Tol Langit Diresmikan, Jokowi: Jangan untuk Sebar Berita Hoaks

Presiden Jokowi Teknologi AI

Telset.id, Jakarta Proyek Palapa Ring atau Tol Langit telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Seluruh masyarakat Indonesia pun diminta untuk bijak dalam memanfaatkan jaringan internet dari proyek ini, salah satunya dengan tidak menyebarkan konten negatif seperti berita hoaks.

Presiden Jokowi mengatakan, tujuan utama dari proyek Palapa Ring adalah untuk meningkatkan konektivitas seluruh masyarakat Indonesia.

{Baca juga: Jokowi Resmikan Palapa Ring, Hubungkan 514 Kabupaten dan Kota}

“Koneksivitas tidak boleh disalahgunakan untuk ujaran kebencian, untuk hoaks, untuk fake news tidak. Ini yang harus dicegah. Ini harus dihentikan. Termasuk mencegah kejahatan siber yang semakin berkembang diantara kita,” katanya di Istana Negara pada Senin (14/10/2019).

Proyek Palapa Ring dinilai dapat memberikan dampak positif bagi sektor ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan masyarakat Indonesia. Misalnya, pelaku UMKM dapat menjual produknya di internet sehingga dapat meraih konsumen di tingkat global.

{Baca juga: Besok Jokowi Resmikan “Tol Langit”, Menkominfo: Saya Gak Tahu}

“Ini kesejahteraan kita untuk memperkuat untuk memperbaiki pendidikan dan ilmu pengetahuan. Kemudian di pelosok nusantara, maka produk-produk UMKM daerah bisa dikoneksikan pasarnya ke global, saya kira keinginan kita itu,” tambah Jokowi.

Sedangkan dari sisi birokrasi, Jokowi berharap agar pemerintah daerah bisa memanfaatkan Tol Langit untuk meningkatkan layanan dan kecepatan birokrasi mereka.

“Pemerintah agar memanfaatkan ini untuk mempercepat birokrasi, efisien dalam layani dan meningkatkan kebijakan publik dan akurasi,” tutur Jokowi. (NM/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here