Review Mi WiFi Extender AC1200: Bikin Sinyal WiFi Tidak “Loyo” Lagi

Telset.idXiaomi menghadirkan solusi untuk mengatasi masalah jangkauan WiFi yang terbatas dengan meluncurkan Mi WiFi Range Extender AC1200. Kami berkesempatan untuk melakukan review Mi WiFi Range Extender AC1200 dan membagikan pengalamannya kepada Anda.

Berbeda dengan perangkat generasi yang sebelumnya, kini Mi WiFi Extender mendukung teknologi dual band. Berkat teknologi ini, kecepatan dan jangkauan internet yang disebarkan jadi lebih optimal.

Tak cuma sekadar memperluas jangkauan WiFi saja, perangkat ini juga memiliki beragam fitur yang menurut kami cukup berguna bagi penggunanya.

Baca Juga: Mi WiFi Range Extender AC1200 Rilis di Indonesia, Ini Harganya

Untuk lebih jelasnya, yuk langsung saja simak pengalaman kami selama mencoba produk ini dalam artikel review Mi WiFi Range Extender AC1200.

Desain

Sebelumnya kami juga sudah menggunakan perangkat Mi WiFi Repeater Pro, alias perangkat generasi sebelumnya. Setelah beralih menjajal Mi WiFi Range Extender AC1200, kami merasakan banyak perbedaan yang cukup signifikan.

Dari segi desain misalnya, Mi WiFi Range Extender AC1200 memiliki bodi yang lebih bongsor dari pendahulunya. Dimensinya adalah 84×100×82mm. Bodi yang lebih melar dari pendahulunya ini dikarenakan lebih banyak fitur yang dibenamkan oleh Xiaomi.

Terpasang dua antena, satu tombol WPS di bagian tengah, dua lampu indikator, satu port ethernet dan satu lubang kecil yang berguna jika pengguna ingin melakukan reset.

Baca Juga: Redmi Note 10 Tidak Lagi Dijual di Indonesia, Ini Penjelasan Xiaomi

Bodi Mi Wifi Range Extender AC1200 yang lebih bulky ini membuat Anda mesti memberikan ruangan khusus pada perangkat ini di socket listrik.

Karena bodinya yang cukup besar memakan ruang lebih jika dicolokkan di steker T atau kabel roll, sehingga bakal mengganggu jika Anda perlu menggunakan perangkat elektronik lainnya.

Kami menyarankan untuk menyambungkan perangkat ini ke socket listrik yang tertanam di tembok.

Pastikan juga socket yang digunakan memang jarang dipakai untuk kebutuhan primer, sehingga Anda tidak perlu repot cabut pasang untuk bergantian dengan perangkat elektronik lainnya.

Dalam paket penjualannya, Anda bisa mendapatkan unit WiFi Range Extender, buku panduan penggunaan, dan juga kartu garansi.

Fitur

Mi WiFi Extender AC1200

Review Mi WiFi Range Extender AC1200 masuk ke bagian fitur. Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, Mi WiFi generasi baru ini memiliki fitur yang lebih banyak dari sebelumnya.

Pertama dan yang paling utama, perangkat ini sudah mendukund dual band 2,5GHz dan 5GHz yang memungkinkan kecepatan kombinasi hingga 1200 Mbps. Menurut Xiaomi, dengan ini sangat efektif untuk mengatasi dead zone antar ruangan.

Namun perlu dicatat, penggunaan perangkat ini tidak berarti internet Anda bakal jadi lebih cepat hingga 1200 Mbps. Kecepatan internetnya tetap tergantung dari paket dan provider internet yang Anda gunakan.

Baca Juga: Daftar Lengkap HP Xiaomi yang Dapat Update Android 12

Selain itu, dual band ini juga baru akan berfungsi maksimal jika router utama Anda sudah mendukung frekuensi 5 GHz. Jika tidak, Anda hanya akan berjalan dengan kecepatan maksimal di frekuensi 2,5 GHz.

Perangkat ini kami coba untuk menyambungkan dan menyebarkan sinyal WiFi dari router yang berada di lantai 1 ke lantai 2. Hasilnya sinyal WiFi di lantai 2 bisa diperkuat hingga full bar.

Proses instalasinya juga sangat mudah. Semua dilakukan langsung dari smartphone dengan menggunakan aplikasi Mi Home yang tersedia di Play Store. Selain itu beberapa pengaturan jaringan, password dan lain sebagainya juga langsung dilakukan melalui aplikasi tersebut.

Mi Home

Guna mendapatkan lokasi instalasi terbaik untuk jangkauan yang optimal, Xiaomi menyediakann fitur yang disebut Smart Signal Indicator yang bisa Anda lihat langsung di bodi Mi WiFi Range Extender AC1200.

Warna solid blue menunjukkan bahwa perangkat telah berhasil terhubung ke jaringan yang ada dan sinyal yang diterima sangat kuat.

Sementara jika yang menyala warna solid orange, ini menjadi tanda bahwa penerimaan sinyal extender lemah. Disarankan untuk memindahkan lokasi extender untuk lebih dekat ke router.

Baca Juga: Review Poco X3 GT: Performa Impresif, Fitur “Rasa Flagship”

Sedangkan apabila warna solid red yang menyala, ini berarti extender sama sekali tidak tersambung ke jaringan. Cobalah untuk meletakkan perangkat ke jarak yang terjangkau dengan router utama.

Untuk Anda yang membutuhkan internet dengan kabel, perangkat ini juga menyediakan port ethernet yang memungkinkan Anda menghubungkan perangkat berkabel seperti TV atau konsol game ke jaringan.

Fitur ini pastinya memungkinkan Anda untuk mendapatkan internet yang lebih stabil jika dibandingkan dengan menggunakan jaringan nirkabel.

Selain itu, Anda juga bisa membuat Access Point baru dengan cara menghubungkan extender ke router. Jaringan internet kabel dari router akan dapat diubah menjadi hotspot WiFi untuk membuat jaringan yang baru.

Terkait lifetime yang ditawarkan, kami sama sekali tidak memiliki jawaban pasti. Namanya perangkat elektronik, pastinya punya masa pakai hingga akhirnya tidak bisa dioperasikan lagi.

Baca Juga: Xiaomi Masuk Industri Mobil Listrik, Siapkan Xiaomi EV

Namun dari pengalaman kami menggunakan Mi WiFi Repeater Pro, perangkat tersebut sudah kami gunakan selama kurang lebih selama setahun non stop, dan sampai sekarang masih berfungsi dengan normal.

Sebagai informasi tambahan, sampai artikel ini ditulis, Mi WiFi Range Extender AC1200 sudah kami gunakan selama 7 hari non stop dan sama sekali tidak ada kendala.

Kendala mungkin yang dirasakan hanya ketika internet dari provider penyedia yang sedang bermasalah, sehingga kami tidak bisa tersambung ke jaringan internet untuk sementara waktu.

Menurut kami, Mi Wifi Range Extender AC1200 mampu menawarkan lebih banyak skema penggunaan dibanding generasi sebelumnya. Tinggal Anda sesuaikan mana yang skema penggunaan yang sekiranya Anda perlukan.

Kesimpulan

review mi extender ac1200

Demikian tadi review Mi WiFi Range Extender AC1200. Menurut kami, perangkat ini bisa jadi solusi tepat untuk Anda yang mengalami masalah dead zone sinyal internet.

Ditambah lagi, perangkat ini sudah mendukung dual band yang menjanjikan penyebaran sinyal dan kecepatan yang lebih optimal. Jangan lupa juga ada beragam fitur pendukung lain yang juga bisa disesuaikan kebutuhan pengguna.

Overall, menurut kami Mi WiFi Range Extender AC1200 ini jadi pilihan yang bagus untuk memperluas dan memperkuat jaringan internet dengan banderol harga yang lumayan terjangkau.

Cukup merogoh kocek sekitar Rp 349.000 saja, masalah “dead zone” internet di rumah Anda bakal terselesaikan dengan mudah. (HR)

Kelebihan

+ Dual Band

+ Fitur Banyak

+ Instalasi mudah langsung dari smartphone

+ Harga relatif terjangkau

Kekurangan

– Bodi bulky

– Butuh penempatan socket yang tepat agar tidak mengganggu perangkat elektronik lainnya

TELSET RATING: 9/10

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0