Lakukan 6 Hal Ini agar Smartphone Siap untuk Liburan

smartphone untuk liburan

Telset.id, Jakarta – Liburan selalu menjadi momen yang dinanti oleh kebanyakan orang. Alasannya sederhana, selain membuat badan dan pikiran menjadi fresh, liburan juga bisa membuat orang terbebas dari rutinitas dan ketegangan sehar-hari. Bahkan melupakan permasalahan yang mungkin sempat menghampiri. Tapi, tidak dengan smartphone.

Terlebih di tengah pandemi seperti saat ini, ketika smartphone kerap menjadi peneman bagi hampir semua orang di dunia yang harus menghabiskan lebih banyak waktunya dengan berdiam diri di rumah. Alhasil, smartphone dan liburan pun seperti menjadi hal yang tak terpisahkan.

Namun demikian, alih-alih memudahkan saat liburan, smartphone juga bukannya tidak mungkin mendatangkan kerumitan. Apalagi jika tidak diberdayakan dengan baik.

{Baca juga: Makin Jelas, Oppo Reno5 Dilengkapi Kamera Utama 64MP}

Perlu dicatat, bahwa smartphone bukan saja penghubung antara kita dengan orang tua di rumah, ini juga bisa menjadi mesin yang berguna untuk banyak hal. Mulai dari melepas bosan selama perjalanan panjang, hingga menjadi alat pembayaran.

Siapkan Smartphone untuk Liburan

Untuk itu, kita perlu mengoptimalkannya agar aktifitas liburan tidak berakhir dengan penyesalan. Nah, Telset.id merangkum 6 hal yang bisa dilakukan agar smartphone siap untuk diajak liburan. Bahkan di tengah pandemi sekalipun.

Hemat Kapasitas Baterai

Tidak ada yang lebih menyebalkan dari kehabisan baterai di tengah perjalanan. Apalagi jika di saat yang sama tak ada powerbank yang menemani.

Kabar baik karena tak sedikit smartphone di luar sana telah membekali diri dengan kapasitas baterai yang besar. Oppo Reno4 F, misalnya, dengan kapasitas baterai 4000 mAh, smartphone ini bisa bertahan lebih kurang 18 jam untuk pemakaian berat. Cukup, untuk menempuh perjalanan dengan mobil dari Jakarta sampai Semarang.

Menariknya lagi, menggunakan AI, Reno4 F juga dengan cerdas (AI Night Charging) mengoptimalkan pengisian baterainya di malam hari, sehingga baterai dapat mencapai 100% tepat di pagi hari saat kita bangun, dan siap berangkat.

Tak hanya itu, mengaktifkan Mode Hemat Daya Super juga memungkinkan kita melakukan banyak hal, bahkan meski saat itu baterai hanya tersisa 5%.

Pastikan Memori Aman

Salah satu hal penting lainnya yang harus dilakukan agar smartphone siap untuk diajak liburan adalah memastikan kecukupan memori. Apalagi bagi mereka yang hobi jepret sana jepret sini dan tak ingin membiarkan smartphone istirahat selama liburan.

Dengan paduan RAM 8GB, dan memori penyimpanan 128GB yang dapat diperluas hingga 512GB, Oppo Reno4 F menawarkan ruang yang sangat lapang. Tapi, ini mungkin akan tetap perlu disiasati. Untuk itu, jangan lupa hapus file-file yang tidak diperlukan atau pindahkan ke PC atau laptop sebelum berangkat.

Cara lainnya, simpan foto di dunia maya seperti media sosial atau cloud storage.

Instal Aplikasi Pendukung Liburan

Fungsi smartphone adalah memudahkan. Karena itu, persenjatailah dia dengan beragam aplikasi yang akan dibutuhkan selama perjalanan. Seperti aplikasi navigasi, rekomendasi tempat liburan, rekomendasi hotel dan transportasi dan sebagainya.

Dompet Digital

Melakukan kontak dengan uang adalah salah satu hal yang dihindari orang selama pandemi ini. Namun mengingat perannya yang sangat penting, adalah hal yang tidak mungkin untuk meninggalkan uang di rumah selama liburan.

Kita memerlukan metode pembayaran, yang dalam hal ini bisa dilakukan smartphone dengan sangat baik. Sebagai dompet digital, smartphone meningkatkan keamanan saat melakukan pembayaran. Bukan saja kita tidak perlu membagikan kartu atau info bank kepada vendor, kita juga bisa mencegah penyebaran virus corona yang bisa juga digulirkan melalui uang.

{Baca juga: Mengenal Fitur Payment Protection yang Ada di Oppo ColorOS 11}

Kabar baik bagi pengguna Oppo, karena ada fitur Payment Protection yang ditanamkan di smartphone dengan ColorOS 11. Fitur ini bertugas untuk memberi proteksi atau keamanan guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan saat melakukan pembayaran melalui smartphone.

Aktifkan Fitur Keamanan Pribadi

Bepergian bisa sangat menyenangkan, tetapi, seperti kebanyakan hal dalam hidup, hal ini juga memiliki beberapa risiko. Sebelum pergi, jangan lupa pastikan kita telah melindungi diri dan ponsel dengan baik. Bagaimana caranya?

Secara fisik, kita bisa melindungi smartphone dengan screen protector, sementara terkait data yang ada didalamnya, bisa kita lindungi dengan mengaktifkan password.

Tetap Terhibur

Menempuh perjalanan jauh dengan kaki yang menekuk selama berjam-jam boleh jadi merupakan penderitaan tersendiri bagi kita yang bepergian dengan kendaraan pribadi. Karenanya, siapkan smartphone sebagai media hiburan cadangan.

Sebelum berangkat untuk perjalanan liburan, unduh game dan beberapa komik bagus. Jangan menunggu untuk mengunduh apa pun dalam perjalanan, karena ini akan menghabiskan baterai pada Wi-Fi super lambat di rest area.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here