Review HP ZBook Firefly 14 G9: Trully Workstation

Telset.id – ZBook Firefly 14 G9 menjadi salah satu laptop andalan HP di segmen bisnis. Diperkenalkan pertama kali pada 2022 silam, laptop ini menawarkan semua hal yang dibutuhkan sebuah workstation. Mulai dari layar yang luas, CPU yang andal, hingga umur baterai yang panjang. Untuk membuktikannya, berikut review ZBook Firefly 14 G9!

HP melanjutkan petualangannya di segmen bisnis dengan menghadirkan penerus ZBook Firefly 14 G8. Selain bertenaga, ZBook Firefly 14 G9 juga terbilang ringkas, dengan dimensi 31,56×22,43×1,99 cm dan berat tak sampai 1,5kg.

Untuk urusan kemampuan, prosesor Intel Core i7 Generasi ke-12, ditambah NVIDIA T550 dan memori hingga 64GB jelas bukan sesuatu yang bisa disepelekan. Bukan saja menulis dokumen, workstation ini juga mampu mengerjakan banyak hal lainnya, termasuk memproses file berukuran besar dan menjalankan aplikasi profesional dengan mudah.

HP ZBook Firefly 14 G9 Mobile Workstation juga mendukung seabreg konektivitas, komunikasi dan kolaborasi lebih baik berkat kehadiran fitur kamera auto-frame 5MP berbasis AI, penguat audio untuk memblokir kebisingan sekitar dan opsi jaringan 5G untuk memungkinkan pengguna tetap terhubung dari lokasi manapun.

Untuk lebih jelas lagi mengenai pengalaman menggunakan workstation ini, berikut hasil perkenalan Telset.id dengan HP ZBook Firefly 14 G9 Mobile Workstation.

Desain dan Layar

DEsain HP ZBook Firefly 14 G9

Seperti pendahulunya, ZBook Firefly 14 G9 juga datang dengan balutan logam. Terlihat mahal, sudah pasti (karena nyatanya memang begitu). Namun kami lebih melihat sisi eleganitas pada tampilannya, dengan rona abu-abu keperakan yang membuatnya tampak sederhana tapi juga keren di saat bersamaan.

BACA JUGA: 

Jangan lupakan logo chrome Z di bagian mukanya. Orang awam tidak akan mengira bahwa ada HP dibalik tampilan ini. Oh, Anda salah satunya?

Anyways, kembali ke urusan portabilitas. Jangan lupa, kita sedang membicarakan laptop yang akan dipakai untuk bekerja seharian. Dengan dimensi 31,56×22,43×1,99 cm dan berat 1,47kg, HP ZBook Firefly 14 G9 Mobile memang tidak masuk kategori sangat ringan. Tapi ini jelas tidak akan membuat tangan patah, meski harus dijinjing seharian. Lagipula, bukankah kita lebih sering meletakkan laptop kita di atas meja saat bekerja?

Dibalik tutup berlogo Z-nya, kita akan menemukan layar 14 inci yang dikelilingi bezel plastik tipis. Webcam ditempatkan di tengah di atas layar dan tersembunyi di dalam bezel. Pada saat pengujian, kami melakukan zoom meeting, dan kualitasnya tidak mengecewakan. Cukup jernih.

Keyboard HP ZBook Firefly 14 G9

Bergerak ke bagian bawah, terpampang keyboard backlit bergaya Chiclet hitam dengan huruf ditampilkan dalam font putih bersih. Dan umumnya keyboard chiclet, ini empuk sehingga cukup nyaman untuk digunakan mengetik berlama-lama.

Touchpad yang berada di bawah keyboard dan tepat di tengah, juga sangat luas dan responsif. Zoom in dan zoom out terasa flawless. Tak jauh dari sana, tepatnya di sebelah kanan, di bawah keyboard, ada pembaca sidik jari yang akan membantu mengamankan file dan data kita.

Beralih ke layar, HP ZBook Firefly 14 G9 Mobile Workstation memaksimalkan produktivitas kreatif pengguna dengan layar berukuran 14 inci – 16:10 HP DreamColor dan 100% DCI-P3. Bukan saja terang, warna di layar juga tampak jelas dan akurat.

Tambahkan juga panel 2K+ (2560×1600), niscaya pengalaman menonton yang nyaman akan bisa kita dapatkan.

Kami membuka YouTube untuk menyaksikan trailer Transformers: Rise of the Beasts. Dari sini terlihat kualitas warna yang mengesankan, khususnya ketika Optimus Prime dan Bumblebee muncul. Layar 14 inci ZBook Firefly 14 G9 mereproduksi warna merah menyala dengan baik, dan tajam.

Singkatnya, bukan saja dibuat nyaman saat harus mengunakan perangkat ini untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan, dari mengetik hingga edit foto, menghibur diri dengan sejumlah tontonan juga sangat memungkinkan dengan workstation HP yang satu ini.

Performa dan Konektivitas HP ZBook Firefly 14 G9

Performa HP ZBook Firefly 14 G9

ZBook Firefly 14 G9 hadir dengan Prosesor Intel Core i7 Generasi ke-12, GPU NVIDIA T550 dan memori hingga 64GB. Di atas kertas, spesifikasi ini terlihat bagus, dan memang itulah kenyataannya. Penempatannya sebagai workstation sangat bisa diterima.

Kami mencoba menguji kemampuannya dalam menangani multitasking, dengan membuka 27 tab sekaligus di Google Chrome – satu diantaranya YouTube, dan mulai mengetik serta mengedit berita. Hasilnya, amaaaan. Tidak ada cegukan ataupun gangguan kinerja. ZBook Firefly 14 G9 benar-benar memudahkan pekerjaan dan menjalankan tugasnya dengan sangat baik sebagai workstation.

Dalam uji kinerja Geekbench, ZBook Firefly 14 G9 mencetak skor 1721 (single-core) dan 4962 (multi-core). Bukan yang paling hebat, tapi ini lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan mendasar pengguna sehari-hari. Kombinasi CPU Intel Core i7 Generasi ke-12 dengan GPU NVIDIA T550 dan RAM DDR5 hingga 64GB, lebih dari cukup untuk membuatnya menjadi workstation andalan.

Sebagai gambaran, berikut ini beberapa hasil benchmark yang didapatkan oleh ZBook Firefly 14 G9.

Kabar baiknya, HP ZBook Firefly 14 G9 datang dengan seabreg pilihan konektivitas. Di sebelah kiri, kita akan menemukan HDMI 2.0b; SuperSpeed USB Type-A 5Gbps; 2 Thunderbolt 4 with USB4 Type-C 40Gbps dan smartcard reader. Sedangkan di sebelah kanan ada jack audio combo; SuperSpeed USB Type-A 5Gbps; dan SIM Card slot (optional).

Port HP ZBook Firefly 14 G9

Port HP ZBook Firefly 14 G9

Selain itu, ada juga dukungan WLAN: Intel® Wi-Fi 6E AX211 (2×2) dan Bluetooth 5.2 M.2 combo, vPro; WWAN: Intel® XMM™ 7560 LTE Advanced Pro Cat 16; Intel® 5G Solution 5000; dan Optional Near Field Communication (NFC).

Oh, ZBook Firefly 14 G9 juga punya fitur HP QuickDrop yang memungkinkan pengguna dapat membagikan file dengan mudah antar perangkat. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk terkoneksi ke perangkat seluler Android, Apple atau Google.

Audio HP ZBook Firefly 14 G9

Audio HP ZBook Firefly 14 G9

Dirancang sebagai workstation, ZBook Firefly 14 G9 tidak lantas mengabaikan hal lainnya, termasuk urusan audio. Nama Bang & Olufsen yang terpampang di atas kanan keyboard adalah buktinya. Kali ini, HP menempatkan speaker di sela-sela tutup laptop, bukan di setiap sisi keyboard dengan pola segitiga seperti di seri sebelumnya.

Bicara kualitas, bolehlah. Speakernya cukup keras untuk terdengar jelas di seluruh rumah, dengan suara bebas distorsi. Kami membuka Youtube dan mendengarkan “Dreamers” milik Jungkook BTS, speakernya cukup jernih meski volume suara diposisikan di angka 100. Hanya saja, memang berisik. Dalam arti berpotensi membuat tetangga terganggu.

Saya menonton Emergency Declaration di Viu dan audionya sangat bersih dan jernih. Sekali lagi, ini adalah workstation dan tidak ditujukan untuk hiburan tiada akhir.

Baterai HP ZBook Firefly 14 G9

Baterai HP ZBook Firefly 14 G9ZBook Firefly 14 G9 datang dengan baterai HP Long Life 3-Cell, 51 Wh Li-ion Polimer, dengan umur baterai hingga 13 jam. Perangkat ini juga mendukung pengisian cepat, dimana ia bisa mengisi hingga 50% dalam 30 menit.

Dalam perjalanannya, workstation besutan HP ini akan bertahan lebih lama dari rata-rata 8 jam untuk penggunaan normal. Namun tidak demikian ketika dibebani dengan tugas berlebih, khususnya ketika harus berperan sebagai mesin hiburan.

BACA JUGA:

Kami mengujinya dengan sebuah video konser (dengan durasi hampir 3 jam) serta sejumlah MV di YouTube untuk ditonton secara maraton. Hasilnya, perjalanan yang dimulai tepat pada pukul 19.00 WIB, dengan posisi baterai 100%, terpaksa berakhir di jam 00.00 WIB kurang sedikit. Itu artinya, ZBook Firefly 14 G9 hanya mampu bertahan tak sampai 6 jam.

Saat itu, setelah pemakaian selama berjam-jam, ZBook Firefly 14 G8 bahkan mulai demam. Di satu sisi, kami sangat menyayangkan hal ini, tapi di sisi lain juga mencoba untuk mengerti. Betapa tidak, dengan bodi ramping dan ringkas, tentu merupakan tantangan tersendiri bagi HP untuk menghilangkan panas dari tubuh ZBook Firefly 14 G9.

Kesimpulan

ZBook Firefly 14 G9 menjalankan tugasnya dengan sangat baik sebagai workstation. Selain prosesor yang bisa diandalkan, perangkat ini memiliki semua hal yang dibutuhkan untuk menjadi teman kerja yang menyenangkan. Keyboard yang nyaman salah satunya.

Kualitas layar yang baik, dengan ukuran 14 inci yang luas juga memungkinkan pengguna untuk memaksimalkan produktivitasnya. Tak hanya terang, ini juga menghadirkan warna yang jelas dan akurat. Nah, bagi pekerja yang hobi menonton film di waktu luang, ini tentu menjadi pelengkap.

Sama lengkapnya dengan dukungan port yang dibawa ZBook Firefly 14 G9. Ya, dari SuperSpeed USB Type-A 5Gbps sampai Thunderbolt 4, dari audio jack combo hingga slot SIM Card (opsional), semua ada. Ditambah ada fitur khusus bernama HP QuickDrop yang memungkinkan pengguna dapat membagikan file dengan mudah antar perangkat.

Kesemua spesifikasi itu bahkan didukung oleh desain dan tampilan yang menawan. Simple namun berkelas di saat bersamaan. Warna silver juga kian menambah kesan mahal. Dan ya, ini memang mahal.

To be honest, ZBook Firefly 14 G9 menunaikan tugasnya dengan baik sebagai workstation. Tapi ini juga tak bisa dibilang yang terbaik. Jadi, menurut kami harga Rp30 juta yang dibanderol HP untuk perangkatnya ini agak mahal.

Kelebihan HP ZBook Firefly 14 G9

  • Performa andal
  • Keyboard yang nyaman
  • Port melimpah
  • Prosesor grafis NVIDIA
  • Desain simple tapi keren

Kekuarangan HP ZBook Firefly 14 G9

  • Bukan yang paling ringan di kelasnya
  • Cepat panas
  • Agak mahal

Spesifikasi HP ZBook Firefly 14 G9

CPU 12th generation Intel Core i7-1265U (VPro optional) 1.8 GHz Base frequency, up to 4.8 GHz Max Turboboost 12 MB L3 cache, 2 Performance cores, and 8 efficiency cores, 12 threads
Graphics Integrated: Intel Iris XDiscrete: Nvidia T550 Laptop GPU with 4GB GDDR6 memory
Display HP DreamColor 14-inch WUXGA (2560 x 1600), IPS, anti-glare, 120Hz refresh rate
Dimensions & weight 12.42 x 8.8 x 0.78 inches & 3.43 lbs
Memory 64GB DDR5
Storage 2TB PCIe Gen 4 x4 NVMe M.2 2280 SSD
Battery HP Long Life 3-cell, 51 Wh Li-ion polymer
Port Left side: 1 SuperSpeed USB Type-A 1 HDMI 2.0, 2 Thunderbolt 4 with USB4 Type-C, 1 Smartcard reader

Right side: 1 headphone/microphone combo; 1 SuperSpeed USB Type-AFingerprint reader below keyboard deck

Audio & microphones Audio by Bang & Olufsen, dual stereo speakers HP World Facing Microphone dual array digital microphones
Connectivity Intel Wi-Fi 6E AX211 (2×2) Bluetooth 5.2 M.2,Intel XMM 7560 LTE Advanced Pro Cat 16; Intel 5G Solution 5000Optional Near Field Communication (NFC) module
Camera 5MP Windows Hello IR Webcam
Color silver
Material Aluminum
OS Windows 11 Pro

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

HARGA DAN SPESIFIKASI
REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI