Review ASUS ZenBook Flip S: Tipis, Elegan, Bertenaga

ASUS ZenBook Flip S (telset.id | nur chandra)
ASUS ZenBook Flip S (telset.id | nur chandra)

Telset.id  Lifestyle dan pekerjaan kini merupakan aktifitas yang sudah tidak dapat dipisahkan di kalangan eksekutif. Maka tak heran jika para profesional kini menginginkan sebuah laptop yang stylish namun tetap bertenaga untuk mendukung aktifitas pekerjaan mereka.

Bobot laptop yang ringan serta desain yang sangat tipis menjadi fokus utama dalam memilih laptop kekinian di kalangan eksekutif atau pekerja kantoran. Hal ini disebabkan gaya hidup mereka yang memiliki mobilitas tinggi, tak hanya bekerja di kantor, tapi juga saat bersosialisasi di luar kantor. Itu sebabnya, laptop yang ringan, tipis, tapi bertenaga menjadi pilihan.

Tidak mengherankan, karena biaanya para profesional membutuhkan fleksibilitas yang tinggi dalam melakukan pekerjaan mereka. Layar sentuh serta fleksibilitas layar pun menjadi sebuah nilai tambah saat mereka ingin menggunakan sebuah laptop.

Nah, dari sekian banyak pabrikan laptop yang ada saat ini, Asus merupakan salah satu vendor yang banyak merilis laptop dari berbagai varian. Tak terkecuali laptop untuk profesional yang telah kami sebutkan tadi.

Dalam tulisan kali ini, kami ingin mengulas laptop buatan Asus yang menurut kami memenuhi semua persyaratan sebagai perangkat yang cocok untuk profesional, yakni ASUS ZenBook Flip S.

Dari sisi tampilan, ZenBook Flip S terlihat sangat keren, karena memiliki desain elegan dan sangat tipis. Tapi bagaimana dengan performanya? Nah, untuk mengetahui lebih detail mengnai laptop ini, silahkan simak review ZenBook Flip S dari tim Telset.id  berikut ini.

 

Desain

Saat pertama kali kami memegangnya, laptop ini memiliki kemasan yang sangat mewah. Dus berkelir hitam dengan emblem ASUS berlapis emas membuat kami seketika mendapatkan aura ‘kemewahan’ dari Asus ZenBook Flip S.

Elegan. Itulah kesan pertama kali saat melihat perangkat ini. ZenBook Flip S berkelir Royal Blue dengan aksen Gold di sekelilingnya membuat kami tak bisa berkata-kata, saking kagumnya.

Kami pun segera coba untuk mengangkat laptop ini dari boxnya. Ternyata selain elegan, ZenBook Flip S sangat ringan dan tipis. Harus diakui, laptop ini sangat cocok untuk para profesional atau pebisnis yang memiliki mobilitas tinggi.

Meski hanya memiliki berat sekitar 1,1kg, ZenBook Flip S memiliki build qualiy yang sangat superior. Bahan bernama aerospace-grade alloy dipilih oleh Asus demi mendapatkan keseluruhan impresi elegan, ringan, serta kokoh dalam produknya bernama ZenBook Flip S ini. Selain ringan, laptop ini juga memiliki ketebalan yang hanya 1,09cm saja, membuat ZenBook Flip S pantas menyandang julukan sebagai laptop 2 in 1 tertipis di dunia. Salut!

Dan perlu Anda ketahui, saking tipis dan ringannya body dari ZenBook Flip S, saat kami memasukkannya ke dalam tas, nyaris bobotnya tidak terasa. Oh iya, bagi Anda yang tidak ingin laptop kesayangan menjadi lecet saat masuk kedalam tas, Asus memberikan sebuah tas kulit khusus bagi laptop ini dalam paket penjualan.

Beralih ke bagian dalam, kami menemukan layar berukuran 13,3 inci. Ada yang spesial dari layar ini, karena layar dari ZenBook Flip S mengusung teknologi touch screen. Lapisan kaca pun wajib dipasang untuk melindungi bagian layar. Namun, kami tidak akan membahas bagian layar karena akan kami bahas lebih detail di bagian khusus layar di artikel ini.

Selanjutnya, ZenBook Zoom S memiliki keyboard yang standar seperti keyboard lainnya, dengan warna biru dan aksen yang sesuai dengan keseluruhan warna laptop. Yang sedikit membedaknnya adalah, keyboard ZenBook Flip S terasa lebih tipis jika dibandingkan dengan laptop konvensional.

Bagi saya yang sudah terbiasa menggunakan keyboard mekanik, jenis papan ketik membran seperti yang ada di ZenBook Flip S ini tidak sesuai selera. Namun jika Anda sudah terbiasa dengan menggunakan laptop, maka keyboard ini terasa sangat nyaman untuk dipakai.

Untuk Anda yang sering kali bekerja hingga malam hari, maka fitur backlite yang ada di laptop ini akan sangat membantu. Apalagi, ada tiga pengaturan tingkat kecerahan membuat Anda dapat menemukan tingkat kecerahan backlite yang sesuai.

Untuk mengatur cahaya backlite ini, Anda hanya perlu menekan kombinasi keyboard, yakni Function (fn) yang berada di bagian kiri keyboard beserta F3 atau F4.

Bergeser sedikit ke bagian bawah, Anda akan menemukan sebuah trackpad. Menurut kami, trackpad ini cukup nyaman dan akurat saat digunakan. Tombol ‘klik’ kiri dan kanan pun sangat responsif dan tidak mengganggu saat kombinasi antara menyentuh trackpad dan mengklik kiri dilakukan. Tidak seperti laptop yang lebih murah yang ada di pasaran.

Kemudian kita beralih ke sisi kiri dan kanan dari ZenBook Flip S. Di sebelah kiri dan kanan laptop ini, Anda akan menemukan dua slot USB Type C. Keduanya dapat berfungsi sebagai lubang pengisian daya serta lubang untuk mengkoneksikan perangkat lain ke ZenBook Flip S ini.

Bagi Anda yang memiliki perangkat dengan USB standar, maka Anda tak harus khawatir, karena dalam paket penjualannya sudah diberikan USB Type C coverter, dimana terdapat sebuah lubang USB, port HDMI, serta lubang USB Type C lainnya.

Namun, dengan tidak adanya slot Card Reader atau pun lubang kabel LAN, kenyamanan kami sedikit terganggu. Namun bagi Anda yang tidak sering menggunakannya, maka kehilangan dua port tersebut tidak akan terlalu mengganggu aktivitas Anda.

Lanjut ke halaman berikutnya: Layar >>>

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here