Review Realme 10 Pro 5G: Performa Layar 120Hz Bisa Diandalkan

Telset.id – Vendor asal China realme baru saja meluncurkan varian Pro terbaru untuk mengisi jajaran HP realme 10 di Indonesia. realme 10 Pro 5G hadir di kelas mid-range dengan spesifikasi dan harga yang memikat. Untuk lebih jelasnya, simak hasil pengujian tim Telset dalam review realme 10 Pro 5G.

Realme 10 Pro 5G baru mendarat di Indonesia pada 10 Januari 2023, walaupun di beberapa negara lain sudah tersedia sejak November tahun lalu.

Sebagai ponsel pintar di kelas mid-range yang baru masuk pasar Indonesia, realme 10 Pro 5G menawarkan desain yang simple, namun terlihat elegan dengan bezel yang tipis. Di sisi lain, HP terbaru realme ini juga mengusung spesifikasi mumpuni di kelasnya, dengan beragam fitur kekinian.

Kami memberikan highlight untuk beberapa spesifikasi utamanya. realme 10 Pro 5G memiliki layar datar IPS LCD dengan ukuran 6,72 dengan refresh rate 120Hz, yang membuat scrolling media sosial terasa mulus.

Untuk dapur pacunya, smartpone ini ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 695 yang disandingkan dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB. Kapasitas baterainya sebesar 5000 mAh dengan pengisian cepat 67W.

Untuk mengetahui bagaimana performanya, tim Telset telah mencoba dan mengujinya secara langsung. Bagaimana hasilnya? Yuk, simak ulasannya dalam review realme 10 Pro 5G selengkapnya berikut ini, sob!

BACA JUGA:

Desain Realme 10 Pro

Review Realme 10 Pro

Realme 10 Pro 5G memiliki desain yang cukup menarik sebagai smartphone kelas menengah yang “premium”. Perangkat ini memiliki dimensi 163.7 x 74.2 x 8.1 mm, dengan bobot 190 g. Dengan dimensi tersebut, ponsel ini saat dipegang menggunakan satu tangan masih terasa nyaman dan juga bobotnya tidak terlalu berat.

Namun Anda harus menggenggamnya dengan erat, karena material yang digunakan membuat ponsel menjadi licin. Saat saya menggunakan ponsel ini tanpa softcase, diperlukan genggaman dengan penuh hati-hati agar ponsel tidak terjatuh.

Meski begitu, untungnya ukuran smartphone ini tergolong tidak kecil, sehingga memudahkan saya dalam mengoperasikannya dengan satu tangan, baik itu scrolling atau membalas chat di media sosial.

Perangkat ini memiliki tombol power beserta fingerprint dan tombol volume di sisi kanan perangkat, sementara itu dibagian kiri ada slot SIM card dan micro SD yang bersifat hybrid. Jadi Anda harus memilih menggunakan Dual SIM atau satu SIM dengan micro SD.

Lanjut ke bagian bawah, realme 10 Pro menyediakan jack audio 3.5mm, port USB C dan juga speaker grill. Untuk bagian atas ada speaker juga, yang artinya smartphone ini memiliki dual speaker untuk menyemburkan suaranya menjadi lebih baik.

Untuk unit realme 10 Pro yang saya review adalah berwarna Dark Matter, tetapi ada juga varian warna lain yang bisa Anda pilih, yakni Hyperspace Gold dan Nebula Blue.

Layar Realme 10 Pro

Realme 10 Pro memiliki panel layar bertipe IPS LCD beresolusi FHD+ 1080 x 2400 piksel dengan refresh rate hingga 120Hz, yang bisa diatur kecepatannya sesuai kemauan Anda. Selain itu, layarnya menggunakan teknologi RAZR terbaru, yang membuat bezel samping berukuran lebih tipis 1mm, dan bezel atas hanya 1,15mm.

Ketika pertama kali menggunakan smartphone ini, saya cukup kagum, karena melihat bezelnya yang tipis sekali. Meskipun, di bagian dagunya tidak setipis bagian samping dan atas.

Hal ini membuat experience penggunaan menjadi terasa nyaman dan enak dipandang tanpa gangguan bezel yang tebal. Layarnya juga sudah memiliki sertifikasi TÜV Rheinland Low Blue Light Certificate, untuk mengurangi paparan sinar pada saat digunakan.

Namun, perlu diketahui bahwa ketika layar dalam kondisi mati, kamera selfie di punch hole layar masih tetap terlihat jelas. Sebenarnya tidak terlalu mengagetkan, karena smartphone ini adalah kelas mid-range, yang tentu saja berbeda jika dibandingkan dengan layar smartphone flagship.

Untuk nonton streaming film ataupun anime di Netflix atau sekedar menonton video terbaru di YouTube, smartphone ini bisa menghasilkan saturasi warna yang cukup baik. Mata kita masih cukup nyaman saat memelototi tayangan film atau video dalam waktu cukup lama.

Performa Realme 10 Pro

Realme 10 Pro

Spesifikasi realme 10 Pro cukup mumpuni di kelasnya. HP ini diotaki chipset Snapdragon 695 dengan teknologi 6nm yang dikonfigurasikan dengan RAM berkapasitas 8GB dan memori internalnya 256GB.

Meskipun masuk kelas midrange, tetapi performanya untuk browsing hingga bermain game masih bisa diandalkan. Terlebih lagi, layarnya sudah mendukung 120Hz.

Namun perlu diketahui, realme 10 Pro masih belum bisa menjalankan game berat dengan mulus dengan konfigurasi rata kanan. Bahkan, untuk memaikan game Genshin Impact, saya anjurkan pakai rata kiri. Saya mencoba bermain di konfigurasi menengah dengan 30 FPS masih bisa berjalan lancar dengan sedikit frame drop beberapa saat.

Sedangkan untuk bermain game kompetitif yang lebih ringan bisa berjalan lebih mulus. Seperti PUBG Mobile dengan setting grafis hanya mentok di HDR dengan FPS high. Sedangkan untuk Mobile Legends bisa berjalan di grafis ultra dan FPS high, dan Apex Legends mampu berjalan di grafis ultra HD dengan FPS high.

Pengalam bermain game juga terasa menyenangkan dengan adanya dual speaker yang bisa dimanfaatkan untuk memantau musuh-musuh di sekitar ketika bermain game kompetitif tersebut.

Untuk penggunaan casual, seperti browsing, scrolling media sosial, hingga menonton YouTube juga terasa smooth berkat adanya dukungan virtual RAM hingga 8GB dan juga refresh rate 120Hz yang membuat perpindahan satu aplikasi ke aplikasi lain terasa mulus.

AnTuTu Benchmark

Untuk benchmarking, saya menguji realme 10 Pro dengan aplikasi AnTuTu Benchmark. Hasilnya, ponsel ini mencatat skor 412.542. Skor yang dihasilkan tergolong lumayan tinggi, jika dibandingkan dengan HP sekelasnya yang mencatat skor di kisaran 300 ribuan sampai yang tertinggi di 420 ribuan.

Realme 10 Pro
Hasil Pengujian AnTuTu Benchmark

Geekbench Benchmark

Saya juga mencoba menguji smartphone ini dengan aplikasi Geekbench 5. Realme 10 Pro berhasil mencapai skor 682 untuk single-core, sedangkan untuk multi-core berhasil mencetak skor 1964.

Hasil Pengujian Geekbench 5 Realme 10 Pro
Hasil Pengujian Geekbench 5

PC Mark

Tidak hanya dua aplikasi pengujian di atas saja, saya juga mencoba menggunakan PC Mark Work 3.0 Perfomance untuk menguji performa kinerja, daya baterai dan penyimpanan. Hasilnya, realme 10 Pro berhasil mendapatkan skor 9621.

Realme 10 Pro
Hasil Pengujian PC Mark

Overall, saya cukup puas dengan performa yang diberikan realme 10 Pro. Hanya saja untuk beberapa game perlu ada beberapa update software yang disesuaikan untuk memberikan performa yang lebih optimal.

Kamera Realme 10 Pro

Realme 10 Pro

Untuk kamera, realme 10 Pro memiliki 2 kamera belakang, dengan konfigurasi kamera utama ProLight 108 MP (f/1.8) dengan fitur HyperShot Imaging Architecture yang sebelumnya hanya ditemukan di Realme GT Series dan kamera depth 2 MP (f/2.4). Sedangkan di bagian depannya ada kamera selfie 16 MP.

Pada bagian belakang ada dua kamera dengan posisi vertikal, kameranya tidak menggunakan pulau kamera. Untuk kamera depan menggunakan punch hole yang terletak di posisi tengah layar depan.

Hasil kamera belakang tergolong cukup baik dengan memberikan detail yang masih terlihat baik, seperti awan dan asap yang terlihat. Hanya saja warna yang dihasilkan memiliki saturasi yang sangat tinggi jadinya warna terlihat sangat terang, kurang natural. Meskipun masih belum masuk kategori over saturated. Ini untuk hasil foto dengan cukup cahaya.

Sedangkan, hasil kamera belakang pada malam hari atau kondisi kurang cahaya masih kurang baik, karena noise masih sangat banyak dan terlihat kamera sulit menangkap detail objek, seperti batang pohon, daun, dan bangunan. Untuk mendapatkan hasil yang jauh lebih baik, saya mencoba menggunakan night mode. Hasilnya, “cukup menolong”.

Untuk kamera depan, ketika cukup cahaya hasilnya sangat baik. Kamera mampu menangkap detail pori-pori di wajah dengan jelas dan juga rambut yang tellihat jelas. Bahkan, ketika kondisi kurang cahaya hasil yang diberikan masih cukup baik.

Tetapi, untuk memberikan hasil yang jauh lebih baik pada kondisi kurang cahaya, saya menggunakan flash (pencahayaan dari layar depan) agar kamera bisa menangkap detail di wajah dengan jelas.

Well, untuk hasil kamera, saya sangat suka dengan kamera depannya yang bisa memberikan hasil foto yang bagus di kondisi cahaya terang maupun redup. Sementara untuk kamera belakangnya, hasilnya bagus untuk kondisi berlimpah cahaya. Saya tidak perlu mengedit lagi hasil fotonya, karena warna yang dihasilkan sangat cerah dan memanjakan mata.

Meskipun, hasil foto dengan kamera belakang pada saat lowlight tidak membuat saya cukup membuat saya terkesan, baik menggunakan mode malam ataupun tidak. Setidaknya, saya masih bisa menangkap momen di malam hari, walaupun hasilnya kurang maksimal.

Baterai Realme 10 Pro

Realme 10 Pro

Spesifikasi realme 10 Pro untuk kapasitas baterasinya sebesar 5.000mAh, yang mana kapasitas ini sudah cukup sering ditemui di HP kelas mid-range. Pengisian daya cepat mendukung hingga 33W.

Untuk penggunaan sehari-hari sebagai daily driver, realme 10 Pro mampu bertahan seharian dengan baik. Saya menggunakan perangkat dari pagi hari jam 8 dengan kondisi baterai 100% dan ketika malam sekitar jam 9 perangkat masih berada di posisi baterai 26%.

Selama seharian, saya coba menggunakannya untuk menonton YouTube, browsing internet, mendengar lagu ketika dalam perjalanan, dan bermain game sesekali. Saya juga mencobanya dengan memainkan beberapa game, seperti Mobile Legends dengan konfigurasi grafis ultra dan FPS high sekitar 13 menitan, perangkat hanya menghabiskan 3 persen baterai.

Untuk pengisian daya, saya mengisi baterai ketika berada di posisi 12% dan untuk mendapatkan baterai 100% saya membutuhkan waktu sekitar 1 jam 6 menit

Well, untuk pemakaian sehari-hari realme 10 Pro masih tergolong standar hemat daya mengingat baterainya berkapasitas 5000mAh, dan untuk pengisian daya cepat 33W.

Kesimpulan

 

Spesifikasi realme 10 Pro yang masuk Indonesia cukup memikat, HP di kelas mid-range ini memiliki desain yang terlihat premium, meskipun tidak menggunakan material kelas atas. Layarnya juga memberikan saturasu warna yang sangat baik, dan juga sangat mulus ketika dipakai browsing maupun bermain game berkat kecepatan refresh 120Hz.

Untuk performa, smartphone ini bisa diandalkan sebagai daily driver, ataupun digunakan untuk hiburan, seperti bermain game dan menonton film. Meskipun, perlu diingat bahwa ketika bermain game konfigurasi yang bisa dijalankan hampir semua game tidak mendukung pengaturan grafis rata kanan.

Sementara untuk hasil kameranya, saya sangat puas dengan kamera depannya ketika digunakan selfie baik cukup cahaya maupun kurang cahaya. Sedangkan, kamera belakangnya mampu memberikan hasil yang baik pada saat cukup cahaya, tetapi ketika kondisi lowlight hasilnya kurang memuaskan.

Untuk daya tahan baterai, perangkat mampu memberikan daya tahan yang tergolong standar tidak terlalu membuat saya kagum. Perangkat masih mampu digunakan seharian tanpa perlu melakukan pengisian berulang kali. Pengisian daya cepat juga bisa dimanfaatkan pengguna untuk mengisi daya dengan waktu yang tidak terlalu lama.

Di Indonesia, realme 10 Pro 5G dijual dalam dua model kapasitas memori dan tiga varian warna, Dark Matter, Hyperspace Gold, dan Nebula Blue. Harga realme 10 Pro 5G dengan model RAM 8GB/128GB dibanderol Rp 4.599.000 (8GB/128GB), sedangkan untuk model RAM 8GB/256GB dipatok pada harga Rp 4.999.000.

Well, itu dia review Realme 10 Pro dari kami. Semoga bisa bermanfaat dan juga menjadi acuan atau refrensi Anda sebelum memutuskan membeli smartphone baru di awal tahun ini.

SPESIFIKASI REALME 10 PRO 5G

  • Rilis: Januari 2023 (Indonesia)
  • Network: 2G, 3G, 4G, 5G
  • OS: Android 13, Realme UI 4.0
  • Chipset: Qualcomm SM6375 Snapdragon 695 5G (6 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 660 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 660 Silver)
  • GPU: Adreno 619
  • RAM: 8 GB
  • Memori: 128 GB
  • Dimensi: 163.7 x 74.2 x 8.1 mm, 190 gram
  • Layar: IPS LCD 6.72 inch, refresh rate 120Hz, 600 nits (typ), 680 nits (peak)
  • Kamera Utama: 108 MP, f/1.8 (wide), 2 MP, f/2.4 (depth)
  • Kamera Depan: 16 MP, f/2.5 (wide)
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh, 33W wired
  • NFC: Yes
  • Warna: Dark Matter, Hyperspace Gold, Nebula Blue
  • Harga: Rp 4.599.000 (8GB/128GB), Rp 4.999.000 (8GB/256GB)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0