Sempat Gangguan, YouTube Minta Maaf ke Pengguna

YouTube Gangguan
YouTube meminta maaf atas gangguan yang terjadi kepada pengguna (Sumber : Kompas.com)

Telset.id, Jakarta – YouTube minta maaf atas gangguan yang sempat terjadi pagi hari ini (12/11/2020). Saat ini, layanan YouTube kembali normal dan pengguna sudah dapat menonton video favorit mereka seperti biasa.

Pada pukul 07.23 WIB, YouTube telah mengonfirmasi perihal gangguan layanannya melalui akun Twitter @TeamYouTube. 

Lewat medsos, aplikasi streaming video besutan Google ini mengatakan sedang melakukan perbaikan dan akan menyelesaikannya dengan cepat.

“Jika saat ini Anda mengalami masalah saat menonton video di YouTube, Anda tidak sendirian – tim kami telah mengetahui masalah tersebut dan berupaya memperbaikinya. Kami akan menindaklanjuti di sini dengan pembaruan apa pun,” cuit YouTube.

Penjelasan YouTube direspon para pengguna. Cukup banyak warganet yang mengira kalau gangguan di YouTube hanya terjadi kepada dirinya saja.

{Baca juga: YouTube Gangguan, Pengguna Curhat di Medsos Hingga Trending}

“Terima kasih telah memperbaiki ini! Saya pikir saya sendirian mengalami masalah ini,” kata @intassaf.

Pengguna lainnya malah menuntut ganti rugi kepada YouTube. Akun @DalekBricks ingin YouTube memberikan akses gratis satu bulan YouTube Premium.

“Pelanggan premium pasti berhak mendapatkan satu bulan gratis untuk ini, hanya mengatakan,” sarannya. 

Sedangkan akun @TheTrueMoriah mengajak warganet lainnya untuk bersabar karena YouTube sedang mengatasi masalah ini. 

“Beri mereka waktu sebentar. Mereka mungkin lelah setelah seharian melakukan demonetisasi terhadap orang-orang yang tidak pantas mendapatkannya,” cuit @TheTrueMoriah. 

Beberapa jam kemudian, @TeamYouTube memberikan informasi terbaru. YouTube mengkonfirmasi kalau aplikasi telah kembali normal dan meminta maaf atas gangguan yang terjadi ke seluruh pengguna.

{Baca juga: iPhone 12 Sudah Dukung Video YouTube HDR}

“Dan kami kembali – kami mohon maaf atas gangguannya. Ini diperbaiki di semua perangkat & layanan YouTube, terima kasih telah bersabar dengan kami,” cuit @TeamYouTube.

Tim Telset kemudian pada pukul 13.23 WIB mencoba untuk mengakses YouTube dan memang aplikasi sudah berfungsi dengan normal.

YouTube Alami Ganggua

Sebelumnya, YouTube mengalami down, sehingga warganet yang tidak bisa mengaksesnya mengeluh di Twitter dengan tagar #YouTubeDOWN.

Dilansir dari situs Down Detector pada Kamis (12/11/2020), banyak laporan dari warganet kalau YouTube mengalami gangguan sekitar pukul 07.03 WIB dengan jumlah laporan mencapai 559 laporan.

Beberapa menit kemudian jumlah laporan meningkat dari warganet hingga ribuan laporan. Laporan banyak dikirim pada pukul 07.33 WIB dengan 2800 laporan dan pukul 08.18 dengan 2649 laporan.

Berdasarkan jenis laporan, sekitar 96% menyatakan kalau gangguan terjadi fitur streaming video. Selanjutnya ada 2% melaporkan kalau gangguan terjadi pada situs dan aplikasi YouTube dan sisanya gangguan saat login akun YouTube.

Gangguan ini tidak hanya terjadi di Indonesia. Masih melalui situs Down Detector, terlihat kalau gangguan juga terjadi di Amerika Serikat, Prancis, Peru, Chile, Brasil, Malaysia, Indonesia, Australia dan sebagainya.

YouTube Down
Laporan pengguna YouTube ke situs Down Detector (Naufal/Telset.id)

Pada situs Down Detector juga melaporkan kalau masalah dan pemadaman pada YouTube ini bukan kali pertama terjadi. Terhitung kasus yang terjadi pada tanggal 12 November 2020 ini adalah kali ketujuh YouTube mengalami pemadaman.

YouTube down pertama kali pada 28 Maret 2020 sekitar pukul 05.10 WIB. Sebulan berselang, atau sekitar 23 April 2020 pada jam 17.58 WIB YouTube bermasalah kembali.

{Baca juga: 13 Youtuber Gaming ‘Ngetop’ di Indonesia, Paling Seru dan Kocak}

Lalu tanggal 8 dan 15 Mei 2020, tanggal 16 Juli dan 25 September 2020 dan terakhir, pada 7 Oktober 2020 juga aplikasi sulit dijangkau oleh pengguna. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here