Review Realme C15: Baterai Jumbo Super Awet

Telset.id – Bermodal keunggulan berupa baterai 6.000 mAh, Realme C15 resmi menyapa masyarakat Indonesia. Dengan segera, kami siap menyajikan review Realme C15 untuk Anda.

Ibarat makanan, Realme baru saja menyuguhkan Realme C11 untuk kita. Meski Realme C11 masih terasa hangat, kita kembali disajikan dengan Realme C15, yang sialnya, tak kalah menggoda.

Mungkin ini akan terasa menjengkelkan bagi mereka yang sudah terlanjur meminang Realme C11. Dengan merogoh kocek sedikit lebih dalam, konsumen bisa membawa pulang Realme C15 dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Realme Terbaru}

Supaya memberikan gambaran lebih jelas mengenai kemampuan, kelebihan dan juga pastinya kekurangan dari Realme C15, yuk langsung saja disimak review Realme C15 berikut ini.

Desain

Sedikit informasi, Realme memilih Indonesia sebagai tempat peluncuran pertama dari seri Realme C15. Indonesia dianggap sebagai tempat yang spesial dalam perjalanan Realme di industri smartphone.

Pada Realme C15, mereka menerapkan sebuah desain baru yang cukup segar. Mereka membahasakan desain pada Realme C15 sebagai Geometric Gradient Design dan tersedia dalam pilihan warna Marine Blue dan Seagull Silver.

Desain ini memunculkan grafis berbentuk trapesium pada bagian bodi belakang. Ini membuat adanya 3 area dengan sudut garis dengan warna gradasi yang berbeda.

Bodinya dibuat dari material polikarbonat dan membuatnya memiliki tekstur yang tidak licin saat berada di genggaman tangan.

Nah, untuk bikin desain ini ternyata gak gampang, Sob. Menurut Realme, ini dibuat dengan mesin ukiran lima sumbu presisi dan 300 menit polishing. Kemudian curva diukir untuk menciptakan efek cahaya reflektif khusus.

Ini bikin desain Realme C15 tampil beda dari yang lainnya. Ditambah lagi, desain ini juga gak bakal meninggalkan jejak-jejak sidik jari yang bikin bodi ponsel terlihat dekil.

Frame kamera belakangnya dibuat dalam frame berbentuk persegi, sekilas mirip dengan Realme C11, hanya saja memiliki desain yang berbeda dan jumlah kamera yang lebih banyak. Serta tak ketinggalan adanya sensor fingerprint di tengah.

Berputar ke bagian depan, Realme mengadopsi desain yang mereka sebut sebagai Mini drop Fullscreen. Sebenarnya ini mengacu pada desain layar yang menggunakan notch kecil berbentuk dot drop.

Layarnya sendiri berukuran 6,5 inci dengan resolusi HD+ 720×1600. Sementara rasio layar ke bodinya mencapai 88,7 persen. Bagian ini juga sudah dilapisi pelindung Corning Gorilla Glass 3.

Menurut kami untuk menikmati beragam konten multimedia atau bermain game, layar Realme C15 sudah cukup nyaman untuk smartphone sekelasnya.

Bergeser ke bagian sisi-sisinya, pada bagian bawah jack audio 3,5mm, microphone, lubang speaker, dan port pengisian daya yang masih menggunakan micro USB.

Tombol power dan volume berada di bagian kanan, sementara di sisi kiri ditempati oleh slot SIM tray yang bisa memuat dua SIM card dan satu slot memori eksternal yang bisa menampung microSD hingga kapasitas 256 GB.

Paket penjualannya sendiri terdiri dari, unit Realme C15, adaptor pengisian daya, kabel micro USB, kartu garansi, buku panduan, SIM ejector, dan lapisan pelindung layar.

 

Spesifikasi

Soal performa, apakah smartphone ini hanya mengedepankan kapasitas baterai 6.000 mAh? Mari kita tengok bersama.

Realme C15 dimotori chipset MediaTek Helio G35. Chipset yang memiliki arsitektur 12nm tersebut menawarkan kecepatan 2,3GHz. Ini merupakan chipset yang sama yang juga digunakan pada Realme C11.

Helio G35 yang diluncurkan pada bulan Juli lalu ini memiliki teknologi MediaTek HyperEngine untuk kinerja yang lebih cepat dan lancar, efisiensi daya dan grafik yang lebih baik.

Smartphone ini juga sudah didukung RAM berjenis LPDDR4X  berkapasitas 3 GB dan 4 GB. Dibandingkan dengan LPDDR3, kinerja grafis dari LPDDR4X meningkat hingga 20% dan kinerja RAM mencapai 100%.

Untuk penyimpanan aplikasi dan file, Realme C15 tersedia dalam dua varian yakni 64 GB dan 128 GB. Kapasitas yang cukup besar, tinggal disesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Pada sistem operasinya, ponsel pintar ini menggunakan Android 10 yang dilapisi dengan tampilan antarmuka Realme UI.

{Baca Juga: Sebelum Beli, Yuk Intip Kelebihan dan Kekurangan Realme C15}

Sensor yang ditanamkan juga cukup lengkap. Mulai dari accelerometer, light sensor, orientation store, proximity, gyroscope, sound sensor, dan magnetic sensor.

Anda tidak akan menemukan fitur NFC di smartphone ini. Hal yang sangat bisa dimaklumi mengingat ponsel ini berada di segmen entry level.

Seperti review-review sebelumnya, kami juga tak ketinggalan melakukan serangkaian pengujian performa dengan menggunakan aplikasi benchmarking, seperti AnTuTu Benchmark, 3D Mark dan PC Mark.

AnTuTu Benchmark

Pada pengujian AnTuTu Benchmark bertujuan untuk memperoleh gambaran terkait performa smartphone yang menyeluruh. Seperti performa CPU, GPU, memory dan juga user experience.

Berdasarkan pengujian yang kami lakukan, Realme C15 sanggup meraih skor sebesar 110.928.

PC Mark

Berikutnya pengujian kami lakukan dengan memanfaatkan aplikasi PC Mark. Pada uji satu ini, Anda bisa mendapatkan gambaran performa ponsel pintar saat digunakan untuk menjalankan tugas sehari-hari,

Hasilnya, pengujian dengan PC Mark berhasil meraih poin 5.993 untuk worl performance-nya.

3D Mark

Kemudian, pengujian berikutnya memanfaatkan aplikasi 3D Mark untuk  memperoleh gambaran kemampuan performa GPU dari Realme C15.

Lewat pengujian yang kami lakukan, Realme C15 sanggup meraih 850 poin untuk tes Sling Shot dan 450 untuk Sling Shot Extreme.

HALAMAN BERIKUTNYA ⇒

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0