Ki Seno Meninggal, Warganet: Sugeng Tindak Ki Dalang

Telset.id, Jakarta – Dalang Ki Seno Nugroho meninggal dunia pada Selasa malam (03/11/2020). Kepergian Ki Seno menimbulkan duka mendalam bagi warganet di media sosial. Warganet pun mengucapkan selamat jalan kepada dalang kondang tersebut. 

Ki Seno atau Seno Nugroho adalah dalang kelahiran Yogyakarta 23 Agustus 1972. Ki Seno lahir dari keluarga seniman karena ayahnya Ki Suparman Cermowiyoto, adalah dalang kenamaan Yogyakarta yang terkenal di masanya. 

Ki Seno memiliki kemampuan dalang gaya Yogyakarta dan Solo sehingga pementasannya selalu menarik dan ditunggu-tunggu masyarakat. 

{Baca juga: Didi Kempot Meninggal Dunia, Sobat Ambyar Berduka}

Apalagi alumni SMKN 1 Kasihan Yogyakarta ini juga selalu menyelipkan humor saat melakukan pementasan dan tidak pernah lelah mengajak anak muda untuk mencintai budaya Indonesia khususnya wayang. 

Sebagai seorang dalang, Ki Seno sangat memanfaatkan kecanggihan teknologi. Ki Seno membuat kanal YouTube dengan nama “Dalang Seno” dan biasanya rajin melakukan pementasan wayang secara live streaming. 

Bahkan sebelum meninggal dunia, pada 2 November 2020 Ki Seno sempat menggelar pementasan secara streaming dengan judul “Pandawa Bangkit” yang saat ini sudah ditonton sebanyak 115 ribu kali.

Saat ini jenazah almarhum telah dibawa ke rumah duka di Sedayu, Yogyakarta. Melalui kanal YouTube Dalang Seno, disiarkan juga live streaming kondisi rumah duka yang dipadati oleh banyak pelayat.

Dengan beragam kebaikan dan pementasan yang digelar, kepergian Ki Seno menimbulkan duka mendalam bagi masyarakat khususnya warganet. 

Berdasarkan pantauan Tim Telset dari Trends24 pada Rabu (04/11/2020) kata kunci “Ki Seno Nugroho” menduduki peringkat pertama trending topic Twitter di Indonesia. 

Ki Seno Nugroho

Mayoritas topik perbincangan mengenai dalang asal Yogyakarta itu berisi ucapan belasungkawa dan selamat jalan yang dicuitkan warganet dalam bahasa jawa yakni “sugeng tindak”. 

Misalnya saja akun @dirikuada_ yang mengucapkan selamat jalan sambil memposting cuplikan video pementasan dalang yang kerap menyisipkan pesan moral di setiap cerita wayang yang dibawakan. 

“sugeng tindak mugi khusnul khotimah,” cuitnya. 

Selanjutnya ada juga akun @Ramdhansalimm yang berdoa semoga amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT dan mendapat tempat terbaik di surga. 

“Innalillahi wa innailaihi rojiun. Sugeng tindak sowan marang gusti. Mugi tinampi sedaya amal ibadahipun, lan diparingi sedaya kalepatan. Dalang kondang yang saya kagumi dan segani, kini sudah pulang,” cuit @Ramdhansalimm. 

Terakhir warganet dengan akun @asmarooney yang menilai kalau tahun 2020 adalah tahun yang tidak mudah untuk dilalui karena kepergian dalang kondang tersebut. 

{Baca juga: Jakob Oetama, Pendiri Kompas Gramedia Meninggal Dunia, Warganet Berduka}

“Sugeng tindak Ki Seno Nugroho. Tahun yang tidak mudah buat kita semua,” cuitnya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -