Review Coolpad Cool Dual: Tidak Istimewa, tapi Worth It

Muhammad Faisal Hadi Putra

Telset.id – Persaingan smartphone dual-camera di Indonesia memang sedang hangat-hangatnya. Kenapa tidak? Banyak vendor yang mengusung teknologi ini untuk smartphone jagoannya. Salah satunya adalah Coolpad yang membawa seri Cool Dual untuk pasar Indonesia. Dengan membawa tagline “Twice Better”, Cool Dual memiliki dua kamera di bagian belakang.

Dilepas dengan harga Rp 3,1 jutaan, tentu membuat Coolpad Cool Dual menjadi salah satu smartphone dual-camera yang terjangkau harganya. Namun pertanyaannya sekarang adalah apakah worth it untuk dibeli? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, Tim Telset.id akan mengulasnya lewat review Coolpad Cool Dual berikut ini:

Desain

Foto: Faisal/Telset.id

Sekilas desain Coolpad Cool Dual mirip dengan desain dari Coolpad Max atau Coolpad Sky 3. Tak percaya? Coba Anda browsing, lalu cari bandingkan ketiga smartphone tersebut. Kurang lebih Cool Dual hampir mirip dengan keduanya.

Coolpad Cool Dual memiliki ukuran dimensi yang hampir sama besarnya dengan berbagai smartphone mid-end yang ada di pasaran, yakni 152 x 74.8 x 8.2mm dengan berat hanya 167 gram saja. Berdesain unibody berbahan dasar metal plus plastik, body Cool Dual membungkus layar berukuran 5.5 inch yang cukup besar.

Bagi pengguna yang memiliki tangan cukup besar, mungkin saat menggenggam Cool Dual akan terasa finefine saja, tapi jika digenggam oleh pengguna dengan tangan yang kecil, Cool Dual akan terasa besar dan tak nyaman digunakan.

{Baca Juga: Coolpad Cool 6 Dirilis dengan Kamera Pop-Up, Helio P70 SoC}

Di bagian depan, terdapat layar berukuran 5.5 inch yang kurang lebih menghabiskan ruang hingga 73%. Tepat di bawahnya, ada tiga tombol kapasitif tersembunyi yang bertugas sebagai Recent Apps, Home dan juga Back. Yang menarik dari tiga tombol kapasitif ini adalah, jika tombol tersebut tidak digunakan atau disentuh, ponsel ini terlihat sama sekali tidak memiliki tombol di bagian depannya. Sedangkan di bagian atasnya terdapat kamera berukuran 8MP, earpiece, sensor proximity dan juga LED notifikasi.

Yang cukup mengecewakan dari desain bagian depan Coolpad Cool Dual adalah ketika layar tersebut mati, perangkat ini seperti mengusung desain borderless, namun jika layar hidup, bezel warna hitam akan tampak dan cukup mengurangi estetika desain Coolpad Cool Dual.

Ke bagian belakang, seperti yang sudah kami sebutkan tadi, terdapat kamera ganda dengan ukuran masing-masing 13MP yang diletakkan di bagian tengah atas body. Sedangkan untuk LED Flash-nya, diletakkan di sisi kanan kamera. Tepat di bawahnya, terdapat sensor sidik jari yang terlhat “berkilau” jika dibanding sensor sidik jari pada smartphone lainnya. Sensor sidik jari berkilau memang keren, namun ternyata ada kekurangannya yakni sidik jari Anda benar-benar menempel pada sensor tersebut, yang pastinya Anda tahu maksud kami. Ya, sensor sidik jari akan terlihat sedikit kotor dan harus rajin-rajin diusap menggunakan kain agar terlihat tetap berkilau.

Pindah ke bagian atas, sama seperti jajaran smartphone Xiaomi, terdapat sensor infrared yang memungkinkan Anda untuk mengatur alat-alat elektronik seperti TV, AC, dan lainnya menggunakan Cool Dual. Tepat di sampingnya, terdapat jack audio 3.5mm.

Ke bagian bawah, terdapat dua speaker yang mengapit port USB-C di bagian tengah. Namun jangan kira Cool Dual mendukung speaker stereo, karena yang bekerja sebenarnya hanya speaker sebelah kanan saja. Sedangkan pada speaker kirinya, kemungkinan itu merupakan microphone.

Sementara itu di sisi sebelah kiri, hanya akan ditemukan slot dual kartu SIM saja karena sekedar informasi, Cool Dual tidak mendukung microSD. Sedangkan bagian kanannya, hanya ada tombol Volume dan Power saja.

Layar

Foto: Faisal/Telset.id

Coolpad Cool Dual mengusung layar IPS berukuran 5.5 inch dengan resolusi Full HD (1080 x 1920 piksel). Tapi sayangnya, layar yang menghabiskan ruang depan hampir 73.3% itu tidak dilapisi panel Corning Gorilla Glass atau lapisan pelindung lainnya. Untungnya, dalam paket pembelian terdapat lapisan anti gores yang siap untuk dipasangkan.

Karena layarnya yang besar, tentu penggunanya akan dipuaskan dengan segala hal yang dipersembahkan layar ini. Namun satu kekurangannya yang sudah kami sebutkan sebelumnya adalah bezel atau garis hitam yang cukup tebal yang cukup menganggu pandangan.

Berbicara soal kualitas layar, saat digunakan dalam ruangan untuk sekedar menonton film, bermain game, browsing, dan lainnya, layar Cool Dual nyaman untuk digunakan. Hal itu karena fungsi adaptive brightness pada smartphone ini sudah berfungsi dengan semestinya.

Sama halnya saat kami mencobanya di luar ruangan, layar Cool Dual juga masih cukup terlihat dengan cukup jelas, fungsi Adaptive brightness bekerja dengan sangat baik karena mampu dengan cepat beradaptasi dengan intensitas cahaya pada lingkungan secara otomatis. Well keuntungan dari layar Cool Dual adalah, Anda tak lagi perlu mengatur intensitas cahaya secara manual.

Audio

Foto: Faisal/Telset.id

Suara yang disemburkan oleh speaker bawaan Coolpad Cool Dual boleh dibilang cukup lumayan, namun dengan syarat saat memutar lagu misalnya lagu Moves Like Jagger dari Maroon 5 dan Christina Aguilera, volume harus normal atau sedang, karena jika diatur maksimal, suara yang dikeluarkan akan terdengar cukup pecah.

Sedangkan ketika kami menonton YouTube atau film, meski volume sudah kami atur maksimal, suara yang dikeluarkan cukup enak didengar meski masih terdapat adanya suara yang pecah di beberapa bagian. Namun hey siapa juga yang akan memutar musik atau video di keramaian dengan volume yang maksimal? Pastinya untuk lebih aman lebih baik atur volume pada tingkatan normal atau sedang saja.

Well, kami sih sarankan ketika ingin mendengarkan musik atau menonton video, lebih baik menggunakan headset yang sudah disediakan dalam paket pembelian. Suaranya enak kok. Jadi cukup lumayan menutupi kekurangan di segi speaker.

{Baca Juga: Coolpad COOL 10: Desain Ciamik, Spesifikasi Entry Level}

Kamera

Foto: Faisal/Telset.id

Nah, ini bagian penting dari Coolpad Cool Dual. Coolpad menyematkan kamera ganda di bagian belakang dengan masing-masing beresolusi 13MP aperture f/2.0 dengan sensor Sony BSI yang memiliki tugas berbeda satu kamera RGB atau menghasilkan warna pada gambar, dan lainnya merupakan kamera monokrom.

Oh ya, kamera Cool Dual juga sudah bisa merekam video berkualitas 4K, jadi ketika Anda seorang YouTubers dan merekam segala hal dengan kamera di ponsel ini, tentu hasil video Anda akan jernih karena berkualitas 4K.

Kamera utama Cool Dual juga sudah memiliki lensa Dual 6P dan juga sudah mendukung Mode Pro, SLR Mode, watermark mode seperti fitur pada Story pada Instagram, Facebook, dan Snapchat yang memungkinkan penggunanya menempelkan stiker pada hasil foto secara real-time, Long exposure, Slow Video, dan bahkan membuat animasi GIF.

Sementara itu untuk kamera depannya, Coolpad memilih kamera beresolusi 8MP aperture f/2.2 yang sudah disisipkan teknologi PureCel plus Beauty di dalamnya. Kamera tersebut cocok deh bagi pengguna yang suka selfie.

Bagaimana dengan hasilnya? Menurut kami kamera utama Cool Dual memang menghasilkan gambar yang cukup detail. Kombinasi warna yang tak terlalu terlihat berlebihan mungkin bisa jadi nilai tambah dari kamera smartphone ini. Sama halnya ketika kami mencoba mengambil gambar menggunakan kamera monokrom, hasilnya pun bisa dibilang membanggakan karena detail objek yang masuk ke frame terlihat cukup baik.

Sayangnya, ketika kami mencoba SLR Mode yang memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto dengan efek bokeh, hasilnya masih belum sempurna. Menurut kami, penyebabnya adalah software yang mungkin masih kurang dimaksimalkan.

Anda bisa melihat beberapa foto di bawah yang memperlihatkan efek blur yang juga ikut memburamkan objek utama, serta efek blur yang kurang menyeluruh. Kami sarankan agar Coolpad segera meng-update software untuk kamera di Cool Dual agar lebih maksimal.

Berikut hasil foto yang berhasil diambil menggunakan kamera Coolpad Cool Dual:

Kinerja

Foto: Faisal/Telset.id

Dengan harga Rp 3,1 jutaan, selain dual-camera yang ditawarkan, apa hal lainnya yang ditawarkan oleh Coolpad Cool Dual? Tentu saja jawabannya adalah mesin utama yang diusungnya. Ponsel ini menggunakan prosesor Octa-core 1.8GHz Snapdragon 652, RAM 3GB, memori internal 32GB yang tidak didukung slot microSD. Sementara baterai berkapasitas 4.000 mAh dipilih untuk menopang seluruh proses yang berjalan di atas EUI 5.8 berbasis Android 6.0 Marshmallow.

Berbicara soal sedikit soal user interface yang digunakannya, Coolpad Cool Dual menurut kami cukup berbeda pengemasannya. Kenapa? Misalnya saja seperti notifikasi bar yang pada umumnya digabung dengan beberapa pengaturan seperti WiFi, Hotspot, Silent, dan lainnya.

Pada Cool Dual, notifikasi bar akan berdiri sendiri, sementara untuk quick settings, penggunanya hanya harus menekan tombol Recent Apps, dan otomatis pengaturan cepat akan muncul sekaligus dengan aplikasi yang sudah dijalankan sebelumnya. Ya, awalnya kami mencari-cari dimanakah quick settings, dan ternyata “sembunyi” di balik tombol Recent Apps. Halaman utama Cool Dual pun mengadopsi desain “no app drawer” karenanya berbagai aplikasi akan “tumplek blek” di halaman utama.

Cukup dengan UI, kembali ke soal kinerjanya. Pertama-tama , kami menguji mesin utama smartphone ini dengan menjalankan game berkualitas HD seperti Need for Speed Most Wanted. Hasilnya, Cool Dual mampu menjalankannya dengan mulus tanpa adanya lag yang berarti. Game berat saja bisa dimainkan dengan lancar, apalagi game ringan seperti Subway Surfer? Tentu saja game tersebut bisa dijalankan dengan sangat baik.

Foto: Faisal/Telset.id

Ujian selanjutnya adalah menjalankan berbagai aplikasi secara bergantian. Kami mencobanya dengan menjalankan Instagram, kemudian Facebook, lalu YouTube, Google Chrome, kemudian Instagram kembali, dan seterusnya. Hasilnya Coolpad Cool Dual tidak merasakan “kelelahan” sedikit pun. Good job!

Terakhir kami mencoba menjalankan AnTuTu Benchmark untuk mengetahui kinerja sebenarnya dari Cool Dual. Hasilnya, smartphone tersebut mampu mencetak skor 78.233 poin. Cukup tinggi untuk smartphone dengan harga “hanya” Rp 3,1 jutaan. Hal itu membuktikan tak hanya menawarkan dual-camera saja, Cool Dual juga menawarkan sisi kinerja juga bagi penggunanya.

Kesimpulan

Foto: Faisal/Telset.id

Ingin membeli smartphone dual-camera seperti Huawei P10, iPhone 7, LG G6, dan lainnya namun isi dompet tidak mendukung? Mungkin Anda bisa memilih Coolpad Cool Dual sebagai alternatifnya. Dengan harga Rp 3,1 jutaan saja, Anda tak hanya mendapatkan teknologi kamera terkini untuk smartphone, juga mendapatkan sisi kinerja yang patut diacungi jempol.

Tak cuma menaruh emblem dual-camera saja, kemampuan kamera Cool Dual memang patut untuk diapresiasi. Meski tak semaksimal smartphone flagship di luar sana, namun bagi Anda yang masih belajar fotografi menggunakan smartphone, Coolpad Cool Dual dirasa worth it untuk dibeli. (FHP/HBS)

Leave a Comment