Bikin Ngakak, Begini Google Translate Terjemahkan Kaum Bumi Datar

Telset.id, Jakarta – Selalu ada yang menarik menyinggung soal kaum Bumi datar. Terbaru, ada orang iseng menerjemahkan istilah kaum Bumi datar ke dalam beberapa bahasa. Hasilnya, dijamin membuat Anda ngakak.

Usut punya usut, terjemahan tersebut kali pertama ditemukan di sebuah thread di forum Reddit. So, alangkah eloknya jika para penganut kaum Bumi datar tidak langsung protes. Sebab, faktanya kombinasi terjemahan di Google Translate itu bukan hasil manipulasi.

Menurut laporan CNET, ketika seseorang menulis kalimat “I am a flat-Earther” di Google Translate untuk diterjemahkan ke bahasa Prancis, hasilnya adalah “Je suis un fou”. Nah, kalau kalimat “Je suis un fou” diterjemahkan ke bahasa Inggris, artinya adalah “Saya orang gila”.

Temuan tersebut sontak membuat warganet curiga. Mereka menuduh Google telah melakukan muslihat sehingga menggiring opini soal kaum Bumi datar. Lini masa di Twitter bahkan heboh memperbincangkannya. Pro dan kontra mengemuka.

Mengetahui polemik yang terjadi, Google langsung angkat suara. Melalui sebuah pernyataan, mesin pencari ini mengatakan bahwa hal itu terjadi karena ada kesalahan sistem. Google mengaku langsung memperbaikinya sehingga kejadian serupa tak lagi terulang.

“Proses terjemahan bekerja dari jutaan pola serta bahasa negara di seluruh dunia. Sayangnya, beberapa pola bisa salah. Kami sudah memperbaikinya. Kami menjamin kesalahan tersebut tak lagi bakal terjadi pada masamendatang,” kata pihak Google.

Teori Bumi datar memang kerap menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat, termasuk Indonesia. Menurut astrofisikawan Neil deGrasse Tyson, meningkatnya penganut Bumi Datar disebabkan oleh sistem pendidikan yang salah.

Meski sudah banyak penelitian yang mengungkap bahwa bentuk Bumi ini bundar, para penganut teori Bumi datar masih keukeuh dengan keyakinan. Belum lama ini SpaceX menyodorkan bukti baru tentang bentuk bumi yang memang bundar lewat hasil rekaman yang diambil Starman.

Pada 6 Februari 2018 lalu, SpaceX melontarkan sebuah mobil Tesla Roadster ke planet Mars. Di dalam mobil tersebut, ada “pengendara” berupa mannequin dengan pakaian luar angkasa bernama Starman. Sepulang berpetualang, Starman menunjukkan bukti gambar bahwa bumi itu bulat.

Dilansir dari Dailymail, Starman dan kamera yang terpasang di Tesla merekam apa saja yang ada di luar Bumi. Hasil rekaman terpantau oleh SpaceX. Satu hal yang menarik, Bumi ternyata memang berbentuk bulat, bukan kotak, apalagi datar yang diyakini sebagian orang selama ini. [SN/IF]

Source Link

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here