Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia, Masyarakat Indonesia Berduka

Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia
Syekh Ali Saleh Mohammed Ali Jaber (Foto: Istimewa)

Telset.id, Jakarta – Syekh Ali Saleh Mohammed Ali Jaber meninggal dunia pada Kamis (14/01/2021). Kepergian pendakwah ini menimbulkan duka mendalam bagi masyarakat Indonesia.

Kabar Syekh Ali Jaber meninggal dunia pertama kali diumumkan oleh akun Instagram @yayasan.syekhalijaber. Akun resmi dari yayasan milik pendakwah kelahiran Arab Saudi itu mengunggah foto dan informasi mengenai kepergian dari Syekh Ali Jaber.

“Telah Wafat Guru kita, SYEKH ALI JABER (Ali Saleh Mohammed Ali Jaber) Di RS Yarsi Hari ini, 14 Januari 2021. 1 Jumadil Akhir 1442 H. Jam 08.30 WIB dalam keadaan Negatif Covid,” tulis akun tersebut.

Dalam postingan yang sama, Ketua Yayasan Syekh Ali Jaber, Habib Abdurrahman Alhabsyi, juga meminta kepada masyarakat untuk memaafkan almarhum dan semoga amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT.

{Baca juga: Pemeran Darth Vader Meninggal Dunia di Usia 85 Tahun}

“Kita ikhlaskan kepulangan beliau kepada Rabbnya. Mohon dimaafkan segala kesalahan beliau. Semoga diterima segala amal shaleh beliau,” tulis Habib Abdurrahman Alhabsyi.

Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia
(Foto: Yayasan Syekh Ali Jaber)

Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia, Warganet Berduka 

Masyarakat Indonesia pun sampaikan duka mendalam atas meninggalnya Syekh Ali Jaber. Sebagian besar dari mereka mengunggahnya di media sosial, seperti Twitter.

Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia
(Foto : Trends24)

Akun @dayatpiliang misalnya. Ia mengucapkan belasungkawa serta berdoa semoga Tuhan memberikan tempat terbaik untuk Syekh Ali Jaber.

“Semoga Allah telah menempatkan tempat terbaik untukmu disana dan memberikan ketabahan untuk keluarga, saudara dan umat yang ditinggalkan. amin.” cuit @dayatpiliang.

Akun @Raffy11Sanjaya2 pun turut menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya Syekh Ali Jaber. Dirinya berharap semoga amal dan ibadahnya selama ini dapat diterima Allah SWT.

“Turut berbela sungkawa yang mendalam atas berpulangnya Syekh Ali Jaber. Semoga semua amal beliau diterima olehNya dan ditempatkan di surgaNya,” harap @Raffy11Sanjaya2.

{Baca juga: Maradona Meninggal, Bintang Sepak Bola Ucapkan Belasungkawa}

Kesedihan mendalam dirasakan oleh @Ranilrrahma. Warganet ini merasa kehilangan sosok pendakwah yang selalu rajin mengisi ceramah dan mengaji di televisi atau YouTube.

“Innalillahiwainnalillahirojiun semoga amal ibadahnya diterima sisi allah dilapangkan kuburnya , dan yg ditinggalkn diberi ketabaha. Ya allah pak Syekh ali jaber gx bisa liat bpk lagi ngaji ,ceramah,” ungkap @Ranilrrahma.

Lain hal dengan akun @angga_renong15. Ia mengunggah screenshot dari WhatsApp Story yang berisi ucapan duka dari teman-temannya usai mendengar kabar Syekh Ali Jaber meninggal dunia.

“Ku yakin lintasan WA mu juga hampir sama. Didoakan oleh banyak orang. se-Indonesia. masya Allah…Selamat jalan ulama yang penuh kelembutan,” tulis @angga_renong15.

Tokoh Publik Berduka 

Tokoh publik pun turut berduka atas kepergian pendakwah yang resmi menjadi WNI ini. Misalnya saja Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD.

Melalui akun @mohmahfudmd, ia mengungkapkan belasungkawa karena kehilangan tokoh yang dinilai sebagai pemersatu umat.

“Beliau menjadi penyambung aspirasi antara ummat dan pemerintah. Beliau adalah sahabat sy. Krn rendah hati beliau memanggil sy “Guru” atau “Ayah”,” kenang Mahfud.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Lewat akun Twitter @SBYudhoyono, presiden pada periode 2004 sampai 2014 tersebut mengenal Syekh Ali Jaber sebagai sosok ulama yang teduh.

“Saya mengenal almarhum sebagai ulama yg teduh. Syiar & fatwanya mencerdaskan umat. Tutur kata jauh dari kebencian & juga bukan permusuhan. Mendengarkan ceramahnya, hati saya tenteram & bersyukur,” jelas SBY.

{Baca juga: Ki Seno Meninggal, Warganet: Sugeng Tindak Ki Dalang}

Ada juga motivator Mario Teguh. Lewat akun @marioteguh, ia mengajak masyarakat untuk berdoa supaya Syekh Ali Jaber mendapat tempat terbaik dari Allah SWT.

“Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun Kami sangat berduka atas kepulangan Syekh Ali Jaber, sahabat tercinta yang sangat baik hatinya. Marilah kita mendoakan kemuliaan bagi Syekh Ali Jaber di sisi Allah Yang Maha Agung, Yang Maha Penyayang, dan Maha Pemaaf.
Aamiin,” tutup Mario Teguh.

Profil Syekh Ali Jaber

Syekh Ali Saleh Mohammed Ali Jaber lahir di di Madinah, Arab Saudi, pada tanggal 3 Februari 1976. Pendakwah ini telah mampu menghafal 30 juz Al-Quran pada usia 10 tahun dan mempelajari agama Islam dari sejumlah ulama di Arab Saudi.

Kemudian pada tahun 2008, Syekh Ali Jaber pindah ke Indonesia dan mulai berdakwah ke berbagai pelosok Indonesia. Gaya ceramahnya yang tenang dan kemampuannya menghafal Al-Quran membuat dirinya banyak dikagumi masyarakat.

Sebagai bentuk rasa cintanya terhadap Indonesia, Syekh Ali Jaber pun mengajukan diri untuk menjadi WNI dan akhirnya tahun 2012 dirinya resmi memiliki kewarganegaraan Indonesia.

Hingga kini, sosoknya masih terus dikenang oleh masyarakat Indonesia. Ucapan belasungkawa masih terus berdatangan mengiringi kepergiannya. Selamat jalan Syekh Ali Jaber. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here