Gawat, Robot Babysitter Bisa Kirim Lokasi ke Predator Anak

Telset.id,Jakarta – Para ahli mengaku cukup prihatin dengan keamanan dan privasi anak, terutama dengan banyaknya robot murah. Orangtua dapat menampilkan data visual dan lokasi anak mereka secara online tanpa disadari, sehingga dapat diretas dan diakses orang asing.

Profesor Seni Media Interaktif dan Bisnis, NYU Shanghai, Christian Grewell, khawatir dengan pasar low-end, yang menjadi sasaran para produsen.

“Yang paling saya khawatirkan adalah pasar low-end, dimana para produsen lebih fokus pada uang cepat dan bukan pada keamanan perangkat,” katanya seperti dilansir Daily Star Online.

Baca juga: Alibaba akan Bikin Robot AI Pelayan Hotel

Ia menuturkan, investasi produsen mungkin sebaiknya digunakan untuk tablet yang dapat melakukan fungsi yang sama. Fenomena ini datang di tengah terobosan teknologi perawatan anak.

Seven Kong (3 tahun) adalah satu di antara jutaan anak di China yang berteman dengan robot. Satu di antaranya robot android berwarna hijau limau bernama Pudding BeanQ. Robot ini merupakan robot merek teratas di antara 30 juta robot yang dirancang untuk anak-anak yang dijual di China tahun ini.

Seven dapat menanyakan apa saja kepada Pudding Beanq. Diantaranya ada apa dengan BeanQ? Apakah kamu sudah makan? atau meminta BeanQ untuk memutar film kartun.

Baca juga: Di Masa Depan, Anak Lebih Patuh pada Robot

“Ketika kami benar-benar sibuk, BeanQ dapat berada di sana untuk membuatnya terhibur,” kata ibu kandung Seven, Liu Qian (33) kepada CNN.

Robot pintar ini juga mengajarkan bahasa Inggris dan Cina. Versi standar harganya 1899 Yuan, atau setara dengan £ 212.

Mainan pemenang penghargaan ini juga memiliki mode pengasuhan jarak jauh, yang dapat mengambil foto anak-anak dan mengunggahnya secara online agar orang tua dapat melihatnya. Para ahli mengatakan, para predator anak dapat mengetahui lokasi anak melalui robot babysitter ini. [BA/IF]

Sumber : Daily Star

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here