Poco X3 Punya Touch Sampling Rate 240Hz, Apa Kelebihannya?

Poco X3 Touch Sampling Rate 240Hz

Telset.id, Jakarta –  Poco X3 akan resmi masuk Indonesia pada 15 Oktober 2020. Salah satu yang menarik dari smartphone ini adalah layarnya memiliki refresh rate 120Hz dan sekaligus touch sampling rate 240Hz. Apa sih kelebihannya?

Fitur refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 240Hz di layar Poco X3 NFC akan disambut gembira para pemain mobile game, karena sudah lama diharapkan.

{Baca juga: Poco X3 NFC Diresmikan, Pertama dengan Snapdragon 732G}

Bagi pemain mobile game, smartphone dengan fitur seperti ini akan memberi pengalaman yang jauh lebih baik, misalnya dalam permainan bertempo tinggi yang mengharuskan mereka untuk cepat dalam membidik atau menembak.

Touch sampling rate yang tinggi akan menghadirkan kombinasi kontrol dengan sensitivitas tinggi serta respon yang lebih cepat.

Penjelasan sederhananya, sebagai tingkat responsivitas layar terhadap perintah dari sentuhan oleh ujung jari dalam satu detik untuk kemudian memberi respon pada gambar selanjutnya.

Dengan touch sampling rate yang tinggi, sebuah smartphone akan lebih sigap menerima perintah dari pengguna dan lebih cepat dalam menampilkan gambar selanjutnya di layar.

Smartphone dengan angka touch sampling rate 240Hz akan memberikan respon 33% lebih baik bila dibandingkan dengan smartphone kelas flagship lainnya.

Tapi harap dicatat, istilah touch sampling rate berbeda dengan refresh rate yang mengukur seberapa banyak gambar yang bisa diperbaharui (refresh) setiap detik.

Untuk itulah, apabila sebuah layar smartphone memiliki refresh rate 120Hz berarti setiap detik layarnya bisa memperbaharui 120 gambar.

Dibandingkan dengan standar industri 60Hz, artinya layar smartphone dengan kemampuan 120Hz mampu menampilkan pergerakan gambar yang lebih halus karena refresh rate lebih tinggi.

{Baca juga: Poco X3 vs Realme 7: Pertarungan Sengit di Harga Rp 3 Jutaan}

Keberadaan touch sampling rate sangat terkait dengan refresh rate dalam menaikkan kelas permainan dengan tampilan yang lebih halus serta respon yang lebih cepat. Layar pun bisa menjadi faktor penentu kemenangan dalam sebuah sesi bermain.

Seperti telah Telset.id ulas sebelumnya, fitur dan spesifikasi Poco X3 NFC tergolong lengkap. Smartphone ini ditenagai oleh prosesor Snapdragon 732G. Seri ini menjadi yang pertama di dunia dengan chipset terbaru dari Qualcomm tersebut.

Prosesor tersebut dikombinasikan dengan RAM 6GB, storage 64GB/128GB, dan baterai berkapasitas 5,160 mAh dengan dukungan fast charging 33W.

Ponsel ini mengusung layar LCD berukuran 6,67 inci dengan resolusi Full HD+ dan aspek rasio 20 : 9. Layarnya juga telah dilapisi Corning Gorilla Glass 5.

{Baca juga: Poco F2 Pro Review: Auto Rata Kanan..!!}

Didukung refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 240Hz, ponsel pintar tersebut memberikan pengalaman gaming yang maksimal lewat teknologi yang dibawanya.

Poco X3 NFC sendiri rencananya akan diperkenalkan secara resmi untuk pasar Indonesia pada hari Rabu 15 Oktober 2020, besok. [HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here