Di Masa Depan, Anak Lebih Patuh pada Robot

Telset.id, Jakarta – Di masa depan, anak-anak akan memiliki mainan robot lucu yang memiliki kecerdasan buatan. Tapi parahnya, anak-anak nantinya akan lebih memperhatikan saran robot mereka ketimbang nasehat orangtuanya.

Narasi di atas merupakan peringatan dari futurolog bernama Ian Pearson, saat berbicara di sebuah acara yang digelar perusahaan teknologi Beko pada konferensi IFA 2018 di Berlin.

Pearson mengatakan, robot nanti akan menjadi hal yang biasa, dan akan ada di setiap rumah dalam 15 tahun ke depan.

Disebutnya, orangtua khawatir mendengar bahwa robot dengan kecerdasan buatan akan memiliki pengaruh yang lebih besar kepada anak-anak, mendidik dan melatih lebih baik daripada orangtua mereka sendiri.

Baca juga: Sony Ciptakan Robot Anjing “Aibo” dengan Teknologi AI

Pearson memiliki sejarah prediksi akurat. Dia pernah meramalkan secara akurat kedatangan pesan teks dan layanan langganan musik pada masa ketika dunia digital masih kelam, sekitar awal 1990-an.

Dia mengatakan, dalam kurun waktu 10 hingga 15 tahun ke depan, Anda akan melihat semacam boneka Beruang Teddy (Teddy Bear) yang lucu seperti di film AI Steven Spielberg. Anak-anak akan memiliki robot boneka beruang teddy yang membentuk ikatan emosional yang kuat.

Baca juga: Ilmuwan Australia Bikin Robot yang Jago Nulis Puisi

“Mereka mungkin tidak mendengarkan orangtua, tetapi mereka mungkin (lebih) mendengarkan boneka beruang AI yang lucu,” jelasnya.

Pearson menambahkan, kebutuhan robot untuk di rumah akan sama seperti kebutuhan mobil keluarga. Dia juga meramalkan bahwa headset-headset augmented reality akan menjadi hal yang biasa dalam beberapa dekade mendatang.

Seperti diketahui, AR merupakan teknologi meliputi objek virtual di dunia nyata, yang merupakan salah satu inovasi favorit bos Apple Tim Cook saat ini. Cook bahkan sudah mengklaim AR dan AI akan lebih hebat di masa depan.

Baca juga: Robot Ini Setiap Hari ‘Wara-wiri’ Kirim Paket Belanjaan

Hal ini mendorong bos perusahaan teknologi Beko, mengatakan bahwa dia mengkhawatirkan anak-anak yang kini hidup di dunia yang berbeda secara permanen. [BA/HBS]

Sumber :

metro.co.uk

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI