Review Coolpad Cool Dual: Tidak Istimewa, tapi Worth It

Review Coolpad Cool Dual
Foto: Faisal/Telset.id

Telset.id – Persaingan smartphone dual-camera di Indonesia memang sedang hangat-hangatnya. Kenapa tidak? Banyak vendor yang mengusung teknologi ini untuk smartphone jagoannya. Salah satunya adalah Coolpad yang membawa seri Cool Dual untuk pasar Indonesia. Dengan membawa tagline “Twice Better”, Cool Dual memiliki dua kamera di bagian belakang.

Dilepas dengan harga Rp 3,1 jutaan, tentu membuat Coolpad Cool Dual menjadi salah satu smartphone dual-camera yang terjangkau harganya. Namun pertanyaannya sekarang adalah apakah worth it untuk dibeli? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, Tim Telset.id akan mengulasnya lewat review Coolpad Cool Dual berikut ini:

Desain

Foto: Faisal/Telset.id

Sekilas desain Coolpad Cool Dual mirip dengan desain dari Coolpad Max atau Coolpad Sky 3. Tak percaya? Coba Anda browsing, lalu cari bandingkan ketiga smartphone tersebut. Kurang lebih Cool Dual hampir mirip dengan keduanya.

Coolpad Cool Dual memiliki ukuran dimensi yang hampir sama besarnya dengan berbagai smartphone mid-end yang ada di pasaran, yakni 152 x 74.8 x 8.2mm dengan berat hanya 167 gram saja. Berdesain unibody berbahan dasar metal plus plastik, body Cool Dual membungkus layar berukuran 5.5 inch yang cukup besar.

Bagi pengguna yang memiliki tangan cukup besar, mungkin saat menggenggam Cool Dual akan terasa finefine saja, tapi jika digenggam oleh pengguna dengan tangan yang kecil, Cool Dual akan terasa besar dan tak nyaman digunakan.

Di bagian depan, terdapat layar berukuran 5.5 inch yang kurang lebih menghabiskan ruang hingga 73%. Tepat di bawahnya, ada tiga tombol kapasitif tersembunyi yang bertugas sebagai Recent Apps, Home dan juga Back. Yang menarik dari tiga tombol kapasitif ini adalah, jika tombol tersebut tidak digunakan atau disentuh, ponsel ini terlihat sama sekali tidak memiliki tombol di bagian depannya. Sedangkan di bagian atasnya terdapat kamera berukuran 8MP, earpiece, sensor proximity dan juga LED notifikasi.

Yang cukup mengecewakan dari desain bagian depan Coolpad Cool Dual adalah ketika layar tersebut mati, perangkat ini seperti mengusung desain borderless, namun jika layar hidup, bezel warna hitam akan tampak dan cukup mengurangi estetika desain Coolpad Cool Dual.

Ke bagian belakang, seperti yang sudah kami sebutkan tadi, terdapat kamera ganda dengan ukuran masing-masing 13MP yang diletakkan di bagian tengah atas body. Sedangkan untuk LED Flash-nya, diletakkan di sisi kanan kamera. Tepat di bawahnya, terdapat sensor sidik jari yang terlhat “berkilau” jika dibanding sensor sidik jari pada smartphone lainnya. Sensor sidik jari berkilau memang keren, namun ternyata ada kekurangannya yakni sidik jari Anda benar-benar menempel pada sensor tersebut, yang pastinya Anda tahu maksud kami. Ya, sensor sidik jari akan terlihat sedikit kotor dan harus rajin-rajin diusap menggunakan kain agar terlihat tetap berkilau.

Pindah ke bagian atas, sama seperti jajaran smartphone Xiaomi, terdapat sensor infrared yang memungkinkan Anda untuk mengatur alat-alat elektronik seperti TV, AC, dan lainnya menggunakan Cool Dual. Tepat di sampingnya, terdapat jack audio 3.5mm.

Ke bagian bawah, terdapat dua speaker yang mengapit port USB-C di bagian tengah. Namun jangan kira Cool Dual mendukung speaker stereo, karena yang bekerja sebenarnya hanya speaker sebelah kanan saja. Sedangkan pada speaker kirinya, kemungkinan itu merupakan microphone.

Sementara itu di sisi sebelah kiri, hanya akan ditemukan slot dual kartu SIM saja karena sekedar informasi, Cool Dual tidak mendukung microSD. Sedangkan bagian kanannya, hanya ada tombol Volume dan Power saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here