Sering Ganggu Tamu Hotel, Karyawan Robot Langsung Dipecat

Karyawan Robot

Telset.id, Jakarta – Sejumlah orang tengah dilanda rasa khawatir. Bagaimana tidak, beberapa pekerjaan yang biasa dilakukan oleh manusia, telah digantikan oleh karyawan robot. Jika anda merupakan salah satu orang yang khawatir karena robot, kabar berikut ini mungkin dapat mengurani rasa khawatir anda.

Perlu diketahui, revolusi robot saat ini sudah berlangsung. Sebagai buktinya, tidak hanya hewan peliharaan saja yang digantikan oleh robot, tapi pekerjaan yang biasa dilakukan manusia pun beberapa diantaranya telah digantikan oleh perangkat mekanik bertenaga Artificial Intelligence (AI) itu.

Namun berbeda dengan sebuah hotel di kawasan Urayasu, Jepang, Hotel Henn-Na yang harus memecat karyawan robot mereka dengan alasan mengganggu tamu hotel.

{Baca juga: Hotel Futuristik Alibaba Gunakan Robot Layani Tamu}

Padahal, hotel tersebut pernah sesumbar dengan mengatakan mereka dapat menjadi hotel paling efisien di dunia. Pengelola hotel mengatakan, teknologi yang mereka pekerjakan semuanya dapat menghibur para tamu.

Akan tetapi, seperti dikutip dari New York Post, Senin (28/01/2019), sebagian besar pelanggan justru kecewa terhadap karyawan mekanik di hotel itu. Asisten virtual yang ada di setiap kamar, bernama Churi, dilaporkan terus bertingkah aneh selama beberapa kali sehari, dan mengganggu waktu tidur bagi beberapa pelanggan.

Seorang tamu bahkan mengatakan, Churi terus membangunkannya. Asisten pintar ini mengira dengkurannya adalah permintaan bantuan.

{Baca juga: Di Masa Depan, Paket Amazon Dikirim Pakai “Robot Scout”}

Sementara itu tamu-tamu lain mengatakan, Churi sering mengganggu pembicaraan mereka, sampai beberapa pelanggan juga melaporkan telah menerima pesanan layanan kamar yang tidak pernah mereka pesan.

Churi bukan satu-satunya karyawan yang bermasalah. karyawan mekain lainnya, concierge humanoid dan robot dinosaurus yang berada di meja check-in, juga tidak bisa menjawab pertanyaan dasar dari pelanggan, sehingga pihak manajemen terpaksa memecat mereka.

Selain itu, pihak manajemen hotel juga memberhentikan pelayan mekaniknya, setelah gagal mengakses sebagian besar kamar tamu. Para tamu melaporkan kepada pihak manajemen soal robot yang kebingungan mencari kamar tamu di lobi hotel.

{Baca juga: Takut Manusia Punah, Elon Musk Ingin Ciptakan Manusia Super}

Tidak jelas berapa banyak karyawan dengan otak AI yang akan diganti dengan karyawan manusia. Tapi pihak hotel mengatakan, mereka sekarang akan fokus memperbaiki layanan dengan tenaga manusia.

So, rasa khawatir apakah pekerjaan Anda akan diambil alih oleh robot sepertinya akan berkurang. Sebab, ‘kiamat’ yang disebabkan revolusi robot tampaknya telah ditunda. (BA/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here