Review Poco X3 NFC: Harga 3 Jutaan, Bakal Susah Dilawan

Poco X3 NFC
Poco X3 NFC (Telset.id)

Telset.id – Poco X3 NFC akhirnya resmi menyambangi Indonesia. Banyak yang menjuluki smartphone ini sebagai “The Real Mid-Range Killer”. Sehebat apakah performanya? Kita akan mengujinya dalam review Poco X3 NFC kali ini.

Poco X3 NFC sudah lama dinantikan para Mi Fans di Tanah Air. Poco atau sebelumnya dikenal dengan Pocophone memang sudah cukup populer di Indonesia.

Daya tarik terbesar dari seri Poco adalah menawarkan spesifikasi tinggi, namun dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Pakem khas Xiaomi itu tetap dipertahankan hingga seri Poco X3 NFC.

Kalau Anda masih ingat, smartphone Poco generasi sebelumnya bahkan mendapat label sebagai “Flagship Killer”, karena menawarkan spesifikasi kelas flagship, tapi dibanderol dengan harga di bawah segmen ponsel kelas atas.

Kali ini Poco X3 NFC hadir dengan titel yang tak kalah garang, Xiaomi menyebutnya sebagai The Real Mid-range killer. Hmm.. makin penasaran dengan performa Poco X3 NFC kan.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Xiaomi Terbaru}

Untuk mendapat gambaran selengkapnya mengenai smartphone yang satu ini, yuk langsung saja disimak review Poco X3 NFC berikut ini. Check it out!

Desain 

 

Desain Poco X3 NFC (Telset)

Kami sangat tertarik dengan desain yang diusung Poco X3 NFC. Alasannya, karena jauh dari kesan membosankan, yang ‘begitu-begitu saja’.

Pastinya Anda juga akan bosan jika disuguhkan pilihan desain, yang lagi-lagi memiliki frame mengotak atau persegi panjang, dan diletakkan di bagian kiri secara horizontal atau vertikal.

Pada Poco X3 NFC, Anda tidak akan melihat bentuk tersebut. Xiaomi memilih menyuguhkan desain frame kamera belakang agak oval dan diletakkan di bagian tengah.

Disekeliling frame tersebut tercetak kalimat melingkar yang bertuliskan “Designed By Poco” dan “64 MP AI Super Camera”, sebagai penanda fitur kamera yang dibawa ponsel ini.

Balutan warnanya juga tidak polos begitu saja. Terdapat bilah bergaris yang membelah di bagian tengah. Tepat di bagian bawahnya terukir logo POCO yang akan berpendar warna warni saat tertimpa cahaya.

 

Bentuknya memang agak terkesan bulky, tapi menurut kami tidak jadi masalah. Karena di balik bodinya yang kekar itu, Anda akan mendapati kesan kokoh disaat yang sama. Jadi terasa begitu mantap dalam genggaman tangan.

Ketersediaan port juga masih lengkap. Di bagian bawah Anda akan menemukan port USB Type C, mic, grill speaker dan jack audio 3,5mm.

Di sisi atas terdapat lubang speaker dan sensor infra red. Kemudian di sisi kanan ada tombol power yang terintegrasi dengan sensor sidik jari dan tombol volume.

Seperti biasa, di sisi kiri ditempati slot SIM Tray yang bisa menampung 2 buah SIM Card dan 1 microSD.

Layar

Poco X3 NFC
Poco X3 NFC (Telset.id)

Poco X3 NFC mengadopsi desain layar dengan punch hole yang ditanamkan di bagian tengah. Tidak lupa lapisan perlindungan Corning Gorilla Glass 5.

Sektor ini bisa kami katakan sebagai salah satu daya tarik terbesar dari ponsel ini. Bahasa gaulnya, layar milik Poco X3 NFC bukan “kaleng-kaleng”.

Layar Poco X3 NFC berukuran 6,67 inci dengan resolusi yang sudah Full HD+ dengan refresh rate 120Hz. Yang istimewa, layarnya memiliki touch sampling rate 240Hz. Fitur ini sudah pasti akan disambut gembira oleh para gamers, karena sudah lama diharapkan.

Tapi harap dicatat, istilah touch sampling rate berbeda dengan refresh rate. Kalau refresh rate mengukur seberapa banyak gambar yang bisa diperbaharui (refresh) setiap detik.

Sedangkan touch sampling rate yang tinggi akan menghadirkan kombinasi kontrol dengan sensitivitas tinggi serta respon yang lebih cepat.

{Baca Juga: Poco X3 Punya Touch Sampling Rate 240Hz, Apa Kelebihannya?}

Penjelasan sederhananya, sebagai tingkat responsivitas layar terhadap perintah dari sentuhan oleh ujung jari dalam satu detik untuk kemudian memberi respon pada gambar selanjutnya.

Dengan touch sampling rate yang tinggi, sebuah smartphone akan lebih sigap menerima perintah dari pengguna dan lebih cepat dalam menampilkan gambar selanjutnya di layar.

Layar Poco X3 NFC (Telset.id)

Smartphone dengan angka touch sampling rate 240Hz akan memberikan respon 33% lebih baik. Dan dengan refresh rate 120Hz, berarti setiap detik layarnya bisa memperbaharui 120 gambar.

Jika dibandingkan ponsel layar 60Hz, kami bisa merasakan layar Poco X3 mampu memberikan pergerakan transisi gambar yang lebih halus, karena refresh rate nya lebih tinggi.

Jadi buat para gamers, laya Poco X3 NFC memang bukan ‘kaleng-kaleng’, karena memberi pengalaman yang jauh lebih baik. Kali akan bisa merasakan menfaatnya saat memainkan game bertempo tinggi yang mengharuskan kalian untuk cepat membidik atau menembak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here