Game Online Bikin Saham Tencent Melesat

Telset.id, Jakarta – Saham Tencent Holdings Ltd melonjak lebih dari tiga persen pada penutupan perdagangan akhir pekan lalu,  Jumat (25/1). Kabar baik itu terjadi setelah regulator China memberi persetujuan atas game mobile yang diluncurkan oleh Tencent.

Lampu hijau dari pemerintah kepada Tencent untuk menghadirkan game merupakan yang pertama kali sejak berlaku pembekuan persetujuan permainan baru yang diberlakukan pada bulan Maret tahun lalu.

Dilansir Reuters, regulator China pada Kamis (24/1) telah memberi persetujuan terhadap 95 gim. Dua di antaranya diajukan oleh Tencent. Sebelumnya, Tencent telah terhuyung-huyung akibat peningkatan pengawasan game online.

Hal itu terjadi di tengah seruan untuk mengatasi kecanduan anak di negara dengan pasar game terbesar dunia tersebut. Akibat pembatasan oleh China, Tencent telah kehilangan sekitar 20 persen dari nilai pasar.

{Baca juga: China Bakal Batasi Jumlah Game Online, Kenapa?}

Pengajuan izin Tencent pun sempat mengalami penolakan regulator sebanyak tiga kali sehingga memancing ketakutan dari para investor. Semua tak lepas dari dampak buruk game online kepada para pemuda China yang menarik perhatian Presiden Xi Jinping.

Pada tahun lalu, ia mendesak semua tingkat pemerintahan untuk mengimplementasikan skema yang efektif guna mencegah dan mengobati insiden miopia yang tinggi. Hal tersebut diduga oleh pihak berwenang China terkait dengan kecanduan game.

{Baca juga: 80 Game Baru “Selamat” dari Pemblokiran Game di China}

Tencent telah memberlakukan batasan waktu bermain sejak Juli 2018. Tencent membatasi jam bermain selama satu jam dalam sehari untuk anak-anak berusia 12 tahun ke bawah. Sementara batas waktu bagi yang berusia 13-18 tahun adalah dua jam. [BA/HBS]

Sumber: Reuters

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here