Wide Angle Bikin Foto Selfie Makin Ok

Lumia-540-ds-apps-jpgBerkembangnya teknologi kamera smartphone, telah menghadirkan sebuah trend baru dikalangan pengguna smartphone, yakni foto ‘Selfie’ atau memotret diri sendiri. Aktifitas ini semakin marak dilakukan, seiring teknologi kamera smartphone yang semakin canggih.

Saat ini foto selfie semakin populer karena hasil jepretannya bisa langsung diunggah di akun jejaring sosial seperti Twitter, Facebook, Path, dan juga Instagram. Semakin bagus foto selfie yang ditampilkan, maka Anda akan banyak mendapatkan pujian dari teman-teman Anda.

Melakukan selfie sepertinya terlihat mudah. Tapi untuk bisa menghasilkan foto selfie yang menarik, Anda sebaiknya jangan hanya sekadar mengarahkan kamera pada wajah dan mengambil foto tanpa perencanaan.

Ada seni dalam membuat foto selfie agar terlihat menarik. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat melakukan aktifitas selfie:

Percaya Diri

Dalam membuat foto selfie, Anda harus percaya diri, tapi tetap dengan pose yang alami. Pikirkan hal-hal yang membuat Anda senang jika ingin memberi kesan happy, sebaliknya pikirkan hal-hal yang bikin suasana sedih jika ingin memberikan kesan melankolis.

Hindari Pose Berlebihan

Hindari pose yang terlalu berlebihan, seperti bibir dimanyun-manyunin, atau mata dibelok-belokin (dibesar-besarkan). Pose yang terlalu “lebay” justru akan membuat foto selfie Anda terlihat kurang menarik dan terlalu pasaran.

Background

Yang tak kalah penting harus diperhatikan saat selfie adalah soal background. Perhatikan lingkungan di sekitar Anda. Biasanya muncul “wajah-wajah yang tak diinginkan” atau “benda-benda aneh” di foto jika Anda membuat foto diruang publik. Hal-hal tersebut dapat membuat selfie menjadi kurang menarik. Carilah background yang menarik terlebih dahulu sebelum berpose.

Pencahayaan

Selanjutnya soal pencahayaan. Pencahayaan yang bagus merupakan suatu keharusan agar mendapatkan foto selfie yang sempurna. Jadi, pastikan Anda mengambil tempat yang cukup terang sebelum mengambil gambar. Karena Anda tidak bisa memamerkan make-up, rambut, dan penampilan yang baik dengan pencahayaan kurang karena tidak akan terlihat bagus.

Perhatikan Komposisi

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah soal komposisi. Biasanya lensa kamera ponsel sebagian besar termasuk lensa lebar (wide angle) yang dapat membuat foto menjadi distorsi. Oleh sebab itu, letakkan kamera agak jauh dan gunakan zoom jika memungkinkan supaya proporsi wajah tidak cembung.

[td_smart_list_end]

Lumia-540-ds-hero1-jpgNah, Bicara soal wide angle, ada baiknya Anda tidak “gagal paham” soal istilah ini. Secara ringkas, lensa wide-angle menjadi sangat penting untuk foto selfie karena Anda dapat menangkap obyek lebih banyak atau lebih lebar ke dalam satu bingkai foto.

Biasanya ponsel kategori mid-range tidak menyematkan fitur wide angle pada kamera depannya. Alhasil, akan memiliki masalah terhadap lapang pandang yang sempit untuk melakukan foto selfie. Akibatnya, yang ter-capture hanya bagian wajah saja tanpa bisa menampilkan background secara menyeluruh.

Kelemahan inilah yang coba diatasi oleh Microsoft lewat ponsel Lumia 540 Dual SIM. Sesuai dengan tagline yang diusungnya, “See even more in your selfies!”, Lumia 540 Dual SIM memang disiapkan untuk aktifitas selfie. Pasalnya, kamera depan Lumia 540 yang beresolusi 5 MP sudah dilengkapi fitur Wide-Angle selebar 24mm.

Dengan fitur tersebut, Anda bisa mengabadikan momen selfie lebih keren dengan tangkapan gambar yang lebih luas. Tak hanya wajah saja yang dominan, tetapi background di belakang Anda juga akan terlihat dominan jika menggunakan Lumia 540 Dual SIM.

Masalah lain yang sering dijumpai ketika menggunakan kamera depan pada ponsel kelas mid-range adalah, sulitnya menangkap gambar jernih dalam kondisi kurang cahaya (low-light). Maka yang biasa terjadi adalah foto akan buram dan banyak noise.

Lumia 540 Dual SIM memiliki kamera depan dengan bukaan lebar sebesar f/2.4, yang artinya kamera bakal menangkap lebih banyak cahaya dan otomatis hasil jepretan kamera akan lebih cerah. Jadi Anda tak perlu khawatir lagi jika melakukan selfie di lokasi minim cahaya, karena Lumia 540 sudah bisa mengatasinya.

Kamera utama tak kalah serunya. Lumia 540 Dual SIM dibekali kamera utama dengan resolusi 8 MP dengan fitur-fitur antara lain, perbesaran digital kamera 2x, flash LED, ukuran sensor 1/4 inci, jarak fokus kamera 28 mm, dan aperture f/2,2.

Sementara fitur pengaturan kamera meliputi White Balance (manual dan otomatis), upload foto otomatis ke OneDrive, sensor gambar bercahaya di sisi belakang, dan jarak fokus minimal kamera 10 cm.

Selain itu, untuk menambah fitur kamera lainnya yang belum tersedia, Anda bisa menambahkannya dengan men-download via Windows Phone Store. Beberapa aplikasi yang ditawarkan seperti Lumia Panorama, DSLR, Lumia Refocus, Lumia Cinemagraph, Photosynth, Blink, dan lainnya yang bisa diinstal langsung ke Lumia 540 Dual SIM.

Lumia 540 sendiri mengusung spesifikasi layar berukuran 5 inci 720p, prosesor Qualcomm Snapdragon 200 dengan 1.2GHz quad-cpre Cortex-A7 CPU, dan 1GB RAM. Harga yang ditawarkan relatif ramah kantong, karena hanya dibanderol seharga Rp 1,999 juta. [HBS]

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI