telset
spot_img
spot_img

Review Realme X2 Pro: Ngebut Berkat Snapdragon 855+ & SuperVOOC

Kamera

Realme X2 Pro bukan cuma smartphone yang bisa diajak kebut-kebutan, tapi juga bisa memudahkan penggunanya yang suka mobile photography. Sebab, smartphone ini mengusung kamera utama 64MP sebagai salah satu daya tarik utamanya.

Smartphone ini mengusung empat kamera belakang, dan satu kamera depan. Kelima kamera ini didukung oleh teknologi berbasis AI, bernama AI Scene Recognition untuk kamera belakang, dan AI Intelligent Beauty untuk kamera depan. 

Sementara untuk konfigurasi kameranya, masing-masing adalah lensa 64MP aperture f/1.8 sebagai kamera utama, lensa telephoto 13MP yang mendukung 2x optical-zoom, 8MP lensa ultrawide, dan 2MP lensa depth. Sedangkan kamera depan, 16MP aperture f/2.0.

Membahas kamera utama terlebih dahulu. Secara default, kamera 64MP pada smartphone ini menangkap gambar di resolusi 16MP. Tidak-tidak, ini bukan gimmick kok, tapi karena lensa Samsung ISOCELL GW1 yang digunakannya mengusung teknologi Tetracell.

Buat kalian yang belum tahu apa teknologi tersebut, kami kasih tahu. Jadi, teknologi mampu memadatkan piksel foto, sehingga detail dan kualitas foto pun menjadi berkualitas baik.

Karena bukan gimmick, pengguna tetap bisa kok menangkap gambar di mode 64MP. Mode ini benar-benar menghasilkan foto di resolusi 64MP dengan detail yang bagus, meski foto telah diperbesar beberapa kali. Berikut hasil fotonya:

Kamera Utama 64MP Realme X2 Pro

Kamera Utama 64MP Realme X2 Pro

Seperti smartphone yang beredar saat ini, kamera Realme X2 Pro juga mendukung pengambilan foto malam berkat adanya fitur Nightscape 2.0. Saat kami memotret suasana malam, kamera mampu menghasilkan foto malam yang berkualitas, minim noise, dan punya komposisi warna yang tepat. Berikut beberapa hasil fotonya:

Kamera Nightscape Realme X2 Pro

Lensa telephoto 13MP di sini menyuguhkan optimasi optical-zoom hingga 2 kali, hybrid-zoom sampai 5 kali, dan digital-zoom sampai 20 kali. Bagaimana kualitasnya? Ketika kami menangkap gambar dengan perbesaran optic, tentu hasilnya akan jernih, detail, dan minim noise.

Tapi, apabila mengambil gambar menggunakan mode hybrid-zoom apalagi digital-zoom, jangan harapkan foto dengan detail yang bagus, dan tidak ada noise. Foto yang dihasilkan pun cenderung biasa saja ketika menggunakan mode ini. Berikut foto-fotonya:

Kamera Telephoto Realme X2 Pro

Penyakit utama ketika mengambil foto menggunakan lensa ultrawide dengan resolusi kecil adalah, hasil foto yang cenderung cembung dan terdapat sedikit distorsi di sudut-sudut fotonya. Tapi, lensa ultrawide 8MP Realme X2 Pro menyuguhkan kualitas yang cukup bisa dibanggakan.

Hasilnya lumayan baik, tidak terlihat cembung, dan mampu membantu kami untuk menangkap gambar dengan jangkauan yang jauh lebih besar. Kamera ini juga bisa dimanfaatkan sebagai lensa untuk mengambil foto macro dengan kualitas yang baik, menggunakan mode Ultra Macro. Berikut hasil fotonya:

Kamera Ultrawide Realme X2 Pro

Kamera Makro Realme X2 Pro

Lensa depth 2MP pada smartphone ini sebenarnya “lensa pembantu” saja. Lensa ini dapat membantu lensa utama untuk menangkap cahaya lebih baik, bisa meningkatkan kontras gambar, dan memberikan bokeh yang rapi foto portrait yang diambil. Efek blur pada background juga tidak bocor ke objek utama. Berikut fotonya:

Kamera Depth Realme X2 Pro

Untuk kamera depan, smartphone ini punya kamera 16MP yang didukung fitur AI Intelligent Beauty. Fitur ini mampu mengidentifikasi 296 titik pada wajah, dan mampu memberikan kombinasi kecantikan ataupun kegantengan pada wajah pengguna saat selfie.

Meskipun tidak terlalu menjagokan kamera depan, tapi kualitas foto yang diberikan cukup bagus. Tapi ada satu catatan, terkadang kamera depan memberikan sentuhan yang “sedikit lebay”, karena wajah akan terlihat sangat mulus dibanding aslinya. Berikut hasil fotonya:

 

{Baca juga: Review Redmi Note 8 Pro: Comeback Sempurna dari Xiaomi}

Kini membahas soal video. Kamera Realme X2 Pro mampu merekam video hingga maksimal 4K @60fps. Kamera ini juga mendukung video Slo-mo hingga 960fps. Wajar, karena mesinnya sudah menggunakan Snapdragon 855+ yang bisa menopang pemrosesan gambar jauh lebih cepat.

Video Slo-mo Realme X2 Pro

Tapi, sangat disayangkan mengetahui kamera dari smartphone jagoan Realme tersebut tidak didukung Optical Image Stabilization (OIS). Padahal, smartphone ini tergolong flagship dan jadi seri tertinggi bagi pabrikan asal China itu.

Untung saja, Realme memberikan Electronic Image Stabilization yang diperkuat juga dengan fitur Ultra Steady Video pada sistem kameranya. Pertanyaannya, apakah hasil videonya stabil, apalagi ketika mengambil video sambil jalan atau berlari?

Well, karena tidak ada OIS, dan hanya didukung EIS serta Ultra Steady Video, maka hasilnya terbilang lumayan. Terlalu stabil tidak, terlalu goyang juga tidak. Jadi, standar-standar saja. Kami sarankan, kalau Anda ingin mengambil video sambil berjalan atau berlari, sebaiknya gunakan aksesoris seperti gimbal, hasilnya bagus kok. Seperti ini hasilnya:

Video Ultra Steady Realme X2 Pro

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0