11 Tahun Beroperasi, Robot Atlas Boston Dynamics Akhirnya Pensiun

Telset.id, Jakarta – Setelah selama 11 tahun beroperasi, Atlas yang merupakan robot humanoid buatan Boston Dynamics akhirnya dinonaktifkan oleh perusahaan.

Seperti yang diketahui, robot ini pertama kali dipamerkan pada 11 tahun silam dengan didanai juga oleh DARPA. Robot ini pun dirancang untuk melakukan misi penyelamatan di tempat yang sulit dijangkau oleh manusia

Selain itu, 4 tahun lalu robot Atlas juga cukup terkenal berkat sebuah video yang memamerkan keahliannya dalam melakukan gerakan tarian yang mulus dan mengesankan.

BACA JUGA:

Kini dalam pengumuman terbarunya melalui video yang diunggah di akun resmi Boston Dynamic, robot Atlas akhirnya dihentikan oleh perusahaan. Ini juga sesuai dengan judul video yang bertuliskan Perpisahan untuk Atlas HD.

“Selama hampir satu dekade, Atlas telah memicu imajinasi kita, menginspirasi generasi robotika berikutnya, dan melampaui hambatan teknis di bidangnya. Sekarang saatnya robot hidrolik Atlas kita beristirahat dan bersantai,” tulis Boston Dynamics di deskripsi video YouTube.

Dalam video perpisahan tersebut, perusahaan tidak hanya menunjukan beberapa hal keren yang bisa dilakukan oleh robot Atlas. Karena ini juga menampilkan robot melemparkan peralatan, melompat, terpleset, tersandung, dan bahkan jatuh. Anehnya, adegan tersebut menunjukan bahwa robot ini tampak seperti manusia.

BACA JUGA:

Meski begitu, Boston Dynamic masih memiliki robot yang lebih sukes secara komersial, yakni Spot. Dan kemungkinan perusahaan masih akan mengembangkan robot humanoid lainnya, seperti yang diisyaratkan dalam pengemumumannya.

“Sampai berjumpa lagi Atlas,” tulis Boston Dynamics di akhir video perpisahan dengan robot yang telah dibuatnya 11 tahun lalu.

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI