berpanjang lebar, langsung kita masuk ke menu utama review Samsung Galaxy M52 5G berikut ini. Enjoy!

Baca Juga: Informasi Lengkap Samsung Galaxy M52 5G

Desain

review galaxy m52 5g

Kesan pertama yang kami dapatkan ketika menggenggam smartphone ini adalah, bodinya terasa begitu ramping. Menurut fact sheet dari Samsung yang kami kutip, Samsung Galaxy M52 5G ini memiliki ketebalan hanya 7,4mm saja.

Demikian juga dengan bobotnya yang terbilang ringan, yakni sekitar 173 gram saja. Kami cukup takjub Samsung bisa mewujudkan smartphone yang tipis dan ringan, padahal memiliki baterai dengan kapasitas besar.

Meski memiliki bodi yang tipis, namun sama sekali tidak ada kesan ringkih yang kami rasakan dari smartphone ini. Digenggaman juga terasa nyaman dengan lekukan yang terasa pas di permukaan tangan.

Desain yang diterapkan di Samsung Galaxy M52 5G masih mengadopsi pola bergaris vertikal. Vibe-nya serupa dengan Samsung Galaxy M32 dan Samsung Galaxy M22 yang sebelumnya juga sempat kami review.

Baca Juga: Samsung Galaxy M52 5G Belum Bisa Dipakai Internetan 5G

Hanya saja di sini Galaxy M52 5G memiliki frame kamera yang berbeda jika dibandingkan dengan dua smartphone di atas. Material back cover-nya dibuat dari polikarbonat alias plastik.

Finishing-nya diberikan sentuhan glossy, yang sangat disayangkan kerap meninggalkan noda sidik jari dari penggunanya. Ini membuat bodinya sering terlihat dekil, apalagi jika pemiliknya malas untuk membersihkannya.

Harga Galaxy M52 5G

Solusinya mungkin Anda bisa menggunakan case tambahan. Tapi seperti biasa, Samsung tidak menyertakan bonus casing dalam paket penjualan. Sehingga mau tak mau Anda harus membelinya secara terpisah.

Bodinya yang tipis dan ringan ini ternyata juga menimbulkan konsekuensi lain. Ini menyebabkan jack audio 3,5mm harus absen di Samsung Galaxy M52 5G.

Sebagai gantinya, apabila ingin menggunakan headset, Anda harus membeli adaptor USB Type C to jack audio 3,5mm atau menggunakan headset wireless Bluetooth.

Baca Juga: Review Samsung Galaxy M22 Indonesia

Jangan harap ada adaptor USB Type C to jack audio 3,5mm dalam paket penjualan. Bonus casing saja yang biasa diberikan vendor smartphone lain secara cuma-cuma, tidak ditemukan di box ponsel Samsung.

Untuk port lainnya masih tersedia pastinya, seperti USB Type C yang berada di sisi bawah berdampingan dengan mic dan grill speaker. Sisi kirinya terdapat slot SIM tray yang bisa menampung dua SIM card dan satu microSD.

Sementara di sisi kirinya menjadi tempat untuk tombol volume dan power yang sudah terintegrasi dengan fitur pemindai sidik jari. Jika melihat desainnya yang apik, harga Galaxy M52 5G masih termasuk worth it untuk dibeli.

Layar dan Audio 

Samsung Galaxy M52 5G

Spesifikasi Galaxy M52 5G di sektor layar terbilang cukup mumpuni di kelasnya. HP anyar Samsung ini menggunakan layar Super AMOLED berukuran 6,7 inci dan memiliki resolusi Full HD+.

Layarnya mengadopsi desain Infinity O, alias menggunakan punch hole di bagian tengah.  Refresh rate-nya juga tergolong tinggi, yakni mencapai 120Hz. Dengan ini transisi konten bakal terlihat lebih smooth di mata.

Kombinasinya benar-benar memanjakan pengguna secara visual, baik untuk scrolling, menonton film hingga bermain game.

Baca Juga: 10 Game Android yang Bisa Mabar Sama Teman

Sayangnya fitur refresh rate ini kami temukan tidak bersifat adaptif. Jadi Anda perlu mengaturnya secara manual untuk menentukan refresh rate mana yang mau digunakan.

Jika ingin tampilan yang smooth, Anda perlu memilih untuk menggunakan pengaturan High di 120Hz.  Namun jika Anda menginginkan daya yang lebih hemat, pilih pengaturan standar di 60Hz.

Harga Galaxy M52 5G

Sangat disayangkan Samsung tidak menyediakan pengaturan refresh rate yang bersifat adaptif. Karena pengaturan refresh rate secara manual ini bisa cukup merepotkan.

Berbicara mengenai kualitas audio di Galaxy M52 5G, semburan suaranya terdengar empuk. Walaupun masih menggunakan speaker mono, namun audionya tidak terdengar pecah meski volume di-set penuh.

Ditambah lagi, audio di Samsung Galaxy M52 sudah didukung oleh Dolby Atmos. Kualitas suaranya dijamin bukan “kaleng-kaleng”. So, harga Galaxy M52 5G yang menembus angka 5 jutaan masih cukup layak, bukan.

Performa

review galaxy m52 5G

Untuk urusan performa, Samsung mempercayakannya pada prosesor 5G terbaru daru Qualcomm, Snapdragon 778G. Prosesor ini dibuat dengan menggunakan arsitektur 6nm.

Snapdragon 778G 5G dilengkapi dengan CPU Kryo 670 yang dibuat khusus oleh Cortex-A78. Kecepatan yang dihasilkan mencapai 2,4 GHz.

SoC ini menyertakan kartu grafis Adreno 642L, yang menghadirkan dukungan untuk Vulkan 1.1, OpenGL 3S 3.1, OpenCL 2.0 FP, HDR10 +, dan HDR10.

Baca Juga: Keunggulan Chipset Snapdragon 778G

Tersedia juga dukungan untuk gaming berkat hadirnya fitur Snapdragon Elite Gaming. Berkat fitur ini, ponsel akan bisa menjalankan berbagai game dengan lebih optimal.

Kinerja dari prosesor ini juga didukung dengan RAM 8 GB. Samsung tidak ketinggalan menyertakan fitur yang saat ini tengah populer, yakni RAM Plus.

Fitur RAM Plus ini memungkinkan pengguna untuk meningkatkan kapasitas RAM dengan cara menambahkan virtual RAM yang diambil dari memori internal. Nantinya pengguna bisa menambah kapasitas virtual RAM hingga 4 GB.

Saat kami cek, RAM Plus ini sudah otomatis aktif. Sehingga pengguna tidak perlu repot-repot untuk mengaktifkannya.

Baca Juga: Review Samsung Galaxy Z Flip3

Sementara untuk memori penyimpanan internalnya berkapasitas 128 GB. Apabila masih perlu penyimpanan yang lebih besar, Samsung menyediakan slot memori eksternal yang bisa menampung microSD hingga 1 TB.

Lantas bagaimana dengan kinerja dari dapur pacunya ini? Untuk memperoleh gambarannya kami telah melakukan uji benchmark seperti biasa.

Pengujian pertama menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark. Pada uji performa smartphone dengan menggunakan aplikasi populer ini, Galaxy M52 5G mampu mendapatkan skor yang menurut kami lumayan tinggi.

Review Galaxy M52 5G

Samsung Galaxy M52 5G yang kami uji berhasil meraih skor sebesar 500.025 poin. Skor yang menurut kami lumayan tinggi. Tidak begitu mengherankan, mengingat chipset yang digunakan tergolong baru dan cukup powerful di kelasnya.

Uji coba berikutnya menggunakan aplikasi PC Mark untuk melihat simulasi smartphone dalam menjalankan task sehari-hari. Dalam uji benchmark ini Galaxy M52 5G juga mendapatkan skor lumayan tinggi sebesar 12.092 poin.

HP 5 Jutaan terbaik

Terakhir adalah menguji kemampuan grafik dengan menggunakan berbagai mode di aplikasi 3D Mark. Mulai dari Sling Shot yang mendapatkan skor sebesar 6.319, kemudian Sling Shot Extreme dengan raihan 5.031 poin dan juga pengujian Wild Life dengan hasil 2.171 poin.

Screenshot_20211112-142547_3DMark

Selama review Samsung Galaxy M52 5G untuk berbagai penggunaan sehari-hari kami merasa cukup enjoy dengan performa yang ditawarkannya. Multitasking tiap aplikasi bisa dijalankan dengan sangat lancar.

Untuk gaming, smartphone ini tentu tak perlu lagi dipertanyakan. Sebagai informasi, Spesifikasi Galaxy M52 5G masuk dalam daftar 10 smartphone mid-range dengan kinerja terkencang per bulan Oktober 2021 versi AnTuTu Benchmark.

Titel tersebut jelas memberikan gambaran seperti apa performa yang ditawarkan oleh smartphone ini. Namun pastinya kami juga ingin mencoba langsung, apakah benar smartphone ini benar andal untuk gaming.

Harga Galaxy M52 5G

Kami coba langsung memainkan game terbaru, PUBG New State menggunakan Samsung Galaxy M52 5G. Hasilnya kami dibuat takjub, karena HP Samsung satu ini mampu menjalankan game battle royale tersebut dengan lancar di pengaturan grafik Ultra dan FPS Max.

Asal tahu saja, pengaturan tersebut merupakan yang tertinggi di game PUBG New State alias rata kanan. Game bisa dimainkan dengan sangat lancar dan smooth.

Tes Baterai

Samsung Galaxy M52 5G menggendong baterai dengan kapasitas 5.000 mAh. Smartphone ini mendukung teknologi pengisian daya dengan kecepatan 25W. Sayangnya Samsung hanya menyertakan adaptor charger 15W dalam paket penjualannya.

Mengenai daya tahan baterainya, dari pengujian yang sudah dilakukan, kami berhasil mendapatkan screen on time selama 14 jam 33 menit dengan kondisi baterai sisa sebanyak 19%.

HP 5G Samsung

Dengan catatan, durasi pengujian screen on time tersebut didapatkan dengan refresh rate yang stay di 120Hz. Kemungkinan besar jika refresh rate diatur ke 60Hz, durasi screen on time yang didapat bisa jauh lebih lama.

Sementara itu untuk durasi pengisian daya menggunakan adaptor charger 15W, kami menghabiskan waktu sekitar 1 jam 48 menit untuk mengisi baterai dari 2% hingga 100%.

Terbayang kan, seberapa cepatnya jika pengisian daya baterai dilakukan jika menggunakan adaptor charger dengan output daya maksimal 25W?! Meski begitu, Galaxy M52 5G pantas menjadi HP baterai 5000 mAh terbaik.

Kamera

review galaxy m52 5G

Untuk keperluan mengabadikan berbagai momen, Samsung Galaxy M52 5G dibekali dengan tiga kamera di bagian belakang dan satu kamera depan.

Konfigurasinya terdiri dari kamera utama 64 MP, kamera ultrawide 12 MP dan kamera makro 5 MP. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 32 MP.

Mengenai hasilnya, foto yang dihasilkan dari kamera utama terlihat menawarkan warna dan detail yang cukup bagus ketika memotret di luar ruangan dan di dalam ruangan.

Pun demikian dengan Dynamic Range yang sudah sangat baik dihasilkan oleh kamera. Supaya detail yang ditangkap lebih bagus, jangan lupa untuk nyalakan mode HDR.

Review Galaxy M52 5G

Review Galaxy M52 5G

Galaxy M52 5G

HP 5 Jutaan terbaik

Untuk foto di tempat yang sangat minim cahaya atau di malam hari, Anda bisa menggunakan night mode. Fitur ini sangat membantu untuk menghasilkan foto malam hari atau minim cahaya agar tampak lebih terang.

Hasil foto dengan night mode juga terlihat minim noise, sehingga hasil jepretan kamera HP Samsung dengan kamera terbaik ini masih sedap dipandang mata.

HP 5 Jutaan terbaik

Sementara untuk kamera ultrawide-nya juga tak kalah apik. Hanya saja memang kualitasnya agak sedikit menurun jika dibandingkan dengan hasil dari kamera utama.

Sementara untuk kemampuan kamera makronya, kami sama sekali tak menemukan kendala ketika memanfaatkannya untuk mengambil detail objek dari jarak sangat dekat.

Review Samsung Galaxy M52 5G
Hasil Foto Kamera Makro

Gimana dengan hasil kamera depannya? Hasil selfie dari kamera depannya cukup bagus. Layak untuk dipamerkan di sosial media.

Samsung Galaxy M52 5G

Selain andal untuk selfie, kamera depannya ini juga sudah sangat mumpuni untuk digunakan meeting atau sekolah online, membuat konten di Instagram atau TikTok, hingga live streaming.

Sayang untuk video hasilnya agak kurang stabil karena absennya fitur Optical Image Stabilizer. Namun mengenai kualitas gambarnya menurut kami masuk kategori lumayan bagus.

Kesimpulan

Samsung Galaxy M52 5G

So far, Samsung Galaxy M52 5G ini menjadi seri Galaxy M series yang kami rasa paling memuaskan. Dengan mengeluarkan dana sekitar Rp 5 jutaan, Anda bisa mendapatkan smartphone dengan fitur yang lumayan lengkap.

Walaupun tetap ada beberapa kekurangan, namun kami menganggapnya sebagai kekurangan minor dan masih bisa dikompromikan. Harga Galaxy M52 5G yang ditawarkan juga masih masuk akal.

Demikian hasil pengalaman kami selama review Samsung Galaxy M52 5G. Apabila Anda bertanya apakah smartphone ini layak beli? Jawaban kami adalah, iya! Performanya yang apik membuat Galaxy M52 5G pantas menjadi salah satu HP 5 jutaan terbaik.

Kelebihan Samsung Galaxy M52 5G

  • Desain tipis dan ringan
  • Layar AMOLED Full HD+
  • Refresh rate hingga 120Hz
  • Performa gahar Snapdragon 778G
  • Cocok untuk Gaming
  • Kapasitas Baterai Besar
  • Hasil kamera memuaskan
  • Mendukung Dolby Atmos

Kekurangan Samsung Galaxy M52 5G

  • Tidak ada jack audio 3,5mm
  • Tidak ada OIS
  • Tidak ada Adaptive refresh rate
SPESIFIKASI SAMSUNG GALAXY M52 5G
Rilis September 2021
Network 2G, 3G, 4G, 5G
OS Android 11, One UI Core 3.1
Chipset Qualcomm SM7325 Snapdragon 778G 5G (6 nm)
CPU Octa-core (4×2.4 GHz Kryo 670 & 4×1.8 GHz Kryo 670)
GPU Adreno 642L
RAM 8 GB
Storage 128 GB
Dimensi 164.2 x 76.4 x 7.4 mm, 173 gram
Layar Super AMOLED Plus 6,7 inci, Full HD+, 120Hz
Kamera Utama 64 MP (wide), 12 MP (ultrawide), 5 MP (macro)
Kamera Depan 32 MP (wide)
Beterai 5000 mAh, fast charging 25W
Warna Icy Blue, Blazing Black, White
Harga Rp 5,3 jutaan
Berita sebelumyaSony Alpha 7 IV Resmi Melenggang di Indonesia, Intip Fiturnya!
Berita berikutnyaPUBG Mobile Gelar Reunion Party, Bagikan iPhone 13 Pro Max!

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here