YouTube Gangguan, Pengguna Curhat di Medsos Hingga Trending

YouTube Gangguan
YouTube mengalami gangguan atau down pada Kamis 12 November 2020 (Sumber: TechCrunch)

Telset.id, Jakarta – YouTube tiba-tiba tidak bisa memutar video seperti biasanya. Disinyalir, layanan YouTube mengalami gangguan atau down pada pagi hari ini (12/11/2020).

Para pengguna YouTube pun lagi-lagi curhat di medsos sampai tagar #YouTubeDOWN jadi trending topic di Twitter.

Dari pantauan tim Telset via situs Down Detector pada Kamis (12/11/2020), banyak laporan dari pengguna kalau layanan YouTube mengalami gangguan sekitar pukul 07.03 WIB dengan 559 laporan. 

Selan beberapa menit kemudian, jumlah laporan meningkat dari warganet. Laporan banyak dikirim pada pukul 07.33 WIB sebanyak 2.800 laporan dan pukul 08.18 dengan 2.649 laporan.

96% laporan menyatakan kalau gangguan terjadi pada fitur streaming video. Sisanya, penggunamengeluh tidak bisa login sampai mengakses aplikasi maupun situs YouTube.

Dari ribuan laporan yang masuk, layanan YouTube yang down dirasakan oleh para pengguna di kawasan Amerika Serikat, Prancis, Peru, Chile, Brasil, Malaysia, Indonesia, Australia, dan sebagainya. 

YouTube Gangguan
Laporan pengguna YouTube ke situs Down Detector (Naufal/Telset.id)

Bukan Kali Pertama YouTube Gangguan

Situs Down Detector mencatat kalau gangguan pada layanan YouTube bukan terjadi pertama kali di tahun ini. Terhitung kasus yang terjadi sekarang adalah kejadian ketujuh yang dialami YouTube. 

{Baca juga: iPhone 12 Sudah Dukung Video YouTube HDR}

YouTube down pertama kali pada 28 Maret 2020 sekitar pukul 05.10 WIB. Sebulan berselang, atau sekitar 23 April 2020 pada jam 17.58 WIB YouTube bermasalah kembali.

Tepat pada 8 dan 15 Mei 2020, layanan aplikasi streaming video milik Google ini mengalami gangguan.

Lalu, pada 16 Juli dan disusul pada 25 September 2020, YouTube lagi-lagi down dan sulit untuk diakses para penggunanya. Terakhir, pada 7 Oktober 2020 juga aplikasi sulit dijangkau oleh pengguna.

Warganet Gaungkan #YouTubeDown 

Keluhan warganet mengenai gangguan pada YouTube ditumpahkan di media sosial Twitter. Berdasarkan pantauan Telset dari Trends24, tagar #YouTubeDOWN menggema di Twitter dengan 79 ribu tweet dari warganet. 

Keluhan warganet bermacam-macam, misalnya tidak bisa streaming video seperti biasanya. 

YouTube Down
YouTube Down menjadi Trending Topic di Twitter (Naufal/Telset.id)

“Akunya lagi down jadi bangun pagi” langsung buka utube nyari hiburan, streaming dll,, eehh nda taunya si utube juga senasib #YouTubeDOWN,” cuit @aryani_tinungki. 

Gara-gara masalah ini, kegiatan belajar online juga menjadi tidak maksimal. Akun @senyumnabila48 merasakan dampaknya.  

{Baca juga: 13 Youtuber Gaming ‘Ngetop’ di Indonesia, Paling Seru dan Kocak}

“Padal mau ngerjain tugass. 1 jam lalu Masi aman” aja w buka eh Barusa buka lagi down  bisa bisa nyaa… #YouTubeDOWN,” keluhnya. 

Akun @reeviryaa malah tidak mengira kalau terjadi gangguan. Ia awalnya menyangka kalau kuota internet miliknya habis sehingga tidak bisa memutar video favoritnya.

“Gua kira kuota gua bermasalah eh ternyata emang lagi sakit, cepet pulih ya aku gk bisa stream kalo kamu sakit #YouTubeDOWN,” ujar @reeviryaa. 

Sama halnya dengan akun @_itsfenca yang mengira kalau paket internetnya habis sehingga tidak bisa streaming video.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga HP Terbaru 2020}

“Ku kira paket internetku yg abis. Ehh taunya #YouTubeDOWN,” cuitnya. 

Walaupun banyak yang mengeluh, ada juga warganet yang tetap berpikiran positif mengenai kejadian menghebohkan hari ini. Warganet dengan akun @icha_cher meminta pengguna lain untuk tetap semangat menjalani mengerjakan tugas dan kegiatan hari ini. 

“biar #YoutubeDown pagi ini semangatmu jangan sampai down,” ucap @icha_cher. 

(NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here