telset

Review Samsung Galaxy M32: Cocok untuk Nonton Streaming Film

Telset.id – Samsung menghadirkan pilihan baru smartphone baterai besar dalam wujud Samsung Galaxy M32. Buat Anda yang mencari smartphone dengan kapasitas baterai yang besar, review Samsung Galaxy M32 berikut ini wajib Anda baca.

Samsung Galaxy M32 menggendong baterai 5.000 mAh. Kapasitanya memang tergolong besar untuk smartphone masa kini, walaupun sudah ada juga pilihan dengan 6.000 mAh atau 7.000 mAh meski belum tersedia dalam banyak varian.

HP terbaru dari Samsung ini bakal bersaing dengan smartphone lain di rentang harga Rp 3 juta. Seperti Redmi Note 10S, Realme 8 5G atau Poco X3 Pro.

Baca Juga: Review Samsung Galaxy S20 FE

Pada kesempatan ini kami telah mencoba dan mengulik langsung Galaxy M32. Hasil pengujiannya kami sajikan di artikel review Samsung Galaxy M32, spesial untuk Anda.

Desain

review samsung galaxy m32
Samsung Galaxy M32

Galaxy M32 yang berada di tangan kami merupakan varian warna Light Blue. Tersedia juga dua varian lain, yakni Light Black dan Light White.

Pada bagian desain ini kami cukup suka dengan visual yang ditampilkan Galaxy M32. Tampil beda dengan pola garis-garis tipis yang akan berpendar sewarna pelangi ketika tertimpa cahaya.

Sayangnya kami kurang suka dengan penggunaan body bermaterial plastik atau polikarbonat pada smartphone ini.

Walaupun menarik secara visual, first impression kami saat menggenggamnya agak terganggu dengan kualitas material bodi yang digunakan ponsel ini.

Samsung Galaxy M32
Samsung Galaxy M32

Entah bagaimana Samsung mengemasnya, sehingga feel-nya kurang menunjukkan bahwa ini merupakan smartphone berharga Rp 3 jutaan.

Meski menggendong baterai dengan kapasitas yang besar, tetapi bobotnya tidak terasa memberatkan. Mungkin penggunaan material polikarbonat juga ikut berkontribusi mengurangi bobot smartphone.

Noda sidik jari juga masih sangat rentan tertinggal. Daripada repot terlalu sering membersihkan, penggunaan case tambahan sangat kami rekomendasikan.

Sayangnya Anda perlu keluar uang tambahan untuk membeli case, karena Samsung tak menyertakan bonus aksesoris case sama sekali dalam paket penjualan.

Baca Juga: 10 HP Samsung Terbaru 2021, Rekomendasi Terlengkap

Ini yang selalu kami kritisi dari paket penjualan smartphone Samsung, pastinya yang pernah kami review. Padahal aksesoris ini menjadi sentuhan kecil yang bagus untuk konsumen.

Terlebih, kompetitor mereka masih sangat royal memberikan aksesoris tersebut, bahkan untuk smartphone dengan harga di bawah Rp 3 jutaan.

Untungnya, Samsung masih menyertakan adaptor charger dalam paket penjualan Galaxy M32 dan tak menghilangkannya dengan alasan ramah lingkungan.

Urusan port masih lengkap, jack audio 3,5mm terpasang sebaris dengan port USB Type C dan juga grill speaker. Fingerprint berada di sisi kanan, terintegrasi dengan tombol power.

Sementara slot SIM berada di sisi kiri, dan mampu menampung dua SIM card sekaligus plus satu buah microSD hingga kapasitas 1 TB.

Layar

Samsung Galaxy M32
Samsung Galaxy M32

Review Samsung Galaxy M32 masuk ke bagian layar, yang mana jadi salah satu keunggulan dari smartphone ini. Pasalnya, Samsung telah membenamkan layar berjenis Super AMOLED dan memiliki resolusi Full HD+.

Penggunaan layar Super AMOLED dengan ukuran 6,4 inci ini kami akui membuat tampilan konten terlihat begitu nyaman di mata dengan warna vivid.

Kecanggihan layarnya juga makin lengkap berkat adanya fitur refresh rate 90Hz. Tetapi sayangnya tidak ada pengaturan adaptif untuk fitur refresh rate-nya ini.

Jadi layar tidak bisa menyesuaikan refresh rate sesuai kegiatan yang dilakukan. Ujungnya mau tidak mau harus memilih menggunakan refresh rate 60Hz atau 90Hz.

Samsung Galaxy M32
Samsung Galaxy M32

Jika Anda ingin tampilan yang lebih halus, tinggal pilih refresh rate 90Hz. Tetapi jika ingin baterai yang lebih awet, pilih refresh rate 60Hz. Semua tinggal disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Sebagai proteksi, Samsung juga sudah menggunakan lapisan Corning Gorilla Glass 5 di bagian layar. Walaupun sejujurnya kami tidak mencoba langsung durabilitas dari Gorilla Glass 5 ini.

Spesifikasi dan fitur yang disematkan pada layarnya menurut kami sangat ideal buat Anda yang suka streaming film atau nonton drakor di smartphone.

Kami cukup nyaman streaming Netflix menggunakan smartphone ini. Perpaduan layar Super AMOLED dan resolusi Full HD+ kami jamin membuat Anda betah berlama-lama menikmati sajian film atau serial favorit.

Performa

Samsung Galaxy M32
PUBG Mobile di Samsung Galaxy M32

Samsung Galaxy M32 mengandalkan chipset MediaTek Helio G80. Chipset dengan manufaktur 12nm ini diduetkan dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB.

Seperti review yang ada sebelumnya, kali ini kami sudah melakukan uji benchmark untuk mendapatkan gambaran performa smartphone dari segi angka. Seperti biasa, kami menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark, PC Mark, dan juga 3D Mark.

Pengujian pertama kami lakukan dengan menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark versi 9. Pada review Samsung Galaxy M32 ini berhasil meraih skor sebesar 208.128.

antutu Samsung Galaxy M32

Skornya terbilang sesuai dengan ponsel lain yang sudah kami review dan menggunakan Helio G80, Redmi 9 misalnya yang meluncur tahun 2020 lalu dan mendapat skor sebesar 200.189.

Namun jika dibandingkan dengan smartphone di rentang harga Rp 3 jutaan, ada beberapa smartphone yang menawarkan performa lebih tinggi seperti Realme 8 atau Poco X3 Pro.

Beralih ke pengujian dengan PC Mark, smartphone Samsung ini berhasil meraih skor sebesar 6.532 poin. Jika dibandingkan lagi dengan Redmi 9, skornya terbilang inferior karena smartphone besutan Xiaomi tersebut mendapat poin sebesar 8.687.

Samsung Galaxy M32 pcmark

Terakhir adalah pengujian grafik dengan menggunakan aplikasi 3D Mark. Dari pengujian ini, kami berhasil meraih skor sebesar 1.662 poin untuk mode Sling Shot, dan 1.315 untuk Sling Shot Extreme.

Samsung Galaxy M32 3d mark

Berdasarkan pemakaian langsung sehari-hari, performa Galaxy M32 kami rasakan cukup lancar untuk multitasking dan berbagai tugas-tugas ringan. Mungkin ini berkat adanya dukungan RAM yang cukup besar.

Sementara untuk bermain game, kami mencoba memainkan game PUBG Mobile. Galaxy M32 bisa memainkan game battle royale tersebut di pengaturan grafik HD dan frame rate high.

Meski demikian, menurut kami untuk keperluan gaming kompetitif performanya agak kurang. Sementara untuk penggunaan gaming casual masih bisa mengakomodir dengan sangat baik.

Baterai

Samsung Galaxy M32 dibekali dengan baterai 5.000 mAh. Pertanyaannya, berapa lama baterainya bisa bertahan dalam sekali pengisian daya?

Setelah melalui pengujian dengan menggunakan aplikasi PC Mark, smartphone ini berhasil mencatatkan screen on time selama 14 jam 24 menit dengan baterai tersisa sekitar 19%.

Samsung Galaxy M32

Meski terus menyala selama 14 jam non stop, namun suhu tetap stabil dan tidak terasa adanya indikasi panas yang berlebih.

Terus gimana dengan durasi pengisian dayanya? Setelah kami uji dan pantau, Galaxy M32 membutuhkan waktu sekitar 1 jam 59 menit untuk mengisi daya baterai dari 3% sampai 100% menggunakan adaptor charger 15W yang tersedia di paket penjualan.

Kamera

review samsung galaxy m32
Samsung Galaxy M32

Sektor fotografi dari Galaxy M32 mengandalkan setup quad camera pada bagian belakang. Terdiri dari kamera utama 64 MP, kamera ultra-wide 8 MP, kamera makro 2 MP dan depth sensor 2 MP. Sementara kamera depannya punya resolusi 20 MP.

Selain sudah mendukung auto focus, kamera smartphone ini juga memiliki scene detection yang cukup cepat mendeteksi setiap scene pengambilan gambar.

Kinerja kamera utamanya cukup baik untuk pengambilan gambar di tempat dengan cahaya melimpah. Sayang dynamic range-nya agak kurang maksimal.

Baca Juga: Smartphone Diprediksi Bakal Mahal dan Langka, Kok Bisa?

Scene detection tadi juga sangat membantu memberikan warna yang lebih optimal pada hasil jadi foto.

Beralih ke kamera ultra wide yang memberikan sudut pandang lebih luas. Distorsi juga cukup terkendali, hanya saja detail foto menurun ketika Anda beralih menggunakan mode ini.

Untuk performa kamera makronya, kamera cukup baik mengunci fokus pada objek dari jarak dekat. Kami sama sekali tidak menemukan kesulitan ketika harus mengambil detail dari objek yang ingin dipotret.

Hanya saja Anda perlu memastikan agar jarak kamera dengan objek tidak terlalu jauh dan juga tidak terlalu dekat.

Bagi Anda yang gemar membuat foto bokeh, kamera dari Galaxy M32 sangat baik ketika mengelola kedalaman antara subjek dan latar belakang. Pendeteksi tepiannya juga cukup bagus, sehingga efek bokeh terlihat rapih.

Baca Juga: Kerennya Desain Samsung Galaxy S21 Edisi Olimpade Tokyo 2020

Samsung juga menyediakan pengaturan tingkat kebokehan sebelum memotret. Sehingga dari awal Anda bisa menentukan seberapa bokeh yang diterapkan pada foto tersebut.

Tidak ketinggalan fitur Night Mode untuk membantu mengambil gambar di malam hari atau tempat dengan cahaya redup. Berdasarkan hasil yang kami abadikan, gambar di malam hari jadi terlihat lebih cerah saat dipotret menggunakan mode ini.

Fitur Night Mode ini juga bisa digunakan pada kamera ultra wide. Hanya saja kami sangat tidak merekomendasikan, karena detail akan menurun dan gambar juga terlihat tidak terlalu cerah.

Sementara hasil kamera selfie lumayan oke dengan detail bagus. Portrait Selfie juga bagus dan kamera lagi-lagi mampu mendeteksi tepian dengan baik. Overall, hasil kameranya lumayan untuk dibagikan di sosial media.

Hasil Kamera Utama Outdoor

Hasil Kamera Outdoor Ultrawide Samsung Galaxy M32
Hasil Kamera Outdoor Ultrawide

Hasil Foto Outdoor Samsung Galaxy M32
Hasil Foto Outdoor

Hasil Foto Indoor Samsung Galaxy M32
Hasil Foto Indoor

Hasil Foto Indoor Samsung Galaxy M32
Hasil Foto Indoor

Hasil Foto Makro Samsung Galaxy M32
Hasil Foto Makro

Hasil Selfie Portrait Samsung Galaxy M32
Hasil Selfie Portrait

Kesimpulan

Review Samsung Galaxy M32
Samsung Galaxy M32

Samsung Galaxy M32 kami rasa sangat cocok untuk pengguna yang gemar streaming atau nonton film melalui smartphone. Layar Super AMOLED beresolusi Full HD+, refresh rate 90Hz dan baterai 5.000 mAh merupakan perpaduan yang sepertinya cukup sempurna untuk menikmati berbagai konten multimedia.

Dengan screen on time yang mencapai 14 jam lebih, Anda bisa maraton film atau serial sampai puas. Makin nikmat berkat proyeksi gambar dengan akurasi warna tinggi dari layar Super AMOLED.

Performa multitaskingnya juga cukup bisa diandalkan untuk penggunaan sehari-hari. Hanya saja kurang maksimal untuk gaming tingkat kompetitif.

Salah satu hal yang bisa menjadi batu sandungan bagi Galaxy M32 ini adalah, banyaknya kompetitor yang punya spesifikasi lebih baik di rentang harga Rp 3 jutaan.

Tetapi pastinya Galaxy M32 tetap memiliki sejumlah kelebihan dan daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Kelebihan

+ Desain anti mainstream

+ Layar Super AMOLED

+ Refresh Rate 90Hz

+ Baterai Besar

+ Hasil Foto Lumayan

Kekurangan

– Bodi plastik

– Banyak Pilihan dengan Spesifikasi Lebih Tinggi di Rentang Harga Ini

SPESIFIKASI SAMSUNG GALAXY M32
Rilis 21 Juni 2021
Network 2G, 3G, 4G
OS Android 11, One UI 3.1
Chipset Mediatek Helio G80 (12 nm)
CPU Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55)
GPU Mali-G52 MC2
RAM 4 GB/ 6 GB
Storage 64 GB/ 128 GB
Dimensi 160 x 74 x 9 mm (6.30 x 2.91 x 0.35 in), 196 g
Layar Super AMOLED 6.4 inches, 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio, 90Hz, 800 nits (HBM)
Kamera Utama 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
Kamera Depan 20 MP, f/2.2, (wide)
Beterai Li-Ion 6000 mAh, Fast charging 25W
Warna Black, Light Blue
Harga Rp 2,9 jutaan – Rp 3,3 jutaan

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0