Pengguna Windows 11 Siap-siap Kedatangan Iklan di Menu Start

Telset.id, Jakarta – Pengguna Windows 11 sepertinya harus bersiap dengan kemunculan Iklan di sistem operasi ini. Ini bisa ditemukan tepatnya di menu Start Windows 11.

Bukan rahasia lagi bagi sebagian orang bahwa iklan dalam sebuah produk seperti gadget adalah hal yang mengganggu. Ini adakalanya menjadi salah satu kelemahan dari produk tersebut.

Sekarang, telah terungkap bahwa versi ritel dari Windows 11 yang dijual juga akan menampilkan iklan.

BACA JUGA:

Ini terungkap melalui pembaruan Windows 11 dengan kode KB5036980 yang diluncurkan minggu ini, dimana menyertakan iklan untuk aplikasi di bagian rekomendasi di Start Menu yang sering digunakan.

“Bagian Rekomendasi pada menu Start akan menampilkan beberapa aplikasi Microsoft Store. Aplikasi ini berasal dari sekelompok kecil pengembang yang dikurasi,” menurut pengumuman di blog resminya.

Saran aplikasi ini memang bisa diaktifkan secara langsung, tetapi untungnya pengguna dapat mengembalikan pengalaman Windows asli tanpa iklan, setelah menginstal pembaruan. 

Untuk melakukannya, masuk ke Pengaturan dan pilih Personalisasi > Mulai dan alihkan tombol Tampilkan rekomendasi untuk tips, promosi aplikasi, dan lainnya, lalu klik nonaktif.

Fitur iklan baru ini hadir hanya beberapa minggu setelah muncul sebagai Insider versi beta. Ini juga menunjukkan seberapa cepat Microsoft dapat mengimplementasikan berbagai hal kapan pun.

Tentu saja ini bukan waktu yang cukup untuk menerima umpan balik pengguna seperti yang dirancang untuk program Insider.

BACA JUGA:

Pembaruan ini mungkin akan menimbulkan salah paham jika pengguna Windows 11 tidak mengetahui bahwa saran aplikasi yang menyerupai iklan ini bisa dinonaktifkan. Jadi, bagi Anda yang merasa tidak nyaman dengan iklan ini sebaiknya nonaktifkan saja. [FY/IF]

2 KOMENTAR

  1. I use window 11 since 2 months ago but still I did not see any ad in my window 11 but i use GB WhatsApp in this window through bluestack emulator and in this whatsapp i see ads but if i use this app in mobile no ads appear. I think this ads only for windows.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI