telset

Wayang Kulit Disebut dari Malaysia, Netizen Serang Akun Adidas

Telset.id, Jakarta – Warganet Indonesia meradang setelah postingan Adidas Singapura @adidassg yang menyatakan kalau kesenian wayang kulit berasal dari Malaysia. Pernyataan kontroversial itupun menuai kecaman dari netizen Tanah Air.

Awal kasus ini berasal dari postingan akun Instagram Adidas Singapura @adidassg pada Rabu (10/11/2021), lalu. Akun resmi tersebut membagikan salah satu video promosi untuk produk sepatu terbaru. 

Sepatunya merupakan hasil kolaborasi antara Adidas dan seniman asal Malaysia bernama Jaemy Choong. Yang menjadi masalah, Adidas Singapura menulis bahwa wayang kulit berasal dari Malaysia. 

“Merayakan warisan budaya Malaysia lewat mata @JAEMYC dalam #UltraBOOST DNA City Pack berikutnya,” tulis Adidas.

“Desainnya berbicara tentang penghormatan kepada Wayang Kulit, bagian penting dari identitas dan warisan budaya Malaysia dengan menggabungkan unsur-unsur Wayang Kulit dengan palet warna modern, dalam pendekatan “lama-bertemu-baru” pada DNA UltraBOOST,” lanjutnya.

Sepatu wayang kulit Adidas berasal dari Indonesia Malaysia
Sumber: Akun @variegataa

Postingan tersebut otomatis membuat geram warganet Indonesia. Akun Adidas Singapura diserang oleh komentar warganet yang menyatakan bahwa kesenian ini adalah kebudayaan Indonesia, bukan berasal dari Malaysia.

“Wayang adalah kebudayaan Indonesia. Wayang dari Indonesia,” ungkap @dwirhmwtiw. 

Selain itu ada juga akun @meithanepa yang tidak menyangka, perusahaan sekelas Adidas tidak bisa membedakan asal muasal kebudayaan Wayang. 

Baca juga: Gojek Minta Maaf Parodikan Koran Kompas 

“Wayang itu seni tradisional Indonesia yang terutama berkembang di Jawa. Masak sekelas Adidas gak bisa crosscheck sih. Memalukan,” kesalnya.

Bahkan ada yang meminta kepada Adidas untuk menghapus video tersebut dan melaporkannya ke akun media sosial milik para pejabat Indonesia. 

“Tolong hapus video ini. Gimana ini bapak? @sandiuno, @aniesbaswedan, @prabowo,” tutur akun @djeanluke_. 

Kemarahan atas postingan Adidas juga ramai di Twitter. Terlebih saat akun @AREAJULID yang memiliki banyak pengikut memposting screenshot akun @adidassg pada Senin (15/11/2021). 

“Dis! Wayang Kulit adalah bagian dari warisan budaya Malaysia ????,” cuit @AREAJULID. 

 

Adidas Minta Maaf

Mengetahui kesalahan yang dibuatnya, Adidas Singapura pun meminta maaf. Merek olahraga terkenal itu mengucapkan terima kasih atas tanggapan warganet Indonesia terkait kesalahan informasi seputar asal usul wayang kulit. Perusahaan juga meminta maaf dan berkata bahwa kesalahan ini tidak disengaja.

“Kami dengan tulus meminta maaf atas pelanggan yang tidak disengaja yang kami telah lakukan. Sekarang kami telah mengubah postingan kami,” jelas Adidas.

Selain itu Adidas beserta seniman Malaysia, Jaemy Choong juga tidak bermaksud mengklaim bahwa Wayang Kulit dari Malaysia.

Baca juga: Raffi Ahmad Pesta Usai Divaksin Covid-19, Warganet Meradang

“Baik merek atau artis tidak bermaksud untuk mengklaim bentuk seni budaya dari Indonesia. Kami berterima kasih atas dukungan Anda terhadap merek ini dan kreator yang berkolaborasi bersama kami,” sambungnya seperti yang diposting lewat Instagram Stories.

Wayang Kulit Adidas
(Sumber: akun Instagram @adidassg)

Adidas Singapura tidak menghapus postingannya, tetapi mengganti caption menjadi informasi bahwa Wayang berasal dari Indonesia.

“Berasal dari Indonesia, Wayang Kulit telah menginspirasi daerah lain di Asia Tenggara,” ucap akun @adidassg.

Sekedar informasi bahwa wayang adalah kebudayaan milik Indonesia. Bahkan pada tanggal 7 November 2003 UNESCO telah menetapkan wayang kulit sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0