Hebat! Bocah 7 Tahun Jadi YouTuber Paling Tajir Sejagat

YouTuber dengan penghasilan tertinggi

Telset.id, Jakarta – Seorang bocah berusia tujuh tahun baru saja dinyatakan sebagai YouTuber dengan penghasilan tertinggi di YouTube selama tahun 2018. Ryan, demikian nama anak tersebut yang membawakan channel Ryan ToysReview, berhasil meraup USD 22 juta atau setara dengan Rp 314 miliar.

Menurut perkiraan yang dilakukan majalah Forbes, Ryan berhasil mengalahkan Jake Paul dengan selisih USD 500 ribu atau setara dengan Rp 7,1 miliar, selama 12 bulan hingga Juni 2018.

Di urutan ketiga, ada channel The Dude Perfect dengan penghasilan sebesar USD 20 juta atau setara dengan Rp 285 miliar.

Menurut Forbes, seperti dilansir Telset.id dari BBC, Selasa (04/12/2018), perkiraan penghasilan Ryan tersebut belum termasuk pajak atau biaya yang dibebankan oleh agen atau pengacara.

Meski demikian, penghasilannya telah berlipat ganda, dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Saat ditanya soal pencapaiannya itu, Ryan mengatakan bahwa dirinya menyuguhkan konten yang menghibur dan lucu.

“Karena saya menghibur dan saya lucu,” jawabnya.

Ryan ToysReview sendiri dibuat oleh orang tuanya pada Maret 2015. Secara keseluruhan, videonya telah dilihat sebanyak 26 miliar kali, dan memiliki lebih dari 17 juta subscriber.

Forbes mengatakan, USD 1 juta atau Rp 14,2 miliar dari total penghasilan Ryan dihasilkan oleh iklan yang ditampilkan pada video. Sementara sisanya, berasal dari postingan bersponsor.

Jumlah yang dihasilkan oleh postingan bersponsor lebih kecil dibandingkan dengan YouTubers top lainnya. Hal itu dikarenakan tidak semua produk sesuai dengan demografis pengikut channel YouTube Ryan.

Namun, setiap mainan yang ditampilkan di channel Ryan ToysReview, dapat terjual habis dengan segera. Pada bulan Agustus lalu misalnya, Walmart mulai menjual berbagai mainan dan pakaian eksklusif yang disebut Ryan’s World.

Peluncuran mainan dan pakaian eksklusif itu dibarengi dengan video yang menunjukkan Ryan dan orang tuanya sedang mencari mainan sendiri di toko Walmart. Video ini sendiri telah dilihat 14 juta kali dalam tiga bulan.

Pendapatan dari kesepakatan dengan Walmart diatur secara substansial untuk meningkatkan total pendapatan Ryan tahun depan. Karena ia masih anak-anak, 15% dari penghasilan Ryan dimasukkan ke dalam rekening bank yang hanya dapat ia akses ketika ia beranjak dewasa.

Saudara kembar Ryan juga ikut membuat channel YouTube sendiri bernama Ryan’s Family Review. Video berjudul “Top 10 Science Experiments you can do at home for kids” yang dibintangi tiga anak ini telah dilihat 26 juta kali.

Sementara itu, Danieleton, gamers Minecraft yang sempat menduduki puncak daftar 2017 dengan penghasilan USD 16,5 juta, telah merosot ke posisi keempat. Sementara Jake Paul naik enam tempat ke posisi kedua, sedangkan saudaranya, Logan Paul melorot ke posisi 10 dengan penghasilan USD 14,5 juta atau Rp 206 miliar. (BA/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here